Home » » Cara Membuat Head Cleaner Super Ampuh

Cara Membuat Head Cleaner Super Ampuh

Jangan Lupa Baca

Head Cleaner adalah Cairan yang digunakan ketika Head Printer Mampet atau tersumbat. ada banyak sekali merek Head Cleaner yang tersedia dipasaran, dan harganya itu bisa kita katakan relative murah, sekitar 50 ribuan Perbotol. Singkat cerita, disini saya akan membagikan satu tips, bagaimana Caranya membuat cairan head cleaner, Mengapa? bukan karena kita pelit atau tidak mau mengeluarkan biaya sebesar 50 ribu. hanya saja, saya pernah mencoba bahkan berkali-kali menggunakan head cleaner yang dipasaran itu saat printer saya ngadat Hasil Cetakan Putus-Putus, namun tidak memberikan solusi. jadi bukan karena alasan apa, ini karena pengalaman saya pribadi.

Dan kabar baiknya adalah Head cleaner yang akan kita buat kali ini bisa saya jamin Jauh lebih ampuh untuk menghancurkan tinta-tinta yang  Mengering tersebut. Nah, saya rasa kita tidak perlu lagi panjang lebar, kita langsung saja ke inti, Untuk membuat Cairan Head Cleaner, ada beberapa bahan yang perlu anda persiapkan terlebih dahulu, Apakah itu

Membuat Head Cleaner
Contoh Pemutih Pakaian

Cairan Pemutih Pakaian, Mereknya itu Proclin, atau bisa juga menggunakan Bayclean, Tahu Kan? saya yakin ada banyak sekali yang jual di toko-toko terdekat di daerah anda. selain itu, bahan yang kedua adalah. ini dia

Head Cleaner
Air yang digunakan Harus Bersih

Air Mineral. ya untuk yang satu ini, bebas-bebas saja, terserah mau mereknya apa  mau ini kek, itu kek, yang penting bersih dan steril jauh dari kotoran.

Nah, bagaimana cara membuatnya?, sederhana sekali, campurkan saja keduanya tapi ingat sebaiknya anda menggunakan perbandingan 50-50 antara air dengan Pemutih tadi.
Jadi Deh, sekarang anda tinggal memasukkan Head Cleaner tadi Ke dalam Head Printer Anda yang Mampet. Tapi perlu saya Peringatkan Bahwa, Head Cleaner ini Khusus untuk Printer Epson saja dan saya jamin It's Works 100% berhasil mengatasi Head Yang Mampet. dan Jangan sekali-kali digunakan pada Printer Bermerek Canon alasannya karena saya sendiri juga belum mencoba, dan jika anda melanggarnya lantas ada hal-hal yang diluar kehendak anda. saya tidak akan bertanggung jawab apapun yang terjadi.

Saya rasa artikelnya cukup sekian, semoga bisa membantu....

Jangan Lupa Baca


86 komentar:

  1. Anonymous23:03

    cukup air panas aja kok terus head direndam beres deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang Bisa Sih Mas kita gunakan air Panas tapi Pernah saya coba, dan Hasilnya Tidak Terlalu Maksimal Untuk Menghancurkan Tinta-Tinta Yang Mengering, Selain itu terlalu rumit juga Menurut Saya Jika kita terapkan KE Printer Epson Karena Harus Bongkar Dulu Headnnya... Oya Makasih Banyak Masukannya Mas...

      Delete
    2. sy udh coba pke air pnas... tpi hasilnya ujungnya suka GENERAL eror terus om... mungkin kali ya klo uap nya masuk dn membuat konslet... kapok ane pke air panas.. udah sering ujung2nya gitu mulu.. mkasih artikelnya om...

      Delete
    3. Mungkin, bisa jadi mas febian.. Ia sama-sama thank juga atas kunjungannya

      Delete
  2. Anonymous00:15

    UDAH DI COBA HASIL MAKSIMAL...THANKS BRO..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sip.. sama-sama senang bisa bantu

      Delete
  3. Anonymous23:18

    untuk membuat cleaner, perbandinganya berapa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. perbandingannya cukup 50: 50.. gan kalau mampetnya terlampau parah anda bisa mennambah kadar pemutihnya itu aja..

      Delete
    2. disuntik semua. trus brp menit baru ksh head cleaning gan?

      Delete
  4. hati2 saya pernah coba rendem 2 jam, head epson malah jadi buntu, kaya hancur begitu kena bayclean. padahal sudah saya campur dengan air 50:50.

    lakukan dengan bijak. jangan direndem lebih dari 10 menit.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh jangan di rendam gan.. Cukup kita masukkan saja cairan head cleaner ter sebut ke dalam head.. Cara ini sering saya coba, dan alhasil alhamdulillah berhasil terus. Gak pernah nemu kendala..

