Featured Post

Cara Mengatasi Cartridge tidak Terdeteksi Not Recognized Pada Printer Canon

 Salam Sejahtera untuk para pembaca setia blog ini, Seperti Biasanya Kali ini kita Coba Berusaha untuk mengatasi salah satu masalah error ya...

Home » » Memahami Error Pada Printer Epson Dan Solusinya

Memahami Error Pada Printer Epson Dan Solusinya

Posted by Pusat Tutorial on Kamis

Salam Epsoner, Kita tahu bahwa Epson adalah salah satu Merk printer yang cukup banyak digunakan di indonesia, Kualitas cetak yang sudah tidak di ragukan lagi menjadi alasan utama, mengapa konsumen banyak yang beralih untuk memilih menggunakan printer Epson ketimbang menggunakan merek yang lainnya. Namun disisi lain meskipun pihak epson sendiri sudah berusaha memberi kenyamanan bagi penggunanya, dan  dari fakta yang saya temukan ternyata masih banyak keluhan-keluhan, ada yang mengatakan Epson itu sering Mampet lah, ada yang inilah ada yang itulah, Pokoknya ada banyak sekali.

tentunya hal itu tidak bisa kita anggap seblah mata saja, tergantung dari pengalaman masing-masing pengguna. tapi, perlu juga saya luruskan, bahwa di balik itu semua, ternyata dari yang saya lihat, masih banyak di antara pengguna yang belum memahami setiap masalah yang ada pada Printer, Khususnya lagi ketika kita menemukan Error, nah dari itulah, melalui tulisan ini, saya coba tuangkan berdasarkan pengalaman pribadi selama mendalami dunia Service.

Sebagian besar yang menjadi masalah terbesar kita ketika menggunakan printer adalah Error, dan itu tidak bisa kita pungkiri karena seperti yang saya katakan tadi di atas bahwa apapun printer anda, pasti anda akan menemukan kendala error, yang menjadi masalah disini adalah apakah anda mengerti apa maksud dari error tersebut? nah olehnya itu ditulisan ini, saya akan mencoba menjelaskan dan mengarahkan agar anda  nantinya tidak akan di bingungkan lagi jika anda menemukan kondisi printer seperti ini.

Jika kita lihat judul di atas, sudah sangat jelas bahwa disini kita akan membahas secara rinci tentang Memahami Error pada printer Epson, jadi perlu anda ketahui bahwa secara Umum yang paling sering kita temui ada 4 macam error ketika kita menggunakan Printer bermerek Epson. Nah Error Apakah Itu??

  1. Ink Run Out Error
  2. End Of Services Life atau Ink Absorber Is Full
  3. General Error
Ke 3 jenis error inilah yang paling banyak atau kerap kali muncul, dan yang paling ironis lagi ternyata banyak di antara pengguna yang salah menanggapi atau salah kaprah terhadap ketiga error tersebut, jadi kita bahas satu persatu biar lebih jelas.

Jangan Lupa Baca :

  1. Ink Run Out Error
    Yang pertama adalah Ink run Out Error,  saya sangat yakin anda pasti pernah menemukan error ini, apapun printer epson yang anda gunakan, maka pasti error ini akan anda temukan, apalagi jika anda menggunakan epson L series, itu saya katakan error yang lumrah, nah Error ini juga banyak mengundang kesalah pahaman, mengapa? perlu saya jelaskan dulu, Jika Anda menemukan error Ink Run Out, itu tandanya bahwa printer tidak bisa mendeteksi tinta di dalam Cartridge, fakta itu bisa kita lihat melalui tampilan pada Monitor anda, jika error ini muncul umumnya anda akan melihat sebuah gambar peringatan

    Sebenarnya perlu saya perjelas, bahwa Apa yang anda lihat itu tidak sesuai dengan fakta, Lho!!! Kok Bisa, kalau tidak percaya, coba saja anda cek dan lihat, apakah ada tinta di dalam cartridge atau tidak, ada Bukan??, jadi singkatnya bahwa, pada intinya Printer itu tidak mendeteksi Banyak atau sedikitnya tinta yang ada di dalam cartridge berdasarkan kuantity tinta yang ada.

    Artinya, walaupun cartridge penuh tinta, jika sudah waktunya, maka error itu pun pasti akan muncul, Nah pertanyaannya adalah, kapan Error ini muncul? Perlu anda ketahui bahwa Printer itu sudah di program dari pabrikannya dan bekerja berdasarkan Hitungan, atau besaran pencetakan yang telah di lakukannya selama ini, jadi setiap pencetakan akan tersimpan dan di sesuaikan dengan berapa jumlah tinta yang harus di keluarkan dalam hal ini adalah terpakai, nah berdasarkan hal inilah, printer, membuat hitungan sendiri berapa kuantity tinta yang tersisa. dan hal itulah yang ditampilkan pada Monitor Komputer anda.

    Lantas Bagaimana Mengatasi Error ini? Error ini bisa kita atasi dengan Mengambil langkah yang biasa kita kenal dengan istilah Mereset nya, tapi harus anda pahami juga, bahwa mereset itu ada dua macam, ada yang menggunakan Tool Resetter dan ada yang menggunakan cara yang manual, atau Menekan Serangkaian Tombol-Tombol Pada Printer. dan Penerapannya itu juga berbeda, jadi harus di ketahui juga, kapan kita menggunakan Tool resetter dan kapan Pula kita harus Menggunakan Cara yang manual.

    Terkait dengan Error ini, Jika suatu saat nanti, anda menemukan Error seperti ini, anda hanya cukup Meresetnya secara manual, Namun Karena Disini yang kita bahas secara Umum maka saya tidak bisa menjelaskannya satu persatu, karena setiap printer itu memiliki Tahap-Tahap mereset yang berbeda-beda tergantung apa Tipe Printer yang anda gunakan. Sebagai Contoh saja Biar Lebih Jelas, Anda bisa Lihat Disini

    Jadi Sampai disini, Saya rasa Sudah Cukup Jelas Kita masuk Ke jenis Error yang Lainnya.
  2. End Of Services Life atau Ink Absorber Is Full
    Error yang ke 2 adalah End Of Services Life atau Ink Absorber Is Full, nah kalau yang ini lain lagi, berbeda dengan yang telah dijelaskan sebelumnya di atas, Umumnya setiap printer itu mempunyai sebuah wadah atau tempat penampungan pembuangan tinta, yang terbuat dari semacam Spon Berdaya resap tinggi,Di tempat tersebut lah seluruh tinta yang terbuang akan di tampung. dan umumnya tinta yang terbuang ke tempat penampungan tersebut di dominasi akibat Head Cleaning

    Dan tentunya, lambat laun penampungan tersebut mau tidak mau akan dipenuhi oleh tinta, Nah, jika kita pahami dengan sekilas saja, Ink Absorber Is Full, Jika Kita Artikan Ke Indonesia, kurang lebih artinya Penyerap Tinta Telah Penuh, Masalah yang satu ini juga banyak yang kurang memahaminya, banyak yang beranggapan bahwa saat Error ini muncul, yang menjadi penyebab utama, adalah tempat penampungan tinta tersebut Sudah PEnuh, dan untuk mengatasinya, Kita hanya Mengganti Penampungan itu dengan yang baru, Jika hanya sampai disitu pemahaman anda, Itu artinya anda belum paham Betul tentang Munculnya Error Di atas,

    Mengapa Dikatakan Demikian? Coba anda Fikirkan Baik-Baik, anda kan tahu sendiri bahwa sekarang ini sudah tidak asing lagi jika kita menggunakan Eksternal Waste Ink, atau Pemasangan Pembuangan Tinta yang letaknya di luar body printer, Nah itu artinya maka secara tidak langsung, Pembuangan Pada Bagian dalam Printer tidak akan pernah Penuh lagi, Lantas Mengapa Error Ini Masih Kerap Kali Muncul? Seperti yang telah dijelaskan tadi di atas, Hal ini juga tidak jauh berbeda dengan apa yang telah di jelaskan tadi di atas, bahwa Printer Tidak MEndeteksi, Penuh atau tidaknya Waste Ink secara langsung, Melainkan Berdasarkan Hitungan Pencetakan, Yang Mana Printer memang  sudah di program untuk mengukur seberapa Besar tinta yang terbuang dengan Daya tampung Pada Waste Ink Tersebut.

    Olehnya itu, jangan salah kaprah lagi, bahwa dengan mengganti Waste Inknya saja, maka anda bisa menuntaskan masalah ini, Lalu bagaimana Solusinya? jawabannya adalah dengan cara Mereset Printer dengan Bantuan Tool Resetter,  Tool inilah yang nantinya akan anda gunakan ketika anda dihadapkan dengan masalah seperti yang di jelaskan disini.

    Sekilas mengenai resetter, Resetter juga memiliki versi yang berbeda-beda tergantung dengan apa jenis printer Epson yang anda gunakan, jadi jika anda menemukan permasalahan printer seperti ini, saya harap anda tidak akan bingung lagi,. Disini tidak dijelaskan secara mendetil langkah-langkah untuk mereset printer, jadi silahkan anda cari tahu sendiri, langkah-langkahnya sesuai dengan apa tipe printer yang anda gunakan, Sebagai Contoh Anda bisa Lihat Disini 
  3. General Error
    Yang terakhir adalah General Error, Error ini juga kadang kita temukan ketika kita menggunakan Printer Bermerek Epson, Namun Meskipun Error ini termasuk Jenis Error yang jarang di temui, Berdasarkan Pengalaman, bisa kita katakan inilah jenis error yang paling berat untuk menanganinya, Mengapa Saya katakan Demikian? baiklah saya perjelas lagi.

    Jika anda menemukan Printer Error seperti ini, artinya ada yang bermasalah dengan Printer anda, baik itu kerusakan pada mother board, Sensor dan sebagainya, Ada banyak kemungkinan penyebab jika error seperti ini sudah muncul,  jadi anda jangan heran kalau anda menemukan Sebuah Printer yang sama, Error nya juga sama, tapi Solusi untuk mengatasinya itu berbeda dengan printer yang satunya.

    Ada banyak kasus kerusakan pada Printer Epson, yang saya temui dengan error seperti ini, tapi solusinya itu berbeda, Sebaiknya Jika anda menemukan General Error, disarankan untuk langsung saja ke Tempat Service Printer Terdekat.
Okelah, Saya rasa Ke 3 jenis Error Di atas sudah anda pahami betul, jadi jika anda termasuk pengguna Printer Epson, saya harap dengan adanya tulisan sederhana ini, bisa memberikan sedikit manfaat, olehnya itu, kalau ada yang kurang di pahami, Anda bisa meninggalkan pertanyaan melalui kotak komentar yang telah di siapkan di bawah ini. kami akan berusaha menjawab semampu kami..

Related Posts

71 komentar:

  1. Artikelnya Padat dan mencerahkan, Makasih Atas Infonya gan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama, senang bisa membantu

      Hapus
    2. Kak, mau tanya. Bagaimna cara mengatasi printer kalau dia error krn kertas. Tapi saya sudah periksa kalau tdk ada lagi kertas yang tersangkut. Tapi dia tetap eror dan tersendak

      Hapus
  2. Anonim15:08

    Untuk general error apa pasti kerusakan pada head printer, karena saya bawa ke servisan keduanya menyatkan sama.
    Padahal terakhir dipakai untuk ngeprint hasilnya oke, tapi tiba-tiba muncul peringatan General Error dengan lampu merah yang menyala terus. Ada solusi lain ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa jadi juga mas, HEad juga bisa jadi penybab general Error, kalau mau lebih jelas lagi, mas bisa cek koneksi antara Head dnggan Printer dengan menggunakan Tool resetter, disitu kita bisa lihat Head IDnya, kalau head masih ke detect artinya bukan head yang bermasalah

      Hapus
  3. bagaimana cara mengatasi printer epson yg meminta TURN THE POWER OFF AND ON AGAIN pada seri L55... mohon bantuan solusinya...

    BalasHapus
  4. Thanks Sharingnya sangat membantu

    BalasHapus
  5. mas bagaimana solusi mengatasi hasil cetak printer epson L100 hanya berupa garis-garis warna-warni saja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. pertama-tama coba di nozzle cek mas, kemudian perhatikan tinta yang mana yang tidaknerluarin tinta dengan baik, kalau udah ketahuan, lepaskan cartridge dari tinta tersebut, lakukan peyedotan manual, sedot sampai udara yang ada di dalam cartridge terkuras habis, kalau mau lebih jelas silahkan ke link ini

      mengatasi tinta tidak keluar pada Printer Epson

      Semoga membantu..

      Hapus
  6. Tinta printer L200 tidak keluar,padahal tinta masih ada.

    BalasHapus
  7. sangat bermanfaat gan....

    BalasHapus
  8. Mas mau tanya, printer L120 menyala normal, tapi tidak bisa di buat ngeprin, udah cek kabel, indikator tidak bermasalah, di reset tidak bisa, (pemberitahuan keterangan pada printer error nya di coneksinya tidak tersambung, tapi kabelya ngak bermasalah, bahkan kalok usb di tancepin ke komputer berbunyi masuk), di mana letak permasalahanya he he?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba di reset menggunakan tool resetter mbak..

      Hapus
    2. Trus bagaimana cara mendapatkan tool resetter nya mas ??

      Hapus
  9. Hallo min printerarea, printer epson L200 saya power nyala, tapi gak fungsi/ gak ada tanda gerak sama sekali, baik terhubung/ tidak terhubung ke PC. Kenapa ya min?. Makasih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba diganti kabel usbnya

      Hapus
    2. maaf min mau tanya ini printr sya gx bisa ngeprint ,kenapa ya?? mksih

      Hapus
    3. Coba diganti printernya hehe

      Hapus
  10. mas printer saya epson wf 7511 ketika itu sya kuras catrid dan head nya rencana mau ganti tinta pakai art paper..stelah di kuras lalu di pasang lagi dan biasa jalan namun hasilnya garis garis karna pengen hasil bagus saya head cleaning berkali kali namun tiba tiba error dgn tulisan di layarnya
    "printer error. turn power off and then on again.for detail,see your documentation"
    nah dari saat itu udh gak bisa di pake lagi saya coba beli head baru setah di pasang tetep aja masih error mohon bantuan nya mas watsapp ke nmr ini 085890208969 saya tunggu nanti adalah sesuatu asal printer saya bisa jalan lagi

    BalasHapus
  11. Epson L210 lampu orange nya kedip2 kanan kiri, gimana solusinya min?

    BalasHapus
    Balasan
    1. usahakan di cek dulu jenis error Di status Monitornya gan.

      Hapus
  12. Gan printer L360, masalahnya print banyak keluar selembar terus lampu kertasnya berkedip...
    begitu seterusnya, mohon pencerahannya...

    BalasHapus
  13. Gan mau tanya. Kalo epson l565 tiba tiba mati ketika standby trus kadang mau di idupin kadang gak mau apanya y? Apakah mainboardnya udah error apa gimana..????

    BalasHapus
  14. Kalau ada bunyi cit nya. Apa kerusakannya yah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau ada bunyi seperti itu, printer kayak menjerit, artinya ada benda asing yang mengganjal pergerakan head carriage, atau part yang lainnya.. Beberapa kali saya alami hal semacam itu, ada solusi sederhana caranya coba angkat printer bagian sisi sebwlah saja, sampai miring kemudian di goyang2 tapi jangan terlalu eras nanti tintanya tumpah :D. Klo benda tersebut tdk terlalu besar akan lepas sendirinya. Lalu coba nyalakan printer.. Klo masih tdk ada perubahan tidak ada jalan lain harus kita bongkar untuk mengetahui penyebabnya lebih lanjut

      Hapus
  15. minta solusi printer l360 saya hanya menyediakan ertas A4 dan letter saja, Saya mau print ukuran legal gimana caranya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Prnter Epson l360 Bisa mencetak berbagai macam ukuran, termasuk Ukuran yang legal, Masuk ke setting, Paper size. Untuk legal bisa kita scrol ke bawah ukurannya 8.5" 14".

      Selain itu ukuran kertas bisa juga kita setting sesuka hari melalui Costum Size

      Hapus
  16. Mas bagaimana kalo printer epson l3110 saya lampu nya berkedip semua??

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada beragam jenis error gan, sebelumnya harus kita tahu dulu jenis error tersebut karena setiap error memiliki solusi yang berbeda, caranya masuk ke printer status liat monitor peringatanny sepert apa,

      Hapus
    2. Anonim17:59

      kesalahan pemindai. untuk rinciannya, baca dokumentasi. 100077. . . printer epson l5190. . itu bagaimana solusinya???

      Hapus
  17. Mas saya pake printer epson T1100, detec eror tuh A H : motor drive eror. Bisa kita benerin sendiri atau harus ke tukang servis?? Trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebenarnya sih bisa mas acunk apalagi kalau mas punya sedikit skill , tapi kalau agak ragu membongkarnya sebaiknya ke tukang service aja mas.

      Hapus
  18. