Home » » Ciri-Ciri Head Printer Epson Rusak

Ciri-Ciri Head Printer Epson Rusak

Posted by Pusat Tutorial on Thursday

Salam Epsoner, Terkadang mengganti Head Printer adalah solusi terkhir ketika kita menemukan situasi dimana hasil cetak yang tidak memuaskan,  namun yang perlu anda perhatikan disini adalah sebelum melakukan proses Penggantian Head anda harus mengenali dan memastikan terlebih dahulu bahwa apalkah Betul yang rusak itu adalah headnya? bukan kompoen lain? Karena ada berbagai kasus yang pernah saya temui setelah beliau mengganti head, ternyata yang rusak itu bukanlah Headnya, Melainkan Kabel Fleksibelnya..

Contoh Head Sudah Rusak

Jadi Sangat disayangkan ketika itu terjadi pada anda juga, mengingat bahwa harga Head Printer epson itu lumayan merogoh kocek, nah olehnya itu, sebelum kita membahas Tentang Mengganti Head Epson, saya rasa anda harus tahu dulu bagaimana ciri-ciri Head Printer Epson yang sudah rusak. Nah apa saja Kah itu?


Ciri-Ciri Head Epson Sudah Tidak Layak Pakai.
Sejauh ini berdasarkan dari pengalaman admin sendiri semenjak terjun di dunia Service,  tanda-tanda umum yang menjadikan alasan mengapa kita harus mengganti head printer Epson  adalah  Hasil Cetak sudah Mulai Tidak Normal, Mulai Bergaris atau bahkan Tidak Ada Tinta Yang Keluar pada saat printer melakukan aktivitas pencetakan,

ketiga masalah tersebut bisa kita jadikan sebagai acuan yang mengindikasikan bahwa kerusakan ada pada bagian Head.  lain halnya jika  yang menjadi penyebab  adalah tintanya, atau Head Tersumbat karena tinta mengering, itu masih bisa kita atasi  dengan bantuan Head Cleaner. Kita cukup melakukan Penyedotan manual dan memasukkan Cairan Head Cleaner tersebut ke dalam Nozzle Silahkan Baca ( Membersihkan Head Printer Epson) . Namun Berbeda jika kerusakan itu ada pada Mekanikalnya menggunakan Head Cleaner bermerek apapun, Semahal apapun, hasilnya akan tetap nihil.

jadi hilangkan Paradigma anda bahwa Printer Mampet itu selalu di sebabkan karena adanya tinta yang mengering pada Nozzle Head, Penyumbantan Juga bisa terjadi akibat Karat, karena seperti yang kita ketahui bahwa Head Printer itu terbuat dari bahan metal, (Khususnya pada bagian Nozzle nya), artinya ada masanya atau suatu saat nanti head akan mengalami yang namanya proses Oksidasi, atau mulai berkarat, itu tidak jauh berbeda dengan Besi.

Dan Umumnya yang menjadi penyebab adalah tergantung dari apa jenis tinta yang digunakan, mengapa?  ada dua jenis Tinta, ada Tinta Dye dan ada Tinta Pigment. artinya Tinta Dye Proses Oksidasinya itu jauh lebih cepat jika kita bandingkan dengan Tinta Pigment, artinya Umur Head bisa lebih Panjang atau awet ketika kita menggunakan Tinta Pigment, namun kekurangannya adalah adalah Harga Tinta Pigment relative jauh lebih mahal ketimbang Tinta Dye.

Jadi silahkan anda Pilih sendiri, mau menggunakan Tinta Pigment dengan Keuntungan Head Jauh Lebih Awet atau Tinta Tinta Dye dengan Harga Yang relative murah namun resiko Terhadap Head itu jauh lebih besar. Saya rasa Untuk thread kali ini sampai disini dulu, semoga tulisan ini bisa membantu. sekian dan wassalam ..

Related Posts

152 komentar:

  1. pak...klu printer epson l350 saya ,klu dipakai ngeprint /scan berbunyi criltttt....crilittt,....criitttt.itu tanda gimana pak? makasi sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksudnya mas Nyoman, printernya bising saat mencetak ? atau saat Scanning?, biar lebih jelas and Clear mas, Trus kita bahas bersama, karena ada banyak sekali kemungkinan..

      Delete
    2. Anonymous15:59

      Criit...saya jg alami, sepertinya ada gear yang miss. Tp kalo didengering sumbernya agak membingungkan disisi kiri atau kanan, kira kira kerusakannya yang mana mas

      Delete
    3. Gan kenapa ya hasil print²an pada epson l120 hasilnya berbayang padahal udah di print head alignment tp hasilnya sama aja

      Delete
  2. Informatif Sekali Mas, Dengan Begini Kita bisa tau kalau head Udah rusak apa belum..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih atas Apresiasinya..

      Delete
    2. Gan, Printer saya R230, kenapa ya hasil cetak fotonya sekarang pelai, gak sesuai warna fotonya agak kemerah-merahan, padahal setelah dinozlle check tintanya normal keluar semua, mohon penjelasannya, terima kasih.

      Delete
    3. Gan printer l200 saya setelah di tekan tombol power scanner printernya ga bisa berfungsi. Scanner balik kembali ke posisi awal dan terdengar biding

      Delete
  3. Thanks Gan informasinya.... Di rumah ane pakai epson type L210... kebetulan tinta warnanya sebentar lagi habis menurut ane sih awet sekali dalam penggunaan tinta walaupun harga printernya lebih mahal dan kualitas cetak standar...
    menurut agan antara tinta original yang dijual epson dengan tinta pigmen lebih baik yang mana dari segi kualitas warna yang dihasilkan dan pengaruhnya terhadap keawetan head ?
    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. sejauh ini berdasarkan pengamatan, Tinta pigment masih yang terbaik di antara beberapa jenis tinta yang lainnya, Ada kandungan Oil, sehingga sangat besar pengaruhnya terhadap ketahanan Head Printer mas.