      Delete
    2. direndam slama 2 jam yo korosi gan... pke canon jg bsa koq tp lbh hati2 aja.. dgnakan trakhir stelah cra yg lainnya gbsa

      Delete
  5. gogon17:16

    pernah coba pakai pembersih kaca? Ada yg suruh pakai Cling

    ReplyDelete
    Replies
    1. belum pernah coba gan,, :)

      Delete
    2. Anonymous16:53

      saya cling yg warna biru. nga ngefek (kurang keras kayanya, kalo mampetnya blm terlalu lama mungkin bisa). karena udah pusng akhirnya pake bayclin langsung nga campur air hihihi. hasilnya tinta keluar cuma masih putus2

      Delete
    3. wah kalo itu betul - betul ekstreme, gak berani saya haha,

      Delete
  6. Anonymous06:49

    Kok aq punya mlh gk keluar tintanya, tdinya garis2 tp stlah dibersihin mlh gk keluar tintanya, pa trlalu brsih ya bang coz aq ngasih byklin 3X,hrus diapain ni

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya semakin bersih maka semakin bagus mas, Coba mas lakukan head cleaning terlebih dahulu 2 sampai 3 kali. sebelum melakukan proses penceetakan

      Delete
  7. Bisa Juga pake:
    Aseton(pengilang cat kuku yg bening).
    Alcohol
    Tiner
    WD-45

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah belum pernah coba gan, thanks banget atas masukannya

      Delete
  8. Anonymous08:58

    memasukkan ke headnya berapa mililiter bos?

    ReplyDelete
  9. Head cleaner itu kayak apa barangnya?? saya pake T13, L110, T121. makasi.. nyimak dulu

    ReplyDelete
    Replies
    1. HEad Cleaner itu berupa cairan yang fungsinya untuk mencuci Head Printer saat mampet mas..

      Delete
  10. Anonymous15:07

    ini copas ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya jamin Bukan mas, Ini Original asli tulisan sendiri..

      Delete
  11. Anonymous23:36

    Ngerusak head ndak masbro kl kena yang lain?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berdasarkan Pengalaman Ane semenjak Pake Cara Ini..,Kalau Cuman Headnya Gak Apa-Apa Mas Brow, Untuk Yang Lain Ane gak tau, tapi setiap kali ane pake cara ini, ALhamdulillah gak pernah ada kendala

      Delete
  12. cara:
    keluarin catridge
    terus masukan pembersih (pemutih+air) yaaa??
    lalu, bagian headnya bersiin pake tissu atau?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mas, Cukup Pake Tisue Aja

      Delete
  13. apa harus di bongkar dulu head dari printernya ? apa langsung di suntikan aja ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. HEad gak perlu di bongkar gan, Langsung Suntikin aja langsung...

      Delete
  14. Widih, benaran Lho, Udah Di Coba hasilnya gak salah 100% Works Ane Pake Epson L110, awalnya sih agak ragu, Soalnya baru pertama ane lakuin yang kayak gini, Hasil Printnya kabur, Nozzle Checknya juga gak karuan, banyak yang bolong,sebelumnnya ane udah pake head cleaner, tapi hasilnya gak maksimal, Pas Ane Terapin Yang admin katakan, Hasilnya Maknyos Printer kayak Baru Kembali, sebelumnya hasil cetak fotonya sih agak buram, tapi sekarang udah tidak lagi, Makasih Banget ya Min, Keep Posting, sekali lagi makasih banyak semoga dilimpahkan rejekinya.. amin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Senang bisa membantu gan, makasih juga atas doanya..

      Delete
  15. berapa cc mas biasaya kita gunakan untuk membersihkan head yang buntu

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenarnya tergantung dari tingkat ke mampetan dari masing-masing printer, Untuk tingkaan Low sebaiknya 5cc saja untuk masing-masing warna

      Delete
  16. Gan maksud agan cairan pemutih pakaian sm air mineral itu diacampur terus disuntikan langsung ke dalam catridge nya gitu ya gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mas, cairan pemutihnya kita campur dengan air mineral dulu baru kita masukkan ke dalam head printer..

