Featured Post

Cara Mengatasi Cartridge tidak Terdeteksi Not Recognized Pada Printer Canon

 Salam Sejahtera untuk para pembaca setia blog ini, Seperti Biasanya Kali ini kita Coba Berusaha untuk mengatasi salah satu masalah error ya...

Home » » Cara Mengisi Tinta Epson L Series Yang Benar

Cara Mengisi Tinta Epson L Series Yang Benar

Posted by Pusat Tutorial on Jumat

Salam Sobat Epsoner, tentunya jika kita berbicara tentang printer, ada banyak sekali sudut yang bisa kita kupas secara mendalam, baik itu dari segi penggunaannya, TIps-tips yang wajib untuk ketahui, sampai bagaimana mengatasi ketika printer bermasalah.. Nah  seperti yang anda lihat pada judul diatas, kali ini kita coba untuk membahas lebih dalam ya, mengenai bagaimana caranya mengisi tinta Printer yang baik dan benar.. Mungkin terkesan sederhana dan kelihatan sangat mudah,, sebenarnya sih memang seperti itu, tapi mungkin hanyaa sebagian kecil dari anda yang mampu menerapkan tahap-tahap tersebut dengan benar, pasalnya, pernah juga saya temui, seorang klien yang konon katanya, setelah beliau merefill printernya/ Isi ulang, hasil cetaknya jadi putus-putus.  sebenarnya sih terdengar aneh, Karena hasil cetak yang putus-putus itu tidak ada sangkut pautnya dengan pengisian tinta, Kecuali memang jika anda telat melakukan pengisian, lantas printer masih beroperasi, kalau seperti itu kemungkinan besar itu bisa saja terjadi.

selain itu perlu juga anda perhatikan disini,, saya tekankan kepada seluruh pembaca, usahakan saat anda melakukan pengisian, sebaiknya jangan biarkan tabung penampungan sampai kosong sebelum proses pengisian, minimal sisakan tinta setinggi 1 Cm. MEngapa? kan kita bisa isi lagi? Memang benar seperti itu, tapi mungkin anda tidak sadar bahwa, ketika tabung penampungan tinta tersebut kosong, itu bisa memberikan rongga udara pada selang, yang mana jika udara tersebut masuk ke dalam cartrdige, itu bisa menyebabkan turunnya tekanan tinta di dalamnya.. jadinya seperti apa? jawabannya seperti yang di urai di atas tadi, hasil cetak bisa jadi putus-putus.

selain itu, jika hal tersebut terlalu sering terjadi. maka berangsur-angsur sisa tinta yang ada di dalam cartridge, lama kelamaan tinta yang ada di dalam akan berkurang dan habis karena selang selalu terisi dengan pasokan udara, bukan tinta dan begitu seterusnya. mungkin jika sekali ataupun dua kali itu tidak apa, jadi harap perhatikan, jika ingin printer anda jauh lebih awet dan tahan lebih lama. Baiklah saya rasa sampai disini anda sudah cukup paham mengapa proses pengisian juga memiliki pengaruh terhadap Kondisi printer kedepannya.

Dibawah ini saya coba urai lebih lengkap beserta gambarnya, mengenai Cara Isi Ulang Tinta Epson L Series Yang Benar. sebagai contoh saja yang saya gunakan adalah printer Epson L110. jadi saya rasa itu tidak ada masalah, yang terpenting disini adalah bagaimana tahap tersebut bisa anda terapkan dengan benar. Nah bagaimana caranya??


Tentunya sebagai langkah awal Untuk melakukan Proses Pengisian yang paling penting disini adalah, PErsiapkan terlebih dahulu tinta yang ingin anda Pakai. Dibawah ini Saya menggunakan Tinta Epson Black. Jadi gunakan yang Tinta Yang Original, seperti di bawah ini..

Jangan Lupa Baca

Epson L110 Tidak Bisa Menarik Kertas
Cara Membersihkan Waste Ink Pad Epson L110

Mengisi Printer Epson


Selanjutnya Silahkan anda Keluarkan Tinta Dari Box

Mengisi Printer Epson

Mengisi Printer Epson







Nah, Disini yang perlu anda perhatikan adalah, Jangan lupa untuk Memutar Pengait yang ada Di bagian Bawah Depan Tabung.. Perhatikan Gambar di Bawah, Gunanya itu. agar Ketika kita Membalik atau Merubah Posisi tabung, Goncangan tinta yang ada di dalam, tidak mempengaruhi Tinta yang ada di dalam Cartridge. Jadi Putar Locking tadi Sampai mengarah Kebawah.  Jangan sampai lupa..