      Terus dari segi hasil pencetakan, Hasil print tidak akan pudar walau terkena sinar matahari secara langsung dalam jangka waktu yang lama.

      Delete
  4. Betul sekali mas. Tinta pigment jauh lebih awet di head dripda tinta dye.

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang seperti itu gan. soalnya tinta pigment kan berbahan dasar minyak jadi head bisa lebih awet dan Nozle bisa terhindar dari karat. beda kalau kita pakai tinta dye :).

      Makasih atas Komentnya

      Delete
  5. Gmna klo pinter epson L120 trlanjur dipke ngeprint ( test 1 lembar) tpi sebelumx tintanya kosong,..di tankinya, dan pada saat sudah diisi tinta,. Kmudian ngeprint lgi tintax pun tdak mau keluar.. gmna tuh mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak Apa-apa mas, selama mencetaknya tidak terlalu banyak, yang jadi masalah itu kalau sebaliknya printer udah mencetak banyak lantas tangki tinta belum kita isi, bisa beresiko terhadap printer

      Delete
  6. mas, kalo printer epson l300 setelah di reset menggunakan resetter hasil printnya menjadiagak berbayang kenapa yah? udah dimaintenace ngak berhasil juga...terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. resetter itu gak ngaruh terhadap hasil cetak mas, karena umumnya kita pakai resetter cuman untuk menghapus data yang di counternya, saran ane coba lepas dulu cartridgenya, kemudian lakukan penyedotan manual bisa mnggunakan suntikan bekas, hilangkan semua rongga udara yang ada di dalam cartridge.

      Delete
    2. resetter itu gak ngaruh terhadap hasil cetak mas, karena umumnya kita pakai resetter cuman untuk menghapus data yang di counternya, saran ane coba lepas dulu cartridgenya, kemudian lakukan penyedotan manual bisa mnggunakan suntikan bekas, hilangkan semua rongga udara yang ada di dalam cartridge.

      Delete
  7. Fendynatha07:06

    Mas, klo printer l350 catridgenya macet dan ga bisa digeser kekiri kanan, permasalahnnya dimana ya mas ? Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu headnya terkunci mas, jadi otomatis Head tidak bisa kita gerakkan. untuk menggeser head harus kita tekan dulu pengunci tersebut, lokasinnya sangat jelas tepat pada bagian belakang Head

      Delete
    2. berarti kita mesti buka casing printernya dulu ya mas biar bisa buka pengunci head tsb ?

      Delete
    3. Berarti untuk bisa tekan pengunci tsb kita harus buka casing printernya dulu ya mas ?

      Delete
    4. gak harus di buka mas, angkat aja covernya trus dorong sedikit Head Ke Kanan sampai Bergerak Dikit, kalau udah Kemudian Cari Bagian Pengunci yang mengganjal Head. lokasinya itu pas pada bagian Karet Mambel berdekatan dengan Head Printer.. Cari Aja pasti Nemu kok Mas

      Delete
  8. Ok.. sudah bisa.. trims bnyak mas (y)

    ReplyDelete
  9. Mas kemarin printer temen ane tidak bisa ngeprint karena kehabisan tinta hitam,setelah diisi tinta hitam yang bukan original epsonnya eh ternyata tetep tidak bisa,apakah ngaruh kalau tintanya tidak original dan apakah jika tintanya tidak original headnya jadi rusak?
    Maaf jika pertanyaannya panjang,terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya rasa Memakai Tinta non original tidak ngaruh terhadap kerusakan, soalnya ane juga pakai tinta yang biasa aja, dan alhamdulillah udah hampir 3 tahun Printer yang saya gunakan (L210) masih tetapi fit, Cuman bedanya kalau pakai tinta yang ori itu, kualitas gambarnya lebih baik ketimbang yang bisa

      Delete
    2. tpi bg wktu itu saya ga sengaja pake tinta yg kw beberapa bulan lgsg printhead ny rusak

      Delete
  10. Epson L110 saya saat dinyalakan, lampu power hanya menyala sekitar 1 detik kemudian mati lagi. Kalau tombol power ditekan terus, lampu power menyala 1 detik, lantas mati sekitar 5 detik, menyala lagi sekitar 1 detik, mati lagi sekitar 5 detik, demikian seterusnya selama tombol power ditekan terus. Keberadaan printer tidak terdeteksi oleh komputer.
    Namun ketika kabel fleksi head printer yg ada di mainboard saya lepas, printer mau menyala dan catrigde mau bergerak. Ketika catridge kembali ke posisi awal, lampu power, kertas dan tinta menyala semua. Keberadaan printer terdeteksi oleh komputer.
    Kabel head printer sudah saya ganti, tapi tidak ada perubahan apapun. Apakah ini tanda dari kerusakan head printer ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya sih ada dua kemungkinan, antara Head dengan Mother Board, tapi kalau berdasarkan pengalaman saya sendiri, ane lebih condong mengatakan kalau Motherboardnya yang bermasalah, soalnya ane saya pribadi juga pernah nemuin kondisi seperti itu, meskipun masalahnya tidak seakurat yang mas dani katakan. dan alhamdulillah setelah diganti Motherboardnya printer isa pakai lagi..