      Delete
  17. Mas... Printer saya EPSON T1100 yang warna hitam bergaris bagaimana cara memasukkan bayclean ke Head yg dimaksud? oh ya saya pakai tinta pigmen

    ReplyDelete
    Replies
    1. caranya Kita Lepas Dulu Cartridge dari Carriage Mas,, Kalau sudah terlepas, selanjutnya Kita Masukkah Cairan Head Cleaner seperti yang di jelaskan di atas.. sedikit tambahan, Semakin Tinggi kadar Pemutih dalam Campuran, Maka semakin Keras Cairan tersebut. Jadi Lakukan Sebijaknya saja..

      Delete
  18. Udah Dicoba, Langsung Berhasil Min. Makasih banyak Infonya semoga Amal Ibadahnya Di terima Di Sisinya... sekali lagi makasih Min

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-Sama Senang Membantu

      Delete
  19. gan low pkek epson 1390 stylus foto bisa gak pkek cara clenaer tersebut

    ReplyDelete
  20. Gan sy pke epson L110 tgl tancep j y?trus nanti pembuangan nya gmn gan scara itu kan air tkt kna komponen.solusi nya gan gmn tuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak perlu khawatir terhadap Pembuangannya, karena pada umumnya printer memang sudah di lengkapi dengan penampungan tinta, biasanya ada pada bagian belakang printer. Saran dari ane, mending setiap selesai kita reset waste inknya, pada saat itu juga lakukan pembersihan pada Penampungannya. tapi kalau tidak mau repot-repot lagi agan juga bisa buatkan pembuangan eksternal pada Printer agan..

      Delete
  21. cara gimana gan,cairan pembersih nya ditaruh dimana ditempat inpus nya apa harus dibongkar lagi catridge na gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. HEad Cleanernya gak kita masukkan ke dalam infus, di masukkan ke dalam cartridge, tapi cara ini khusus untuk printer Epson, gak berlaku untuk printer canon

      Delete
  22. Anonymous16:18

    mas,, itu disuntikan kedalam catrid nya kah??? matur suwun,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. kita masukkan ke headnya

      Delete
  23. Anonymous10:50

    mau nanya mas, bedanya cartridge epson dengan cartridge canon, apakah cartridge canon lebih sensitif kalau kita pakai cara yang mas terapkan diatas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sensitif atau tidaknya ane blum bisa simpulkan,soalnya ane blum pernah nyoba di cartridge canon, kalau di epson, udah sering dan selalu berhasil jadi ane gak berani recomendedkan cara ini di canon pada orang-orang

      Delete
  24. untuk printer dengan tinta art paper bisa mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selama Printernya Pakai Epson, cara ini berlaku

      Delete
  25. Mas. printer saya saat noxle catrit warna hitam dilap pake tisu keluar tintanya mas. tapi saat ngeprint warna hitam nya sama sekali ga keluar mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin Pakai Printer canon Ya? kalau pakai cartridge Fine Canon itu gak suport cara ini. COba pakai Head cleaner aja.. Kalau masih gak ngaruh Silahkan coba Berkunjung Ke Link INi

      http://printerarea.blogspot.com/2016/01/mengatasi-cartridge-canon-tidak-mengeluarkan-tinta.html

      Semoga bisa membantu :)

      Delete
  26. mau ane coba gan mudah-mudahan berhasil nih.. tks ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan Di coba mas, Good Luck

      Delete
  27. mas kalo printer epson r230 head nya bergaris, bukan mampet, bisa gak ya dibersihkan dengan cairan ini, kira2 beresiko gak? catridge mah masih normal. thanks, wait to reply :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya rasa, sah-sah saja.

      Delete
  28. Zank09:32

    diskusinya bagus nih

    ReplyDelete
  29. Gan mau nanya, kalau cairan dah masuk ke catridge trus ngeluarinnya gimana? Apa keluar sendiri?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masukin cairannya Bukan di Cartridge, tapi langsung di Head, Trus cairan gak perlu dikeluarin, nanti bakal Keluar sendiri saat di head Cleaning..

      Delete
  30. Gan kalo di mulut cartridge (nozzle) tinta keluar pas dilap tisu tapi pas dicetal tidak keluar, itu msh bisa dibenerin ga ya. Thx u sorry out of topic

    ReplyDelete
  31. mau tanya mas berapa lama dibiarkan printer sehabis disuntikan cairan itu ???

    ReplyDelete
  32. mas kenapa hasil print masih bergaris,pdahal sdah pkai cara yg diatas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebelum di pakai mencetak usahakan untuk di head Cleaning dlu Mas atau di Power Ink Flushing,

      Delete
  33. Setelah disuntikan cairan itu didiamkan berapa lama bang? Apa langsung bisa digunakan?

