Featured Post

Cara Mengatasi Cartridge tidak Terdeteksi Not Recognized Pada Printer Canon

 Salam Sejahtera untuk para pembaca setia blog ini, Seperti Biasanya Kali ini kita Coba Berusaha untuk mengatasi salah satu masalah error ya...

Home » » Cara Mengatasi Tinta Tidak Keluar Pada Printer Epson L 210

Cara Mengatasi Tinta Tidak Keluar Pada Printer Epson L 210

Posted by Pusat Tutorial on Jumat

Salam Epsoner, baiklah kali ini fokus ke permasalahan Epson lagi, sesuai dengan judul yang anda lihat di atas, kita coba bahas mengenai bagaimana caranya mengatasi printer epson yang tintanya sama sekali tidak bisa keluar, apakah itu tinta Hitamnya atau tinta warnanya, Pembahasan ini Khusus untuk Printer Yang Beseri L210. jadi menggunakan printer epson memang seperti itu,kadang kita dihadapkan dengan beberapa masalah yang sedikit kompleks.

Perlu diketahui sebelumya bahwa Printer epson memiliki ink Tanks System yang berbeda dengan Printer Canon, Olehnya itu jika anda menemukan kendala seperti ini, besar kemungkinan yang menjadi inti permasalahan ada pada Headnya, Umumnya sih Head  Mampet, dan penyebab head jadi mampet bisa jadi beragam, Contohnya saja adalah Printer jarang digunakan ,sehingga tinta yang ada pada Mulut Head Menjadi kering, dan menyumbat seluruh permukaan Lubang-Lubang Nozzle.

Penyebab Lain adalah tidak ada tinta di dalam Cartridge, biasanya hal ini terjadi karena kita telat mengisi ulang tinta pada tabung tinta printer, yaaa, namanya manusia pasti ada yang namanya Khilaff, lupa. Nah sehingga saat proses pencetekan terjadi, secara keseluruhan tinta yang terpakai 100% tinta di cartridge saja. tidak ada suplai dari tabung, dan lebih seram lagi jika kita memakai printer dalam kondisi seperti ini dalam waktu yang lama, akan menyebabkan head jadi panas, over Head, dan berakhir dengan kerusakan.

Jadi seperti itu, Nah pertanyaannya adalah  bagaimana mengatasi Head Mampet pada Epson L210?
jad intinya kita Kita isi ulang dulu Cartridge kemudian kita Cuci Headnya, langkahnya seperti di bawah ini.

Jadi langkah awal adalah persiapkan terlebih dahulu beberpa perlengkapan yang dibutuhkan antara lain Obeng, Tinta Suntik Bekas,

Ohya Jangan Lupa Baca, Mungkin Bermanfaat



Nah, Angkat Printer Cover Kemudian Matikan Printer



Geser Rumah Head, ke kiri, dengan cara menekan Penguncinya, perhatikan lokasi Pengunci rumah Head Dibawah



Selanjutnya, Buka Cover Cartridge dengan menggunakan Obeng yang telah kita persiapkan sebelumnya










Lepas Cartridge dar Rumah Cartridge printer, Cungkil satu demi satu cartridge

Baca Juga


NAh, setelah Cartridge terlepas selnjutnya kita siap untuk melakukan Relload atau pengisian ulang pada Cartridge yang kosong tadi, perhatikan gambar dibawah,



Buka saluran tinta, jangan sampai terkunci



Masukkan Mulut suntik ke mulut Cartridge, Tunggingkan Cartridge lalu sedot dengan perlahan hingga cartridge terisi penuh.







Nah Sampai saat ini, kita telah berhasil mengisi penuh Cartridge, untuk tahap selanjutnya adalah kita masuk ke proses Pembersihan Head, jadi bahan Pokok yang perlu anda persiapkan adalah Head Cleaner, Kalo belum punya ada cara lain yakni mengunakan Head Cleaner racikan sendiri, cara membuatnya bisa anda lihat disini Cara Membuat Head Cleaner Super Ampuh

Ambil Head Cleaner kemudian sedot menggunakan Suntikan bekas



Masukkan Head Cleaner tadi ke Head Printer yang dianggap Mampet tadi, Perhatikan Gambar di bawah



Setelah Head kita Cuci, jangan lupa juga untuk membesihkan Busa Head, Tempatnya itu ada pada bagian bawah head, jadi geser head kemudian berikan cairan Head Cleaner tadi.




Nah, sekarang anda telah sukses melakukan langkah pembersihan head, sekarang  anda tinggal Pasang kembali Cartridge Cover seperti Semula.

Coba anda nyalakan Printer anda, kemudian lakukan head Cleaning serta NOzzle check, Cukup sekian Semoga Sukses, jika ada yang kurang Jelas bisa anda tanyakan Melalui Kotak Komentar Di bawah.

Ohya Jangan Lupa Baca, Mungkin Bermanfaat

Related Posts

82 komentar:

  1. Saya mau tanya kan saya pun sama tinta tak bisa keluar tuh tapi keadaan tintanya masih penuh kira kira kenapa yaa??

    BalasHapus
  2. Saya mau tanya kenapa ya printer epson L210 saya tintanya gak mau keluar padahal tintanya masih penuh? Saya sudah usaha cleaning beberapa kali tapi kok ttp gak bisaya? Padahal sebelumnya bisa berjalan seperti biasa, gimana ya solusinya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. memang gak bisa di Cleaning mbak, jika tinta di cartridge terlanjur kosong,, coba aja cara yang telah dijelaskan di atas..

      Hapus
    2. Saya sudah coba tapi tetap saja tidak keluar hasil. Padahal printhead saya baru ganti dan saya pasang di printer l310 bisa, tapi kalo di l210 selalu tidak keluar hasil.

      Hapus
  3. Anonim11:59

    halo kak, blh tau lokasi kk dmana? Mau minta tlg dbetulin printernya :D hehe

    BalasHapus
  4. terkadang jika ngeprin photo ada bekas tinta di kertas paling bawah, bagaimana tuh solusinya,

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya juga pernah nemuin hal seperti itu mas, dan alhamdulillah sukses cara ane cuman cukup membersihkan bagian roda-rodanya (yang kecil itu lho yang berwarna item, yang menjepit kertas saat mencetak), Kalau gak salah namanya roller.

      Berdasarkan pengalaman pribadi, biasanya sih kena cipratan tinta, akhirnya kotor, jadi saran ane, cukup bersihkan saja dengan menggunakan tissue,.. Kalau anda menggunakan canon , agan bisa masuk ke Menu setting ,Maintenance trus masuk ke Roller Cleaning.. semoga membantu :)

      Hapus
    2. tempat pembuangan tintanya penuh, harus di kurangi atau harus dibuatkan tempat pembuangan tinta luar

      Hapus
  5. Anonim16:08

    epson L210 baru beli....
    mulai print out lancar....
    memasuki hal berikutnya tinta sama sekali tidak keluar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba Dulu Cara Di atas mas, Sy jamin Work, Asalkan Head masih dalam kondisi Fit.

      Hapus
    2. benar sekali, epson masalahnya selalu di kelancaran tinta, sdkit mslah pasti tinta tidak kluar jd problem,,, nyusahin banget lagi kerja

      Hapus
  6. wah infonya bagus nih..thx om

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama gan senang makasih atas apresiasinya..

      Hapus
  7. Anonim23:55

    saya baru beli printer epson l210 tapi saya hidupkan tinta nya tidak keluar
    jadi gimana solusinya bozz?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ikuti aja dulu cara di atas mas/mbak.. udah banyak teman yang berhasil nerapinnya

      Hapus
  8. cara ganti kabel fleksibel head epson L210 gimana bos, posting tutorialnya dong...?

    BalasHapus
  9. cara ganti kabel fleksibel head epson L210 gimana bos? posting tutorialnya dong....

    BalasHapus
    Balasan
    1. emang belum saya buatin sih, tapi caranya mudah kok bang, kalau udah bisa bongkar headnya pasti untuk melepas kabel Fleksibel Headnya juga pasti mudah, kalau mau abang bisa berkunjung ke sini :

      http://printerarea.blogspot.com/2015/08/cara-mengganti-head-printer-epson-l110-L210-L300-L350-L355.html

      Semoga membantu :)

      Hapus
  10. Anonim15:48

    Siang bos,,,,ane baru beli L210 ,, ketika ngeprint...kok warnanya cenderung gelap. misal merah muda ...jadi merah tua dls.....sdh ane dep clean...kok masih blm berubah. mhn pencerahannya bos... tinta masih ori bos...

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu bukan printernya yang bermasalah, cuman kecerahan antara komputer dengan printer gak sinkron, umumnya sih memang seperti itu, hasil cetakan jauh lebih gelap dari hasil yang tampak dari monitor, solusinya harus kita setting color corectionnya. caranya masuk ke Printer setting => More Option => di color correction Pilih Option Lalu Advance.

      selanjutnya pada bagian Brightnes, silahkan anda setting sendiri tambah kecerahannya..

      semoga Membantu :)

      Hapus
  11. thx gan... dah hampir putus asa dan ampir gw kasih teknisi / mau ke epson center. garansi udah habis.. dapet kasus kaya di artikel. smua warna ga bisa kluar.
    udah cleaner 5 - 10x dan ink flush 2x (tinta banyak banget trbuang) hampir setegah tanki.
    untung gw browse dan ktmu ini artikel. sanggat membantu.
    persiapan ke apotik beli jarum habis 20rb.+ beli bayclean 8rb.
    langsung eksekusi.
    dan hasilnya gagal. 3x copot tempat warna sampe patah ( LOL !>.<) karna ga biasa. dan setelah ulangi 2x cara diatas msh mampet. akhirnya hampir nyerah. stop bentar bikin kopi minta tolong bini. langsung tes lagi... saya pake cleaner jarum ga ada sisa selang ( trus saya akalin pake sedotan pipet Aqua gelas) berapa x semprto dan lagnsung tes.. kluar warna nya(semanggat karna ada harapan) hajar cleaner 2-5x lagi msh sama.
    nah ini yang gw coba lagi. gw dl gambar foto yang banyak warna. gw print pake HIGH... dan hasilnya Jrengg!!!!!!!!*(#!#(@*#()@!#@!)#_@!#@)
    epson gw kembali sehat!! wkoakawowokawok
    sampe sekarang pun udah mantap.
    print high sanggat membantu juga....
    saya kebetulan pake ini printer udah dari 2013 buat warnet terbukti produk mantap epson l210!! dari dulu cuma x ini lah gw dapet 2x ink flush masih ga bisa bener .. gw kira bener2 rusak udah headcleaning dan klo mau di ganti udah wajar. soalnya udah ngeprint banyak client.
    thx gan yah tutor nya dan yang warna brighset +12 makin bikin cetak an epson ini jadi mantap.! ( note. selalu pake epson ink original) awet bray printernya..

    gitu aja review gw.. test on me!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah ada satu lagi referensi pengalaman nih hehe, iya emang betul gan kalau dari ane sendiri sih kalau mau pake printer epson sangat ane recomendedkan pakai seri L210, dan terbukti saya juga pakai printer seri ini udah 2 tahun leebih kondisi head masih fit cetakan udah puluhan ribu,l no broken Nozzle sama sekali tidak ada guratan nozzle ang rusak, Ohya tambahan semenjak beli sejauh ini ane pake yang tinta non ori hehe..

      Ohya makasih atas Kunjungannya, Moga Usahanya lancar dan Penuh Berkah.

      Hapus
    2. gan akhirn nya terulang kembali ini sekarang warna nya malah ga kluar smua awkkawawkawk mungkin udah takdir nya dibawa ke service center. gw rencana bawa ke fastprint di mangga2 ... mudah2 an bisa lagi dah.. kasian mau print warna anak2 dapet yang jelek. tapi msh mau aja ngeprint udah dibilang lagi erorr wkoawkoawko niat!! ada saran ga ga? black normal . yang warna ilang smua .. ga ada tapi waktu saya pake cleaner dan saya perhatikan di tissue. warna hitam merah kuning dan biru lancar kluar.. udah 4hari ini nganggur warnanya ttp ga mau kluar. udah coba diamakan 1 hari jg ga kluar. udah di power ink flush dan head cleaner yang ga terhitung. rencana selsa mau bawa ke teknisi nih T.T printer epson l210 baru kali ini sakit kronis. ==a harus di selamatkan

      Hapus
    3. dan saya juga baru tau agan pake non ori msh sehat2 aja wkaawkkawaw. klo boleh tau merk apa dan harga nya berapa / botol . saya juga mau tuh klo udah terbukti ga ngerusak printer

      Hapus
    4. Sudah Banyak Merek tinta yang pernah ane gunakan mas, tapi mentoknya cuman di Merek Blueprint dan Printech.. sejauh ini gak pernah nemuin masalah.

      Terkait masalah yang mas alami, Emang Printernya udah Berapa tahun? Trus Sudah Di sedot gak Udara yang ada Di dalam Cartridge? Kalau Udah tapi hasilnya tetap nihil juga, Coba Suntikkah Head Cleaner langsung Ke headnya.. cara itu udah sering ane lakuin, dan alhamdulillah printer kembali Bekerja lagi..

      Hapus
  12. Anonim02:37

    keren banget cara nya gan .......... tapi gue belom nyobain................

    gan gimana ya,,,,, cara mengatasi tinta tidak keluar pada priner epsond l210...???

    mASI bingunkk dgn cara'aaa...............

    BalasHapus
    Balasan
    1. caranya sama kok gan yang di jelasin di atas, kalau pakai L210, gak usah ragu, ikuti aja langkah-langkahnya dari awal :)

      Hapus
  13. Gan printer ane L210, printer rusak parah tinta ga keluar sama sekali sudah ketempat servis ganti head alhamdulilla legaan tapi pas cetak 40lembar tinta kumat lagi warna kuning ga keluar sampai saya cleaning berkali2 + 2x flushing tinta makin kacau jadi ga keluar semua, lalu saya dateng ke tempat servis lain ganti catride baru udah tapi tinta biru nya ga keluar sempurna, mohon bantuan nya gan ane nyerah banget.
    Printer ane beli tahun 2011 1x tinta ori awal beli selanjut nya tinta non ori terus,
    Selama 3th printer berjaya terus ga rusak2, tapi setelah menginjak tahun 2014 akhir tahun sama th 2015 printer rusak. Dan baru dibenerin ketempat servis bulan agustus + oktober ini. Dan ini pun masih rusak warna nya. Ane hampir nyerah gan mohon bantuannya, masalah nya dimana lagi gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kebetulan ane juga pakai Epson L210.. Coba dulu cara yang telah di atas gan, karena setau ane, yang menyebabkan Printer tidak bisa mengeluarkan tinta saat mencetak, itu disebabkan karena banyaknya rongga udara yang ada di dalam cartridge, dengan catatan Head Masih Dalam kondisi Normal, dalam hal ini masih fit atau tidak cacat, dalam kasus yang sering ane alami seperti itu, dan sudah sering ane terapkan di beberapa printer L series lainnya Baik L110, l210,L120 dll. dan penyelesaiannya itu ane hanya lakukan penyedotan manual seperti yang ane jelaskan d atas.. Jadi saran ane, jangan langsung beranggapan kalau Headnya udah Rusak, coba terapkan dulu yang telah di jelaskan di atas, kalau memang masih ada kendala, Agan bisa balik nanya lagi. Good luck :)

      Hapus
  14. klw waktu di cleaning tpi tetep gk keluar tintanya gimana itu gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau pas Kita head Cleaning Trus Tinta nya gak keluar, Kurang lebih Penyebabnya sama dengan yang dijelasin di atas gan,, Terlalu banyak Udara yang masuk ke dalam Cartridge. Solusinya harus kita sedot udara tersebut secara manual, karena Kalau Di Head Cleaning doang, Udara tersebut tidak bakal hilang, Malahan Kita hanya Membuang-Buang Tinta

      Hapus
    2. Jika warna kuning yg x keluar maka kuning saja yg harus disedut secara manual..ada video tak dik

      Hapus
  15. Udah Dicoba akhirnya Printer Bisa Berfungsi dengna Maksimal Lagi, Printer TIdak Putus-Putus Lagi, Makasih Banyak Ya Min..........

    BalasHapus
  16. udh dicoba cara diatas tetap tnta warna tdak keluar,tinta htam keluar apakah krn head ny brmasalah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau yang lain warnanya tetap ada, namun ada warna yang gak bisa keluar artinya Head Masih Fit, penyebabnya itu kalau Bukan Karena Cartridge, Pasti Head Mampet, Coba di ulangi lagi langkahnya mas, dijamin 100% work, udah Di Praktekin dan sudah Banyak rekan yang berhasil

      Hapus
  17. Mantabb banget bro,.. mkasi ilmu nya moga berkah,.aminn

    BalasHapus
  18. Mau tanya Service Center Epson ada di Depok Mana ya?

    BalasHapus
  19. Thanks gan,,,tutur nya sangat membantu,,udah hmpir 1 blan ga bisa diperbaiki,,liat artikel ini printer ua langsung bsa ngprint kayak baru lagi,,se x ge thanks gan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama Gan, Syukur Kalau Tutornya Bisa memberi solusi..

      Hapus
  20. Syukran atas ilmunya

    BalasHapus
  21. Setelah mencoba berulang kali.. Akhirnya printnya kembali normal..makasih kak atas infonya sangat bermanfaat...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama Dek, senang kalau artikel ini bisa memberikan manfaat..

      Hapus
  22. Mas mau nanya, ini baru kejadian hari ini. Kalo di laptop datanya nya warna biru, terus keluar warna pink. Itu berarti tinta birunya ga keluar ya?
    Bisa pake cara yg diatas ga ya mas? Apa bawa aja ke service center?

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak ada salahnya di coba mas.. kalau memang gak mampu recomended bawa ke tukang service aja

      Hapus
  23. cara buka cattridge nya gimana ya kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk Membuka Cartridge ada Pengait pada bagian belakang cartridge, kita tekan aja kemudian kita angkat Cartridge dari Carriage, Selanjutnya silahkan anda lakukan tahap penyedotan manual,,, Thanks Kunjungannya, semoga membantu

      Hapus
  24. Anonim02:31

    bro.. saya punya epson l350.. pertama krn kuning ga keluar, maka ku head cleaning 2x, kuning tetap tidak keluar. yg lain keluar semua, jadi ku flash ink, akhirnya kuning keluar.. tapi si hitam jadi ga keluar.. kuflash ink lage dan head cleaning, hitam tetap ga keluar. kuliat di tabung tinta hitam ga berkurang, kalu 3 warna ada berkurang ampir 1 petak.. jadi kusedot catridge hitam sampe penuh catridgenya dan head hitam kupompa pake suntikan isi cairan cleaner.. tembus kebawah, kubersihkan.. print tetap ga keluar hitam.. lalu flashink lagi, yang anehnya tabung itam tidak berkurang sedikitpun. apa yang aneh ya?apa tempat kanan bawah printer yg bawahnya ada busa untuk sedot tinta ga bs sedot? pernah tercabut , pernya lepas dan pipanya jg lepas, jadi kucolok lage..

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa jadi mampet di bagian pangkal selang yang nempel di tabung mas,, berdasarkan masalah agan saran ane sebelum di bongkar coba lepas selang yang nempel pada cartridge (Hitam) lalu coba lakukan penyedotan, kalau tinta gak ngalir itu artinya memang ada yang aneh di bagian tabung warna itamnya, silahkan di coba dulu mas.. good luck

      Hapus
  25. mau nanya min, untuk menggeserkan catridge kekiri kan haru menekan tombol pengunci nah itu yg mana ya, saya lihat hanya girnroda wrna putih sama kyak komponen item gabungan kotak catridge, sya tekan gk ngefek? mohon pencerahannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. PEnguncinya itu berwarna putih gan, tekan sampai mentok terus geser head

      Hapus
  26. Anonim14:27

    gan mau nanyak ni, itu tulisan di atas yang masukkan suntik ke mulut catridge lalu sedot tinta sampai catrige terisi penuh, itu maksud nya apa gan,, kan tnta udah kita sedot, ya kosong lah catrige nya, masak penuh..

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang di sedot bukan tintanya mas teuku, tapi udara yang bersarang di dalam cartridge, kita sedot sampai udara tersebut hilang, dan terisi penuh dengan tinta.. saya rasa sudah jelas

      Hapus
  27. makasih om,, sukses selaluoe....

    BalasHapus
  28. bos aku mao tanya, aku baru beli printer epson l360, setelah aku coba print, tinta,a tidak ada sma sekli kluar.,,
    pas lgi print, catrid,a jln tp tidak ada coretan tinta yg keluar,,mohon dibantu bos

    BalasHapus
  29. epson l110 klo dibuat ngeprint wrna hitam hasilnya garis gan. minta solusinya donk.
    padahal sudah saya head cleaning, tapi hasilnya sama aja

    BalasHapus
  30. Anonim19:08

    Saya sdh coba langkah2 di atas...selang okee, catrige oke...sampai pada bagian head sdh saya cleaner dng racikan sendiri sesuai petunjuk : air + bayclin dan 3 warna Bk, Y, C lancar...tp yg warna M bener2 mampet sampai head saya lepas dan saya cuci diluar cashingnya...berulang2 saya suntik dng head cleaner racikan tp tetap mampet...suntikan kalo didorong alot dan kalo dilepas mendal...artinya kan bener2 mampet...sampe campek ngatasi head yg warna M tsb.
    Gimana ya cara mengatasinya... Tks...

    BalasHapus
    Balasan
    1. artinya headnya betul-betul mampet mas. Coba di rendam dengan cairan head cleaner, kemungkinan besar bisa membantu

      Hapus
  31. gan epson l1300 tidak keluar tinta saat mencetak,, padahal head catridge bagus(tidak tersumbat) dan sudah beberapa kali power ink flushing dan head cleaning tapi tetap tidak ada hasil cetakan dan head catridge pun terdeteksi dengan baik . mohon solusinya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba Dulu cara di atas mas, Sebahagian Besar berhasil

      Hapus
    2. Sya mau tanya agan solusinya gimana saya punya printee l565 . Semua prosedur sudah dijalankan . Sperti mengisi tinta pada tabung dan menyedot tinta dicatridge. Kemudian headnya dikasih pembersih . Terus saya clening tetap gak ada tinta yg keluar . Kemudiannya saya pindahkan headnya keprinter berseri L lainnya malah headnya normal . Gimana solusinya terima kasih

      Hapus
  32. gan epson l210 saya warna biru nya gak keluar tibaba pas lagi ngeprint. padahal masi banyak tintanya. udah di clean head tetep aja gk bisa

    BalasHapus
  33. saya sudah lakukan seperti yg di atas tapi pas saya sedot ga bisa tersedot tinta nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. berarti mulut suntikannya gak rapet gan.. udah banyak yang berhasil silahkan coba lagi

      Hapus
  34. Print sy l565,sy sudah coba cara diatas,sy coba print,eh malah yg keluar tidak beraturan,tinta warna ketutup sm warna hitam,tinta dikertas kayak tumpah gitu.gmana itu mas

    BalasHapus
  35. printer sy l565,sy coba pake cara diatas,tintanya keluar tapi tinta warna ke tutup sama warna hitam,jadinya full hitam,itu solusinya gmana mas

    BalasHapus
  36. bang, mau tanya, cardritnya yang hitam di sedot pake suntikan berat, kalo yang laen lancar, itu penyebabnya apa ya bang, terus solusinya gimana? matur thank you

    BalasHapus
    Balasan
    1. berat saat d sedot biasanya ujung sedotan (suntik) belum rapat total di mulut cartridge, harus sedikit di tekan gan. kemudian lakukan penyedotan.

      semoga membantu

      Hapus
  37. Printer saya juga mengalami gangguan yg sama, saya sdh mencoba hal yang sama seperti petunjuk diatas kan tetap tidak ada hasilnya tinta warna tetap tidak keluar. Bagaimana caranya agar printer saya normal kembali?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebelumnya ada beberapa ha yang harus saya ketahui terlebih dahulu. apakah head pernah d bongkar sebelumnya atau tidak?
      kalau pernah kemungknan besar ada kendala disitu, jika demikian cek kabel head serta bagian plat conector yng menghubungkan kabel ke head. perhatikan kalau hitam, berarti pernah terjadi koslet, bisa kita pastikan head harus di ganti.
      pasalnya cara di atas berlaku pada kondisi head yang normal, dalam artian disebabkan karena perkara head mampet, atau perkara tidak normalnyaa suply tinta ke noozle.

      Hapus
  38. gimana tu mas kl l210 hasil cetak hitamnya putus2.sd di kleaning berkali2 tetap bgitu tapi kl di cetak pake high dn epson glossy hitamnya tetap kluar.cuma kl cetak biasa aja hitamnya kadang putus2 dn tdk kluar.warna lain normal.headnya rusak
    g ya mas.mksi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pake tinta merk apa? Coba diganti tintanya gan

      Hapus
  39. Hasil print warna Magenta (Merah) pada L210 tampak putus2. Apakah karena tintanya jelek?
    Apakah bs diperbaiki dg menyemprotkan Head Cleaner pd Head Print?
    Terima kasih atas tanggapan Bapak Admin Askhy.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebaiknya di head cleaning terlebih dahulu lakukan nozzle check untuk melihat kondisi nozzle apakah ada yang putus , kalau ada lakukan sekali lagi, tapi kalau sudah di lakukan dan tidak ada perubahan, artinya ada masalah pada nozzle headnya, penyebabnya beragam bisa karena hed mampet karena tinta atau bisa juga karena karat pada mulut nozzle.

      Solusinya jika penyebabnya karena tinta, bisa dilakukan penyedotan manual kemudian lakukan pembersihan head dengan head cleaner

      Hapus
  40. Kalok sevish begitu di kenakan biaya beerapa yah gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk biaya sih tergantung dri tkng servisnya gakberani aku kasi patokan harga, tapi kalau Dri admin sendiri Maksimal 100 udah Kelar itu. Kecuali pake Ganti part lain lagi

      Hapus
  41. Printer L210 saya sudah berhasil keluar warnanya,tapi selang 3 hari warnanya tidak keluar lagi
    Kira2 masalahnya di mana mas?
    Apakah headnya rusak ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tintanya pake tinta apa. Biasanya klo bukan ori kadang seperti itu. Solusinya ganti tinta dengan merk yg berbeda

      Hapus

Malu Bertanya Sesat Dijalan, Jika Ada yang Kurang Jelas, Silahkan Meninggalkan Komentar..
Komentar Anda Akan di Moderasi terlebih dahulu dan Ditampilkan setelah Disetujui Oleh admin..