      Delete
    2. Kasus saya printer l210 setelan saya bersihkan dgn cair head cleaner lampu power dan lampu tinta menyala semua, itu apa headnya yg rusak?

      Delete
  11. Mau nanya mas, saya pakai EPSON T1100 belum ada 1 tahun, tapi dari baru langsung pake tinta art paper, sekarang masalahnya kalau ngeprint full page setengah halaman ok, tapi setelah itu jadi super lambat, untuk nyelesein 1 halaman penuh bisa sampai setengah jam lebih, itu kira2 kenapa ya? apakah ada kemungkinan printhead nya yang rusak?terimakasih banyak sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu masalahnya bukan di Head mas, Printernya berat, Coba pakai Laptop/Komputer lain, karena setau saya kalau printer jadi lambat, masalahnya ada di komputer mas, bukan pada printer, atau coba ke link Ini mas.

      http://printerarea.blogspot.com/2016/03/mengatasi-printer-lambat-mencetak.html

      semoga bisa membantu

      Delete
  12. Mas, t13 saya buat cetak kadang diawal lurus terus semakin lama semakin miring ke kanan cetakannya, itu masalahnya dimana saya sudah ganti encodernya

    ReplyDelete
  13. Mas saya pake L310, printer nya ng ngeluarin tinta sama sekali pdhl udh di sedot. Printernya masih baru sebulanan. Yahh kmren smpet coba2 ganti tinta., apa mungkin head nya rusak ya mas.

    ReplyDelete
  14. Terima kasih banyak mas tipsnya saya pengguna epson t1100 pake tinta sublim yang mempratekan tips anda saya bebas dari head buntu.buat mas admin semoga diberi kelancaran dan kesuksesan amin....

    ReplyDelete
    Replies
    1. senang bisa membantu, Makasi atas doanya,semoga juga di beri kelancaran dan kesuksesan, amin

      Delete
    2. Anonymous16:46

      Apa tipsnya mas ?

      Delete
  15. mas mau tanya, sya punya printer DTG modifikasi epson 1390.
    print diwarna terang lancar mas...
    tapi warna gelap tinta putihnya tidak keluar... kira2 itu mesti ganti head atau cukup dengan cleaning sja mas?? tks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba lakukan Penyedotan manual gan,, Silahkan anda coba dengan mengikuti tahap di tutorial ini

      Mengatasi Printer Epson L Series Tidak Mengeluarkan Tinta

      Meskipun Serinya berbeda tapi saya rasa tahapannya gak jauh beda.. semoga bisa membantu

      Delete
  16. Mas saya punya kendala pada printer l800, warna merahnya sekarang nyampur sama tinta birunya, jadi kalo mau nyetak musti di cleaning dulu. Kira" kerusakan pada apanya ya mas? Tksh sblmnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau tinta udah terlanjur tercampur ada baiknya kita kuras total dulu tinta yang bersangkutan.. lalu kita Head Cleaning

      Delete
  17. Epson R230 hsil ctk bergaris trus pdahal udah aku cheaning hsilya sempurna tp KLO udah ctk Poto 5 lembar kertas kumat Lg.apa printhead ya mw rusak ms admin? Terimakasih sblumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba ganti tintanya dengan merk tinta yang lain mas

      Delete
  18. mau nanya gran,printer epson l110 , hasil print nozzle kadang keluar blok warna warni. katanya flexsibel head...udah q ganti flexibelnya..hasilnya masih tetep ...kadang bagus...kadang blok nongol lagi...kasil print photonya jga gitu blok semua

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebelumnya, biar lebih jelas, Udah Coba Bersihin Headnya Gak Gan? pakai Head Cleaner.. saran saya sebaiknya coba masukkan head cleaner ke dalam Cartridge, Lepas semua selang tinta yang terhubung ke cartridge kemudian lakukan head Clenaer untuk membersihkan semua kotoran yang bisa saja mempengaruhi hasil cetak, biasanya cara ini berlaku untuk Printer Yang sudah berumur diatas 1 tahun, dan aktiv dalam hal cetak-mencetak

      Delete
  19. mas printer l355 saya bergaris yg warna merahnya. sudah saya lakukan head cleaning berkali-kali msih gak mau. nozle ceknya tetap di warna merahnya yg putus. apa headnya sudah rusak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba lepas dulu cartrdgenya, kemudian lakukan penyedotan manual mas..

      Delete
  20. Hengky00:01

    Malam mas mau nanya nih. Epson saya l210 kondisi lampu ink dan papernya berkedip bersamaan. Tp pernah bagus bntar tidak nyala. Apa headnya yg rusak atau mainboardnya??

    ReplyDelete
  21. Mas printer epson L220 dan L565 jangka waktu pemakaian berapa lama harus ganti head printer karena digunakan setiap hari?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya sih gak ada batasan yang jelas, lama atau tidaknya, intinya selama Head masih Mampu mengeluarkan tinta secara maksimal, dan Dibarengi dengan perawatan. saya yakin Printer akan mampu bertahan cukup lama.

      Delete
  22. Mas,sya punya L800 klo buat print foto hasilnya bergaris. di check nozle hasilnya putus"...sudah sya head cleaning bahkan power cleaning berkali" masih sja hasilnya putus"...buat cetak foto hasilnya masih tetep bergaris.
    Apa headnya sudah rusak/cm kabel headnya yg eror???

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu artinya HEadnya mampet, coba pake Head Cleaner mas roman kemudian suntikan cairan Head tersebut ke dalam Head. Semga membantu

      Delete
  23. Mas mau nanya.
    sya punya epson L360 di pakai mencetak tapi kertasnya kosong.
    kira-kira komponen apanya yg rusak gan ???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Printer Udah pernah di Bongkar Gak ? kalau pernah utamanya pada bagian headCekKabel Headnya atau motherboard

      Delete
  24. Klo tanda flexsiblenya yg rusak itu apa ya mas?? Printer saya L355 tinta hitamnya bergaris putus2 dah saya suntik headnya pke bayclin hasil youtube dan di kotak putih yg nempel kehead dah saya sedot tintanya... tp tetep bergaris2,itu knapa ya??

    ReplyDelete
  25. Kalau warna lebih gelap dari warna di monitor, bisa karena head tidak ya. Setingan warna CYM sudah saya buat minus di menu cetak. Terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan rusak gan, buka settingan dan tambah brightnesnya. semoga membantu

      Delete
  26. Anonymous22:52

    printer saya epson r230, hasilnya print nya cuma setengah gambar(Cetak Foto). sudah saya bawa servis dicek sensor dll nya normal head print jg masih bagus. menurut mas kira" nya apa yg rusak?kabel fleksi ada pengaruh?kalo baru hidupkan pagi kadang suka muncul 2 lampu tombol printer kedip.trims

    ReplyDelete
  27. mas mau tanya..printerku epson seri L850 abis saya bongkar buat bersihin head dikarenakan cek nozle garisnya putus2. pas sy pasang balik malah eror .dan selalu eror pas startup muncul tulisan please turn off n turn on printer. begitu seterusnya klo sy nyalakan..bisa kasih solusi mas.. mksh sblmnya.

    ReplyDelete
  28. Mau tanya dong gan, ane pake r230 pada saat print sprti biasa tiba2 ada warna cyan ngeblock skitar 1-2cm apakah head nya udh kena atau bocor biasa aja ya...thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. belum tentu head bermasalah gan, lakukan nozzle check klo gak ada cetakan ngeblock berarti head gak bermasalah,

      Delete
  29. Ciri ciri klo kabel fleksibelnya rusak gmna ya mas?
    Saya tadinya lgi ngeprint biasa, dan normal, cuma yg terakhir ini kertasnya nggk full (ada potongan) jdi nggk ke print semua, lalu saya print ulang dengan kertas yg full cuma nggk muncul apa apa, kertasnya tetap putih, seperti tidak ada tinta yg keluar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau kabel fleksibe rusak, otomatis gak ada tnta yang bisa keluar, lembar pertama sampai terakhir blank. putih polos

      Delete
    2. Gan mau tanya ni. Printer epson L310 saya setelah di reset akibat penyerap tinta penuh kok waktu saya ngeprint cuma lembara putih polos gk ada cetakan sama sekali. Padahal baru 2 bulan saya pake. Kenapa ya gan. Saya juga sudah lakukan sedot secara manual. Tolong bantu ya gan gimana cara ngatasi nya

      Delete
    3. Gan mau tanya ni. Printer epson L310 saya setelah di reset akibat penyerap tinta penuh kok waktu saya ngeprint cuma lembara putih polos gk ada cetakan sama sekali. Padahal baru 2 bulan saya pake. Kenapa ya gan. Saya juga sudah lakukan sedot secara manual. Tolong bantu ya gan gimana cara ngatasi nya

      Delete
  30. Ini masalah printer saya lgi satu gan, saya punya printer L300 baru hbis ganti kabel head, krena ujung kabel yg lama terkelupas, habis saya pasang koq di detect L110 ya...pdhl kabel yg saya beli ktnya support L300 sama L110, dan klo pake print ga bisa gan, di blg printer is busy posisi headnya juga ga sprt bsanya, tp agak kekanan sedikit, minta bantuannya gan teng yu sblmnya...

    ReplyDelete
  31. Mau tn tny mas klo printer ane hasil nya cetak kok kotor ya mas ad bercak hitam

    ReplyDelete
  32. l800 udah ganti head, hasil tetap bergaris, nozzle ok

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo hasil cetak Nozzle ok, itu artinya gak ada masalah terhadap hasil cetaknya mas, kemungkinan Kuality Pencetakannya dubuat low. saya yakin kalau Nozzle baik, Setting Kertas pake glossy, Kuality High. hasilnya pasti OK

      Delete
  33. Mau tanya ni kenapa ya printer saya di rmh baru 2 bulan, setelah pemakaian penyerap tinta penuh dan minta di reset. Setelah saya reset kok saat mau ngeprint cuma kertas kosong gak ada gambar yg keluar. Padahal sudah lakukan sedot tinta secara manual tetapi masih saja gak ada gambar. Tolong bantuan solusi nya gimana ya....

    ReplyDelete
  34. Saya mau tanya. Waktu saya mau print file muncul tab (Epson belum siap) terus saya ikutin step nya untuk connect tapi setelah saya mau klik connect tdk bisa di klik. Itu kenapa ya apa kabel yang tersambung ke laptop rusak atau dari printernya. Mohon bantuannya. Terima kasih

    ReplyDelete
  35. mas epson l110 ane birunya bergaris sudah sedot manual dan head cleaning tapi hasilnya nihil apa bener headnya udah rusak..???
    bdw yang bergaris cuma warna biru warna lain normal...

    ReplyDelete
  36. Apakah klo sdh di vonis head rusak,satu satu nya solusi harus ganti gan?printer epson l110.

    ReplyDelete
    Replies
    1. harus kita ganti mas maruba, beda kalau hanya penyumbatan, bisa kita selesaikan dengan cara membersihkan headnya, tapi kalau sudah terjadi kerusakan fisik saya rasa tidak ada jalan lain selain kita ganti mas. apapun itu printernya.

      Delete
  37. bg klo hasil print tiba2 tidak cerah itu apa penyebabnya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk mencek kondisi head, bisa kita lihat pada Nozzle Check, kalau hasilnya normal, berarti gak ada kendala pada fisiknya, komposisi gelap terang pada saat proses penceetakan di sebabkan oleh 2 faktor.
      1. Tinta Yang di gunakan.
      2. Setting Brightnes pada saat proses pencetakan.
      jadi kalau kondisi headnya baik-baik saja, silahkan saja cek pada kedua point di atas. semoga membantu

      Delete
  38. Om printer saya epson r230 pada saat di nozle chek hasilnya pergaris2 magentra lurus seperti garis buku,garisnya berwarna magenta, knp om master mohon bimbingannya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. berarti ada masalah pada nozzle, karena nozzle yang normal hasilnya tidak datar melainkan sedkit berbentuk jajargenjang saat kita check, solusi praktis yang bisa anda coba yakni dengan cara melepas Cartridge, kemudian masukkan sekitar 5ml cairan head cleaner ke dalam head tekan sampai cairan tembus ke permukaan nozzle. setelah itu pasang kembali cartridge sepert semula, lalu Head Cleaning maksimal 2x. lakukan uji cetak.

      Delete
  39. Bang mau nanya, kenapa printer epson l210 sodara saya pas dinyalain kayq ada suara macet gitu, terus semua lampu nya nyala, itu kenapa bang? Solusinya gimana?

    ReplyDelete
  40. Punya sy epson l210 mz head sudah d ganti namun ttp tidak keluar cetakan.. Gimana solusi ya..

    ReplyDelete
  41. Mas printer saya epson 1390 kalo pake refilable kenapa warna meeah muda jadi biru muda sdh saya cleaning berkali kali tetap biru muda beda kalo di pakai tinta ori cleaning sekali sdh normal tapi setiap kali mau print harus di cleaning dulu itu kenapa mas trima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba lepas refilnya biarkan seperti itu daam keadaan selang terlepas, lalu head cleaning, hal ini di lakukan untuk memastikan agar tdak terjadi kelebihan tinta akibat suply tinta yang berlebihan dan bercampur melumuri permukaan cartridge sehingga menghasilkan warna yang aneh. lalu lakukan uji cetak, kalau memang gak ada perubahan hasil cetaknya berarti yang bermasalah itu adalah tinta yang anda gunakan, solusnya ganti dengan merek yang lain.

      Untuk memillih tinta yang berkualitas silahkan mas baca melalui artikel ini :
      - Cara memilih tinta yang baik untuk printer -

      semoga membantu..

      Delete
  42. Numpamg nanya mas, printer ane L220 scan copynya bisa cuman ga bisa konec di computer,drivernya jg ud diinstal, sy tes printer lain bisa konek, apa mainboardnya kena ya mohon solusinya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. berarti yang bermasalah bukan pada printernya gan, melainkan komputernya atau laptopnya, coba lakukan system restore

      Delete
  43. Saya punya epson T30 tapi ga mau detec catrid tinta, menandakan lampu merah, chip sdh saya ganti , mainboard juga saya ganti, tapi masih tetap saja belum normal, karna apa rusaknya itu mas ya,,, makasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. berdasarkan pengalaman bukan motherboardnya yang bermasalah gan, itu karena chipnya, pastikan chip cartridge yang anda gunakan itu betul-betul bekerja dengan baik, selain itu reset dulu chipnya gan, caranya tekan tombol kecil selama minimal 10detik yang ada pada bagian tengah atas cartridge biasanya langsung work gan , silahkana di coba

      Delete
  44. Mas printer epson l805 kalo cetak foto kualitas standart hasilnya bergaris2, tpi klo cetak high hasilnya bagus..itu kenapa ya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada 2 faktor,
      1. Kualitas tinta, bisa jadi terlalu encer
      2. Kondisi Nozzle.
      Cek Nozzlenya di printer setting pastikan tidak ada garis yang hilang, kalau ada lakukan head cleaning tapi kalau tidak ada perubahan juga lakukan pembersihan pada head dengan bantuan head cleaning . untuk lebh jelasnya bisa anda lihat di sini.
      Cara Membersihkan Printer Epson L SEries

      Delete
  45. mas utk head cleaning yg rusak itu gmna...
    soalnya sempat mau print...sudah saya bersihkan smua pad bag bead cleaning. utk cairannya gmna y?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon maaf mas arifudin, saya kurang paham dengan pertanyaannya bisa diperjelas

      Delete
  46. Mas salam kenal. Saya ada permasalahan epson L120 dimana saat menarik kertas tenaganya lemah sehingga kertas hanya masuk sedikit ke roll kemudian print terhenti dan general error. Sudah ganti karet atas bawah, sudah tes tukar mainboard dan bahkan juga sudah ganti dinamo motor bawah, masalah masih tetap sama. Print tidak mampu menarik kertas..tolong solusinya mas.

