Home » » Mengatasi Komputer Sering Restart Sendiri

Mengatasi Komputer Sering Restart Sendiri

Komputer yang sering restart sendiri bisa kita katakan saah satu permasalahan yang peling sering kita temui, tentunya dengan kondisi demikian, bisa kita katakan cukup menyebakan, pasalnya, coba anda bayangkan komputer sedang kita gunakan, malah tiba-tiba mati dengan sendirinya, apalagi jika kita sedang melakukan pengerjaan lantas belum kita save, tentunya pekerjaan tersebut harus kita mulai dari awal lagi.

Akan tetapi anda tidak perlu khawatir karena pada kesempatan kali ini, kita akan coba untuk fokus bagaimana cara mengatasi atau menanggulangi komputer dengan kondisi yang demikian. jadi jika anda sedang mengalami masalah seperti ini, semoga dengan adanya tips sederhana ini bisa memberikan sedikit manfaat.

Jadi, dalam kasus seperti ini, berdasarkan  pengalaman admin sendiri ada beberapa point terkait mengenai Komputer yang sering Restart sendiri antara lain adalah :


Processor
Penyebab yang paling utama adalah Processor, Hal ini di sebabkan karena kita tahu bahwa Processor bisa kita katakan Otak dari sebuah komputer, jika point pertama ini memang bermasalah itu artinya komputer anda dalam tidak keadaan normal. Umumnya masalah yang terjadi disebabkan karena Processor kelebihan beban dalam ini Kepanasan, atau biasa kita kenal dengan istilah Over Heat. Untuk mengetahui apakah Komputer dalam ke adaan Over Heat atau tidak bisa kita ketahui dengan cara :

  • Silahkan anda lakukan pengecekan TEmperatur komputer dengan melalui Menu pada Hardware yakni pada BIOS
  • anda juga bisa melakukan pengecekan dengan bantuan Program Monitoring, Contohnya saja CPUID Hardware.
  • selain itu bisa juga kita lakukan dengan cara Membuka cassing lalu mengecek dengan cara meraba bagian besi pendingin (Coler Processor)
  • Lakukan pembersihan secara berkala atau Rutin anda bisa menggunakan kuas yang kering dan bersih,. hilangkan semua debu-debu yang menempel,
  • angkat dan bersihkan Proccessor dari motherboard, check Thermal paste untuk menghindari yang tidak kita inginkan sebaiknya diganti dengan yang baru .
  • SEbaiknya saat anda menempatkan komputer anda jangan taruh pada ruangan yang bersuhu panas hal tersebut bisa mendongkrak dengan cepat suhu komputer anda. dan kalau memungkinkan anda bisa menambah kipas pada komputer anda untuk menetralisir suhu agar tetap stabil, tidak berlebihan

Power Supply Kekurangan Daya
Penyebab lain yang menyebabkan komputer sering restar sendiri adalah komputer anda kekurangan daya,yang mana mampu mengakibatkan performa mesin komputer anda menjadi down sehingga kadang menjadi Hang dan Mati dengan sendirinya, biasanya dsebabkan karena Kipas pada Power supply itu sendiri jadi macet atau bahkan sampai mati, sehingga mengakibatkan over heat pada power supply.

untuk mengetahui kondisinya sangatlah mudah, ketika kita hendak menyalakan power komputer biasanya akan terdengar suara kipas yang menyala, lakukan pemeriksaan dengan cara menyentuh langsung, jika anda merasakan suhu yang panas secara signifikan berarti indikasi tersebut bisa kita curigai. Untuk menghindari hal yang tidak kita ingninkan sebaiknya kita ganti Power Supply tersebut dengan yang baru dengan ukuran daya 530 watt (Menurut Spek saat Ini).

Jangan Lupa Baca :

Cara Mengatasi Layar biru Pada Komputer/Laptop
Cara Beli Komputer Bekas
Hardisk Bermasalah
Penyebab yang selanjutnya adalah adanya masalah yang muncul pada Hardisk, Umumnya yang menyebabkan Komputer sering mati sendiri adalah adanya Bad Sector pada part tersebut, dan untuk mengetahui apakah hardisk terindikasi masalah demikian, biasanya selalu muncul tampilan berwarna biru ketika Komputer hendak kita nyalakan dan merestart terus menerus,
 Nah untuk mengatasi Hardisk seperti ini pernah kita bahas pada Thread sebelumnya disini Cara Mengatasi Hardisk Yang Rusak atau Bad Sector, kita tidak membahas secara gamblang disini karena cukup memakan waktu jadi silahkan anda baca saja artikel tersebut.
Yang penting disini adalah lakukanlah perawatan pada hardisk anda, dengan melakukan perawatan, maka kemungkinan besar anda akan terhindar dari Problem Komputer seperti ini.


VGA Rusak
Rusaknya Vga Juga bisa menyebabkan Komputer sering restart dengan sendirinya, tak jauh berbeda dengan Processor, Kerusakan pada VGA juga di sebabkan karena Overheat Kipas mulai melambat atau bahkan bisa sampai mati sehingga suhu VGA secara significan jadi memanas, Biasanya jika kerusakan ini sudah parah, umumnya gambar atau tampilan pada layar jadi tidak normal seperti biasanya, untuk mengatasinya harus kita lakukan pembersihan secara rutin.


Kerusakan Pada Ram


Ram atau random acces memory merupakan salah satu komponen pada komputer yang paling penting untuk memaksimakan kinerja komputer anda, Kondisi ram yang tidak wajar juga merupakan indikasi kenapa Komputer sering mati-mati dengan sendirinya, jika komputer sudah mulai terasa lambat, maka lakukanlah pengecekan pada part yang satu ini, Perawatan dengan cara membersihkan secara berkala mampu membuat umur atau usia ram jadi lebih panjang.

Proses pembersihan bisa kita lakukan sekali dalam 2 Minggu, Bersihkan dengan menggunakan cairan Pembersih, atau bisa juga dengan menggunakan Minyak kayu Putih, kemudian gosok  sampai sisa-sisa karat yang menempel pada Kuningan hilang dan jadi lebih bersih.

Untuk mengatasi Komputer yang sering restart dengan sendirinya sebenarnya tidaklah terlalu rumit seperti yang telah di uraikan di atas, Untuk itu jika ada yang kurang dipahami anda bisa meninggalkan pertanyaan melalui kotak komentar yang telah di sediakan di bawah, atau langsung saja ke halaman kontak kami, sebisa mungkin akan kami bantu.. Untuk itu sekian untuk tips kali ini akhir kata semoga bermanfaat....

Thanks for reading & sharing Pusat Tutorial

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Malu Bertanya Sesat Dijalan, Jika Ada yang Kurang Jelas, Silahkan Meninggalkan Komentar..
Komentar Anda Akan di Moderasi terlebih dahulu dan Ditampilkan setelah Disetujui Oleh admin..