    ReplyDelete
  34. terimakasih dah share ilmunya.....
    saya coba di epson T60 saya light magenta sama magenta ga keluar di check nozel....
    tp menerapkan ilmu yag di share asama dmin berhasil 100%.
    sekali lagi makasih sharenya...
    sebelumnya saya coba pake pembersih head beli 100Ml 30k tp ga berhasil.
    coba pake trik pembersih beli cuman 500perak yg saset tercengang...berhasil 100%
    skr bisa prin gambar photo lagi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Syukur jika artikel ini bisa memberikan manfaat mas Yoki,, thanks juga atas Kunjungannya..

      Delete
  35. Mas, klo untuk epson L100/L200 gimana cara masukin cleanernya..?
    Kebetulan hasil cetakan putus2, sdh beberp di cleaning ttp putus2.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk L200 series setau saya, caranya gak jauh berbeda dengan Epson L Series yang lainnya mas, yang sedikit membedakan adalah cara bongkar casingnya, Untuk masukin Cleaner Harus kita lepas dulu cartridge , Kalau mau lebih Jelas Mas bisa berkunjung ke link Ini :

      - Mengatasi Printer Epson L series Tidak Mengeluarkan Tinta -

      Semoga Bisa membantu

      Delete
    2. Trims mas, advice-nya,.
      Nanti saya coba praktekkan

      Delete
  36. lw alcohol dicampur pemutih gmna gan ? solx ane dah cba pembersih kaca ma alcohol, hasilx nihil... kondisi head sy yg kuning sma skali ga' kluar.

    ReplyDelete
  37. di suntik atau di rendem gan ?

    ReplyDelete
  38. saya punya epson L850 baru. saya langsung isi dengan pigmen ink yg saya beli dari Surabaya. Kata penjual tintanya, kualitas tintanya bagus, tidak mudah membuat head printer clog. Saya coba cetak foto sampai 20 lembar bagus, menginjak lembar ke 21 ada warna yang mulai hilang. Saya coba menu head cleaning beberapa kali, belum berhasil. coba flushing 3kali belum berhasil. Telpon Service center seharian tidak diangkat. Akhirnya setelah baca artikel ini saya nekat lepas stiker garansi. beli pemutih. buat larutan Byclean : air ( 50:50). saya coba suntikkan ke salah satu head yg warnanya clog. kemudian di head cleaning lagi 2kali. Ternyata 100% work..
    Terima kasih... Artikel ini sangat membantu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks Juga atas KOmentarnya , Syukur Jika artikel ini bisa memberi manfaat..

      Delete
  39. Mau nanya bang, catridge pada tinta epson saya kok ga bisa disedot yah? Kyak mampet gara gara isi tinta autopr*nt saya pake epson l110, terus hasil cetaknya bergaris zero makasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan besar tintanya kekentalan mas aldi, Di sarankan sebaiknya ganti dengan merek yang lain, Good Luck

      Delete
  40. Replies
    1. Aduh baru dpt ini postingan nya agan, head ku keburu rusak krn sy otak atik gak bisa bisa masih buntu, dan harus ganti head baru dan harganya cukup mahal 2.200.000, nanti tak coba postingan nya agan low buntu lg head ku, makasi gan postingan nya.

      Delete
  41. Gk usah takut pake cara ini,, sy sdh lebih dari 4thn pake printer epson l100.dan setiap x head mampet parah sy selalu lakukan cara ini, dan printer sy kembali seperti baru,cara ini sudah berulang sy lakukan dan dan berhasil semua..setiap hari sy pake untuk ngeprint ratusan lembar sampe body printer sy bentuknya udah gk karuan lg kayk kapal pecah, tapi headnya msh mencetak dengan sempurna..
    Sedikit tips...jangan pernah gunakan alkohol untuk membersihkan head..pengalaman sy sendiri prnah menggunakan alkohol pd epson 1390 dan r230 hasilnya head GAME OVER..headnya kekeringan dan tidak bisa lg di clean cr apapun..sy kehilangn duit 4jt gara2 si alkohol ini..he..he..gara2 sy sendiri sih asal masukin cairan aja..ok deh cairan pemutih +air mineral nice work

    ReplyDelete
  42. boleh nih..di coba...

    ReplyDelete
  43. mantapppp.... thanx gan.....

    ReplyDelete

Malu Bertanya Sesat Dijalan, Jika Ada yang Kurang Jelas, Silahkan Meninggalkan Komentar..
Komentar Anda Akan di Moderasi terlebih dahulu dan Ditampilkan setelah Disetujui Oleh admin..