Setelah itu, Silahkan Baringkan Tabung Penampungan tinta printer anda. Kemudian Silahkan anda isi bagian Mana yang perlu anda isi dengan tinta tadi. Perhatika Petunjuk warna yang ada.  Karena yang saya Praktekkan Disini adalah Menggunakan Tinta Hitam (Black Ink). jadi yang diisi itu yang bagian Paling Kanan (BK)





Kalau sudah, Kembalikan Ke Posisi Penampungan tinta tadi seperti Semula, jangan sampai lupa pula, untuk mengembalikan Posisi Locking yang anda putar tadi seperti sedia kala agar tinta bisa saling berhubungan..

Nah sampai disini. Proses Pengisian telah anda lakukan dengan benar, Selanjutnya Silahkan anda Nyalakan Printer anda.. Nah Disini biasanya Printer Menjadi Blink. Jadi jangan Khawatir. Printer anda Baik-Baik saja, yang perlu anda lakukan adalah Mereset Printer anda Dengan Cara  Manual seperti Pada Gambar Printer di bawah ini.. Mengenai Reset Manual, Kalau Mau lebih lengkap uraiannya anda bisa lihat disini karena terlalu panjang kalau saya bahas lagi..


Setelah tahap Resetting selesai,, Biasanya Printer secara otomatis melakukan Head Cleaning. jadi silahkan anda tunggu saja..


Selesai.. anda telah berhasil menerapkan tahap-tahap Diatas dengan benar, mulai dari Proses Pengisian, sampai Proses Resetting sekarang anda bisa menggunakan Printer anda lagi, dan selamat beraktifitas. Semoga Tulisan sederhana Ini bermanfaat, akhir kata Salam Epsoner...

Jangan Lupa Baca


Image By Google and Youtube.com


Related Posts

64 komentar:

  1. makasih tutorialnya sangat lengkap.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak Syukur Kalo Artikel ini bisa membantu..

      Hapus
    2. mas numpang nanya kalau printer epson L565 enggak ngeprint selalu minta disi tinta, padahal tinta sudah penuh gimana ngatasinya mas

      Hapus
  2. saya sudah isi tinta black di epson L350 saya, tapi gak bisa ngeprint, n muncul peringatan kalau ada masalah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba Mbak Dea Ke Link Ini

      http://printerarea.blogspot.com/2014/01/cara-reset-ink-waste-is-full-epson-L110-L300-L350-L355.html

      Kemungkinan besar printer mbak butuh reset, semoga membantu

      Hapus
  3. Balasan
    1. sipp. mas sama-sama , Senang Bisa Membantu

      Hapus
  4. Alhamdulillah artikel ni bisa membantu saya bsa tw cara mengisi tinta di epzon

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sip Sama-Sama, Alhamdulillah kalau Bisa Membantu,

      Hapus
  5. kalau untuk printer epson T60 gimana ya mas...
    saya punya priter epson t60, hasil cetaknya kabur, warnanya hilang-hilang,,,bergaris-garis..
    padahal blum lama diganti head nya...
    mohon solusinya...trims..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Solusi Pertama, Coba Mas Ganti Dulu Merk Tintanya, Trus Coba HEad Cleaning Sampai 2 kali, Kalau masih Gak ngaruh, Coba mas Buka semua cartridgenya, lalu lihat, perhatikan, kemungkinan besar di dalam cartridge terlalu banyak rongga udara, lakukan penyedotan secara manual, dengan suntik bekas, sedot sampai seluruh rongga semakin mengecil.

      Semoga Membantu :)

      Hapus
  6. Wipp12:46

    Admin mau tanya, saya punya Printer L350.
    Kapan saat terbaik ngisi ulang tinta ya??
    apakah tunggu sampai ada peringatan dimonitor atau saat diprinter ada kedap kedip merah. terimah kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak usah berpatokan dari situ mas, kondisi tinta yang ada di tabung tidak bepengaruh pada peringatan status monitor, cukup perhatikan saja kuantity tinta yang ada pada tabung, kalau udah menipis sebaiknya langsung isi mas. Semoga Membantu :)

      Hapus
  7. udh ngisi tinta, tp lampun tintanya nyala terus, nggk berkedip, udh d tekan 3-10 detik dan di hidup ulang masih nyala, itu bgmn solusinya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba agan cek dulu status monitor yang ada pada komputer agan, kemungkinan besar printer agan dalam status LOW INK, Coba Cek dulu, Jika agan menemukan error INK RUN OUT, Itu artinya printer agan butuh Reset,, Caranya agan bisa tahu lebih jelas melalui link di bawah..

      http://printerarea.blogspot.com/2013/12/cara-reset-ink-run-out-epson-l110.-L300-L350-L355.html


      Semoga membantu :)

      Hapus
  8. halo bang numpang tnya kalau saya isi pake tinta bukan asli apa bisa merusak printer? saya pake bluprint karna perbedaan harganya lumayan signifikan ,sebagai mahasiswa terasa bedanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya Kurang Berani Mengatakan Bahwa itu bisa merusak atau tidak, namun jujur saja, saya juga menggunakan Printer L series dan pakai Tinta non Original, dan alhasil kurang lebih 3 tahun, saya juga belum pernah menemukan kendala apa-apa , baik itu dari segi kinerja printer dan sebagainya, dan bahkan sampai sekarang saya masih menggunakan tinta yang biasa aja non Ori :) , Namun kekurangannya, kualitas pencetakannya itu jadi menurun..

      Hapus
  9. bang mau tnya tinta hitam sya mau habis. klw warna lain msh banyak. setelah sya isi tinta hitam(tinta dari epson) nahh muncul permasalahn.. dsna tertulis it is nearly time to reset the ink levels. padahal udah sya pencet tombol resetnya. tp msh aza lampu indikator tintax kelap kelip. epson l300.. mohon bantuannya bang. trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau mas menemukan peringatan seperti itu, itu artinya Printer dalam status Siaga reset, artinya belum waktunya di reset, jadi gak usah khawatir, memang seperti itu, silahkan pakai saja terus printernya, ini cuman sekedar peringatan saja kalau Printer mendeteksi Kuantity tinta sudah di bawah 2 %, jadi silahkan pakai terus, Nah nanti kalau Printer udah mendeteksi kuantity tinta di 0%, maka saat itulah printer baru bisa kita reset. Nah caranya agan bisa berkunjung ke link ini :

      http://printerarea.blogspot.co.id/2013/12/cara-reset-ink-run-out-epson-l110.-L300-L350-L355.html.

      Semoga membantu :)

      Hapus
  10. Anonim02:35

    Mau tanya gan,,,kalo L210 abis isi tinta,tp tanda orange masih nyala dan tidak bisa dipakai print,,harus gmna gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba cara ini gan

      http://printerarea.blogspot.com/2015/01/cara-reset-manual-epson-l210.html

      Semoga membantu :)

      Hapus
  11. Mas Web Admin. mohon maaf saya baru aja beli epson L800 dan belum di gunakan, bagaimana kalo sebelum digunakan langsung saya isi tinta non ori?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau pengalaman dari ane sendiri sih, gak apa-apa karena ane juga pake tinta non ori di printer ane semenjak printer baru ane beli, dan sejauh ini printer udah berumur di atas 2 tahunan, tidak ada indikasi kerusakan yang terjadi pada Head.

      Hapus
  12. Anonim17:37

    Mau nanya donk, kalo semua tinta bs print, tapi cuman hitam aja gak bs, tidak ada yang nyala menandakan tinta abis, bagaimana tahunya tinta uda abis apa ngak,, karena tidak dibilank tinta abis, cuman printnya putus2, kalo yang warna normal, saya liat masih setengah tintanya(dari botolnya). apakah penyebabnya ya admin?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebenarnya printer tidak bisa mengindikasi tinta kosong atau tidak secara signifikan, jadi untuk mengetahuinya kita cek di tabungnya, kalau kosong harus kita isi ulang lagi, trus terkait masalah yang mas @anonymous alami, bisa jadi kemungkinan besar di dalam cartridgenya terdapat banyak rongga udara bahkan bisa kosong, solusinya coba mas lepas cartridgenya kemudian lakukan penyedotan secara manual, sejauh ini cara tersebut berhasil, selama yang jadi masalah itu ada pada tintanya bukan pada Headnya, Kalau head yang bermasalah harus kita lakukan tahap pembersihan Head, bisa kita pakai Head Cleaner. semoga membantu mas :)

      Hapus
    2. Anonim14:00

      Thnks penjelaasannya. saya bawa ke tempat printer,sekalian diperiksa. Sekalian diisiin tinta, orangnya gak pake puter2 locking wkt ngisinya :)

      Hapus
    3. Anonim14:02

      o ya.. kalo pake tinta non ori itu, yang merek apa ya?

      Hapus
  13. Gan mau nanya, kira kira mengggunakan tinta ori epson tp di dus nya sudah expired, itu berpengaruh gak ke printer jika tinta tetap digunakan?
    Terima kasih n mohon infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebenarnya ane kurang tahu juga terkait hal tersebut, cuman setau ane kalau tinta udah expired biasanya udah agak menggumpal gitu, jadi sekedar saran mending gak usah di pakai.

      Semoga membatu

      Hapus
  14. aku mau nanya. aku isi tinta tp lupa ga di lock pas udh selese ngisi msh kedip kedip terus. udh d head cleaning juga udh di matiin juga tp msh kedip kedip di printernya pemberitahuan bahwa low ink padahal udh terisi penuh itu mengatasinya gmn ya? mksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau Printer Ngeblink (Kedip-Kedip) Tapi masih Bisa Mencetak Artinya Printer mbak dalam status Siaga Reset atau Printer Mendeteksi Tinta Low, tapi Kalau Ngeblink lantas Gak Bisa Mencetak dan Muncul Peringatan Low Ink artinya Printer Udah Siap Untuk Di Reset. caranya Mbak Bisa Baca disini

      http://printerarea.blogspot.com/2013/12/cara-reset-ink-run-out-epson-l110.-L300-L350-L355.html

      Disitu Udah Lengkap Penjelasannya Semoga Membantu

      Hapus
  15. Mat pagi mas, saya baru install epson l310, sudah isi tinta sesuai petunjuk, tapi kenapa ya kok pengisian tinta tidak berjalan, mohon bantuannya mas

    BalasHapus
  16. kalo pake tinta selain epson bisa ngga yaa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau Selain original bisa, tapi yang suport dengan merek epson, selian itu ane gak berani recomend ke mbak..

      Hapus
  17. Misi mas... mau tanya printer saya epson L310 baru print total pages sekitar 140an, tp tinta hitam diclean berkalikali masih putus2 di hasil clean, trus kalo print blok hitam walau pake high tetep ada bergaris. Mohon solusi terima kasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau udah Di Clean sebanyak 2 kali,, trus gak memberikan solusi, mending di stopin aja mas karena cuman buang-buang tinta aja,, Solusi terbaik adalah coba lakukan Penyedotan manual Untuk lengkapnya silahkan anda lihat di link Ini

      mengatasi Tinta tidak keluar Pada Printer Epson L Series

      semoga bisa membantu

      Hapus
  18. mas saya sudah lakukan itu yg diatas tp tetep aja gak bisa bang, tinta hitam nya yg habis udh saya isi trus melakukan apa yg dimksud artikel ini
    trus saya coba print wrna nya gak ada dihasil print nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya Jika tinta di dalam tabung Kosong, Trus Kita lakukan pengisian kadang memang seperti itu mbak, hal ini disebabkan karena Suplay Tinta Tidak ada yang masuk ke dalam carriage, disarankan sebaiknya lakukan pengisian sebelum tinta dalam tabung betul-betul kosong,. Untuk solusi yang molanda alami, sebagai langkah awal sebaiknya coba Lakukan Power Ink Flushing,, Masuk ke menu setting lalu maintenancece, Pilih Power Ink Flushing.. semoga bisa membantu

      Hapus
    2. makasih ya min,aku juga punya masalah kaya mbak di atas,keasikan print skripsi eh tiba-tiba tinta hitamnya habis.tp udah ditangani kok atas bantuan admin....

      Hapus
  19. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  20. permisi kang admin mau nanya, saya pake epson l1800, kalo print warna kuning jadi nya warna hijau, padahal tinta kuning nya masih ada sekitar 2cm ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. maksudnya tinta bercampur atau bagaimana?. untuk masalah pengisian tinta sebaiknya lakukan pengisian sebelum tinta habis.