    ReplyDelete
  47. Mas mau tanya untuk epson L220. Kendala saat print tidak keluar tinta. Sudah sedot tinta juga, sudah bersihkan headnya. Hasilnya masih blank putih. Kira kira permaslaahan ada di headnya atau di fleksibel nya ya? Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau masalah pada kabel head biasanya di sebabkan karena kena tinta akibat bongkar pasang dan memicu kosletng, solusi terbaik kalau memungkinkan coba pindahkan head ke printer L lain. kalau haslnya sama berarti head yang bermasalah gan

      Delete
  48. mas printer saya L210 sudah diberi head cleaner dan disedot tapi tinta wrna tidak keluar juga hanya warna hitam yang keluar itu juga hasilnya berabayang solusinya gimana ya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. setelah d sedot harus di head cleaning terlebih dahulu mbak

      Delete
  49. 4 buah seriesL ak bocor warna birunya. Asal ngeprint. Yg biru tetap nongol garis2 tebal.. pdhal print itamputih.. ada solusinya nggak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bersihkan headnya menggunakan cairan head cleaner gan

      Delete
  50. epson 1390 waktu flashing bagian warna hitam dan kuning tintanya saling nyampur, bagaimana cara mengatasinya?

    apakah bisa ngeprint tanpa ink hitam dan nyellow, seperti halnya dicanon bisa ngeprint tanpa catride hitam

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya kurang mengerti dengan pertanyaannya gan, bercampurnya itu bagaimana gan? untuk soal cartridgenya, untuk printer epson tidak bisa gan harus terpasang semua, cuman mencetak tanpa menggunakan tinta hitam itu bisa gan

      Delete
  51. Sore mas, mas saya mau bertanya, printer saya merk epson L805, di head cleaning hasilnya bagus tidak bergaris, pas cetak foto malah bergaris, padahal headnya sudah saya ganti baru. kira" itu apanya ya mas. terima kasih mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Secara garis besar , untuk mengetahui kondisi normal head bisa kita lihat dari hasil Nozzle chek klo disitu normal, berarti mencetak apapun pasti hasilnya normal. Kecuali anda mencetak sebuah foto lantas settingan tdk sesuai, bisa saja hasilnua bermasalh. Untuk hasil cetak maksimal pada sebuah gambar(foto) pakai yg premium glossy kemudian dari setting pilih custom lalu buat full ke kanan settingannya, dijamin hasilnya maksimal mas. Silahkan dicoba

      Delete
  52. Head printer Epson saya mapet berat,akibat lama gak di pakai,,ketika memberikan cairan cleaner bukannya cairan tersebut nyemorot kebawah tapi malah tembus ke nozel sebelahnya,,apakah itu termasuk kerusakan fusik?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba di pasang dulu mbak,terus tes cetak, nozzle Klo gak ngeluarin tinta berarti head udah positif rusak

      Delete
  53. Printer saya epson l805 hasil ckeck nozel sempurna... Tetapi ketika cetak photo dijarak 2 cmkertas dari atas selalu bergaris dan kadang berulang seterusnua dijarak yang sama... Kira2 apa yang harus diperbaiki atau diganti... Soalnya dicleaning sidah berkali hasilnya tetap... Pakai head cleaning juga tetao... Mohon pecerahannya terimakasih....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang bermasalah itu bukan fi headnya gan tapi encodernya, coba di bersihkan dulu

      Delete
  54. L805 nyala hijau sj saat on to head TDK respon.... Kira2 apanya yg rusak ya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah di cek status monitor gak? Kemungkinan besar gak konek ke kompi itu mas, karena Klo head bermasalah umumnya ngeblink

      Delete
  55. Mas sy pake L805 hbs cabut head lalu psg LG mohon jd macet... Saat on cm hijau yg nyala tp head TDK merespon..
    Mau ganti head takutnya mainboard nya jg SDH rusak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebaiknya di cek dulu koneksi headnya gan. Bisa pakai resetter. Trus cek head id. Klo head masih work, biasanya bisa kebaca idnya gan

      Delete
  56. Mas, printer r230 saya kalo dipake ngprint itu ada warna biru light nya, jadi kalo ngprint teks apalagi photo ga karuan selalu muncul warna biru, itu kenapa yah, thx jawabannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba ke link ini bang

      Disini
      Udah Di Jelasin Disana,, semoga membantu

      Delete
  57. Pada Epson L220 sya, tdk ada hasil cetakx, head sdh saya bersihkan dan cleaner, udah direset gunakan resetter dan masukan kembali no seri headx ttp jg tdk ada hasil. sya periksa pada printer information chek pada resetter, terdpt keterangan fatal error code (0-5)--> 0A H, stelah sya benahi kembali, fatal error codex jadi 43 H. lalu terakhir saya periksa codex jadi 00 H. terakhir sya coba utk cetak hasilx sama, printer kerja normal, tapi tdk ada hasil cetak sama sekali.
    mohon pncerahanx gan, apakah benar headx brmaslah? krna saya tdk bisa dapatkan printer lain yg sejenis utk menguji head print pada printer L220 sya Gan. Trims.

    ReplyDelete
  58. Pak Printer epson L130 tidak terdeteksi oleh komputer dan lampu power nya blinking per 5 detik, kira" masalahnya di mana ya??

    ReplyDelete
  59. Mas saya lagi coba memperbaiki printer epson l200.. Pas nyabut kabel fleksibel printer ternyata perak yg di kabel fleksibel printer itu agak mengelupas.. Itu solusinya gimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo plak kuningnnya mnelupas berarti udah putus. Solusi terbaik sih diganti, Tapi ada satu cara pernah ane coba. Kabelnya di lipat biar agak tebalan dikit terus bagian sisi sebelahnya kita kelupas , usahakan bagian yg terkelupas tersebut jraknya sama dngn ujung kabel. Trus tinggal kita pasang..

      Delete
  60. Saya puny printer l220, hasil print warna biru tidak bagus.
    Setelah di cek print warna biru tidak keluar full.masalahnya dimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksudnya gak bagus hasilnya putus2 ya gan? Biasanya klo disebabkan karena tinta bisa tuntas di head cleaning.
      Tapi klo udah ada cacat fisik, dalam hal ini head udah menua. Udah bertahun2. Resiko aus gak bisa kita hindari. Caranya harus mengganti part yang bermasalah.

      Delete
  61. Mau tanya bos. Saya pake printer epson l120, saat print dokumen atau foto terkadang keluar garis berwarna biru merah kuning dibagian kiri kertas.. Apa yg bermasalah ya bos??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Solusinya bisa agan cek disini

      Waspada MEnggunakan Tinta

      Semoga Bisa memberi kejelasan

      Delete
  62. Salam kak, printer saya epson L210. Warna tidak keluar sama sekali hanya hitam saja yang keluar. Sudah di bongkar print headnya dan di bersihkan dengan head cleaner, tinta warna bisa keluar. Tapi setelah dipasang, di head cleaner, nozle ceck ketika ngeprint warna tidak keluar sama sekali, hanya hitam saja yang normal. Pertanyaan nya apakah print headnya yang rusak atau kabel flexsible nya? Terima kasih

    ReplyDelete
  63. Gan ane habis bersihin head pake cairan..
    Trus pas dihidupin printer. Hanya lampu power yg berkedip..itu kenapa ya..??
    Apakah ada yg koslet..
    Solusinya..

    ReplyDelete
  64. Assalamualaikum... mau tanya mas, apa ciri ciri head print epson l310 itu konslet..soalnya saya pernah bersihin head print dengan sedikit direndam permukaannya dengan cleaner, terus gak sengaja ada sedikit percikan air masuk ke bagian elektriknya..pas saya pasang kembali dan di nyalakan lampu ngalami blinking smuanya bersamaan.. apa kah itu penyebabnya.. ? mohon penyerahannya, terima kasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. walaikumsalam ,kalau koslet biasanya blinking dan general error, atau kadang printer gak bisa menyala sama sekali. tergantung dari printernya juga.
      dari pengalaman pribadi memang kadang error kalau saat di bongkar bisa karena kena percikan tinta dan sebagainya

      Delete
    2. kalo hasil nozzle check di warna kuning ada warna hitamnya itu kenapa ya mas?trims

      Delete
  65. Printer di kantor saya, selang tinta sama kabel fleksibel nya di gigit tikus sampe putus, akibatnya tinta di kartridge nya terkuras habis dan lama mangkrak di gudang. terus pas saya ganti selang sama fleksibel nya printer gak bisa ngeluarin tinta, padahal print head nya udah saya bersihkan pake cleaner. cartridge juga udah di isi full. apa print headnya nya rusak ya gan karna lama gak di pake.

    ReplyDelete
  66. assalamualaikum.mau tanya mas epson l805 hasil nozzle checknya di warna kuning ada warna hitamnya.di head cleaning nozzle check normal.tp didiamkan beberapa menit nozzle cek lagi ada hitamnya lagi.itu apannya ya mas?trims

    ReplyDelete
  67. gan,,saya punya masalah sama epson l360.
    setelah dibersihkan dan di reset malah tidak mendeteksi tinta. (status tinta 0)
    kira2 solusinya bagaimana ya gan ?

    ReplyDelete
  68. Mau nanya mas kenapa Epson L1800 kalo sudah ngeprint sekitar 6/7 lembar tinta hitam nya suka gak keluar trus klo d headclean lancar LG cuman trus gitu" aj. Print cuman normal nya 6/7lembar..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu di satu jenis tinta aja ya gan? Klo mmng bgitu ganti tinta pasti lancar

      Delete
  69. gan mau nanya printer sp 1390,kalo ngeprint kertas hanya lewat saja atau tidak mau ngeprint,kadang bisa ngeprint 1-2 lembar langsung ga jalan lg,kira2 rusak apanya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Solusi terbaik ganti asf roller, Satu set atas sama bawah

      Delete
  70. Assalamualaikum mas mau tanya
    Saya ada printer L3110, awalnya baik2 saja sampai saya pakai print kertas ukuran custom, tiba2 muncul peringatan salah mengumpan kertas kalau tidak salah, tapi saya salah mengartikan saya kira yg salah print headnya dan langsung saya head cleaning. Nah sejak head cleaning pertama ini makin banyak masalahnya, tiba2 tinta hitam menempel di pinggir kertas, atau di tengah cetakan ada jejak jejak tinta hitam, lalu warna magenta tidak keluar, saya sudah bawa service, balik dari service print 15 lembar lalu penyakitnya kambuh lagi, warna dan tinta meluber, kalau saya clead head lqgi, bisa bener lahi, tp sebentar, saya jd khawatir sering2 clean head malah rusah headnya. Kira2 yang salah di printernya apa ya mas? Bingung banget saya. Mohon pencerahannya

    Mb. Printernya baru 7 bulan, jarang dipakai

    ReplyDelete
  71. Assalamualaikum mas mau tanya
    Saya ada printer L3110, awalnya baik2 saja sampai saya pakai print kertas ukuran custom, tiba2 muncul peringatan salah mengumpan kertas kalau tidak salah, tapi saya salah mengartikan saya kira yg salah print headnya dan langsung saya head cleaning. Nah sejak head cleaning pertama ini makin banyak masalahnya, tiba2 tinta hitam menempel di pinggir kertas, atau di tengah cetakan ada jejak jejak tinta hitam, lalu warna magenta tidak keluar, saya sudah bawa service, balik dari service print 15 lembar lalu penyakitnya kambuh lagi, warna dan tinta meluber, kalau saya clead head lqgi, bisa bener lahi, tp sebentar, saya jd khawatir sering2 clean head malah rusah headnya. Kira2 yang salah di printernya apa ya mas? Bingung banget saya. Mohon pencerahannya

    Nb. Printernya baru 7 bulan, kondisi jarang dipakai (tidak tiap hari ngeprint)

    ReplyDelete
  72. Assalamu'alaikum wr.wb
    Buat agan" Yg mengeluh setiap pembelian mendapat kan tinta kw/palsu
    Jangan khawatir lapak saya menyediakan tinta original

    ReplyDelete
  73. Assalamu'alaikum wr. Wb
    Buat agan" Yg mengalami setiap beli online mendapatkan tinta kw/palsu.
    Jangan khawatir lapak saya menjual tinta & toner 100% original
    Buat agan" Yang berminat bisa hubungin saya 085693024169 di whatsapp

    ReplyDelete
  74. Assalamu'alaikum.
    Mas saya pakai epson 360 tinta hitamnya gak keluar, sudah head cleaning masih gak keluar, sudah reset yang hitam masih gak bisa juga, sudah bersihin pakai cairan masih beuim bisa. Cuma warna hitam aja yang gitu. Kira2 masalahnya dimana ya mas?

    Makasih ilmunya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Walaikum salam wr.wb

      Maaf baru bisa jawab. Artinya Di cartridge hitam itu udah kosong. Sebaiknya di lepas dulu kemudian isi dengan cara di sedot pake suntikan . Kalau udah. Tinggal pasang lagi terus di head cleaning. Terus nozzle check .

      Semoga membantu 😊

      Delete
  75. Mas mau nanya saya pake printer epson L220 tinta biru nya ga keluar padahal masih banyak kalo cetak warna biru malah yg keluar warna merah. Mohon penjelasanya mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba di cek di nozzle checknya dulu. Klo Biru betul2 keganti ama merah berarti ada yang salah . Klo tetap biru cukup di Power ink flushing aja

      Delete
  76. Anonymous22:38

    Selamat Malam Pak.. Printer sy L120, Saat Tombol power ditekan dan dilepas, printer lalu mati, PSU dan Mainboard sudah ganti tapi hasilnya sama. Kira² apanya yg rusak ya?

    ReplyDelete
  77. Halo om master,, mau nanya printer sy l3110 tinta hitamnya bergaris chek nozel juga bergaris,, sy SDH lakukan head cleaner juga masih sama sj. Dan sy juga coba secara manual sedot penihi tinta pada ketrik.. stlah itu hasilnya masih sama sj,, mohon bantuannya om master

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu mulut nozzle yg mampet,, solusinya Lepas cartridge kemudian masukkan cairan head cleaner langsung pada bagian Yg buntu tadi. Untuk memasukkannya bisa pake suntik bekas yg ujungnya di sambungkan dengan selang kemudian semprotkan langsung dengan perlahan..

      Kalau mampetnya karena tinta printer kembali normal.

      Delete
  78. Selamat siang, mohon pencerahan, printer epson L110 print foto file jpg, hasil print terpotong tengah. Terima kasih

    ReplyDelete
  79. Bersihkan encodernya, . Klo masih ada ganti dengan yang baru

    ReplyDelete
  80. mas mau tanya L1800 test nozzle kluar smua untuk bagian ke samping yg kaya tangga itu
    sedangkan line kebawah gak keluar untuk bagian atasnya saja khusus warna hitamnya saja jadi klo mau ngprint blok warna hitam jadi bergaris hasilnya kira2 apanya
    ohh iya di nozzle warna kuning sebagian ada warna hitam seperti tercmpur hanya tangga pertama yg tercampur hitam, makasih mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu sudah di pastikan ada celah nozzle yang mampet gan ukurannya itu sangat kecil. Kalau Mampenya katena tinta biasanya cukup di head cleaning. Kalau terlanjur kering bisa pakai head cleaner suntikkan langsung ke mulut cartridge.
      Tapi, kalau penyebabnya itu karena korosi. Atau karat. Saya rasa harus di bongkar terlebih dahulu headnya.
      Tapi saran saya Sebaiknya Pakai head cleaner aja dulu jangan langsung di bongkar.

      Delete
  81. Mas tiba-tiba epson l310 saya tidak bisa menyemprotkan tinta setelah saya betulkan rol ASF PickUp penarik kertas atasnya, mohon petunjuk trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya rasa roll penarik kertas gak berhubungan. Dengan headnya. Cek kabel head, head nya sama mother boardnya. Salah satunya pasti ada yang bermasalah

      Delete
  82. Misi gan, head printer Epson saya sudah saya clean, kalau saya serap pake tisu tintanya keluar, terus saya sedot tinta dari catridge lancar, tpi kalu di pake print hasil print nya kosong/polos, ap head nya sudah harus di ganti yh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang indikasi yg agan jelaskan termasuk kategori dalam kerusakan head. Tapi sebelum di ganti ada baiknya terlebih dahulu di check dulu bagian kabel head, dan mother boardnya.

      Delete

Malu Bertanya Sesat Dijalan, Jika Ada yang Kurang Jelas, Silahkan Meninggalkan Komentar..
Komentar Anda Akan di Moderasi terlebih dahulu dan Ditampilkan setelah Disetujui Oleh admin..