      Hapus
  21. Min,printer saya epson l210. Pas ngeprint warna yg dihasilkan jdi tidak ada. Misal sya bri warna abu. Tapi ketika di kertas warna nya menjadi semu merah dan bergaris. Cek tinta di tabung juga masih di tengah. Blm di bawah. Trus sya harus gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. UNtuk mengetahui lebih jelas, sebaiknya Mbak silvia lakukan Pengecekan Pada Nozzle Check, disana bisa kita lihat warna yang mana yang tidak maksimal saat proses pencetakan, UNtuk solusinya, jika memang tak ada yang bermasalah pada Bagian Head, bisa kta selesaikan dengan cara Head Cleaning, Lakukan 2 kali. Kemudian Check Nozzle lagi, kalau belum ada perubahan Coba lakukan deep Cleaning. Semoga berhasil.

      Hapus
  22. Min, saya baru beli printer Epson L120, pas proses charging ini nya gak sengaja kecabut tuh kabel. Nah pas saya nyalain lagi lampu di 2 tombol kedip2 terus. Dan diliat printer blm ready,
    Itu gmana ya min ngatasinya?

    BalasHapus
  23. Lalu kapan kita melakukan isi ulang tinta? Apa saat ad pemberitahuan kl tinta akan habis? Atau kita ngelihat di tabung tinta kalau tinggal dikit lgsg isi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. harus kita ambil patokan pada kuantity tabung mbak

      Hapus
  24. bos kalo ganti tinta epson l dari ori ke biasa apakah bisa satu satu atau langsung 4 nya..tx

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk menjaga kualitas sebaiknya ganti ke 4nya

      Hapus
  25. mau tanya...
    printer saya epson l210, pas ngsis tinta dan dan mau masukan nomor seri, kolom pengsisian koq tidak muncul...
    mohon pencerahannya

    BalasHapus
  26. saya sudah selesai isi tinta printer yg epson L 365 Tapi kenapa ya tetep ada garis-garis gitu.trus klu prin gambar jd wrnnya kurang baik mlh lbh ke wrn pink semua.mohon infonya donk mks.

    BalasHapus
  27. Printer epson saya sudah diisi tinta udah head cleaning 2 kali tapi tetap tidak mau nge print di status monitor nya, gimana ya Mas?

    BalasHapus
  28. Anonim22:54

    Mas mw tanya, sya kan hbis isi ulang tinta epson series L120 gk lama hbis itu saya pake ko hasil prinnnya putus2 gitu mas..
    Tpi saat gnti tintx gk saya reset. Mohon penjelsannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. reset gak ada kaitannya dengan hasil cetak putus-putus atau bergaris, jadi gak perlu kita reset, cukup lakukan head cleaning setelah proses pengisian tinta. minimal 2 kali, atau bisa langsung kita lakukan power ink flushing, pada menu setting printer..

      Hapus
  29. Terimakasih yaa...sangat membantu...tutorialnya...

    BalasHapus
  30. bagaimana jika mau isi tinta epson L350, tp tinta kadaluarsa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebaiknya jangan di pakai gan, pasalnya sepengetahuan ane tinta yang kadaluarsa terkadang ada yang mengental atau menggumpal dan berpotensi bisa menutup lobang nozzle head printer

      Hapus
  31. mas, sy barusan isi ulang tinta di L210 tpi tetap muncul peringatan itu bagaimana ya? lalu printernya juga jdi bunyi2 terus

    BalasHapus
  32. mas mau tanya printer saya L1800
    saya mau isi tinta
    misal tipe tinta di printer di L1800 M673
    kebetulan saya punya tinta baru beli dengan tipe T673
    yang saya tanyakan apa bisa tipe T673 tersebut masuk ke printer saya mas
    mohon penjelasannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berdasarkan pengalaman pribadi selama tipe printernya sama dalam hal ini sesama L series sejauh ini saya rasa cocok.

      Hapus

Malu Bertanya Sesat Dijalan, Jika Ada yang Kurang Jelas, Silahkan Meninggalkan Komentar..
Komentar Anda Akan di Moderasi terlebih dahulu dan Ditampilkan setelah Disetujui Oleh admin..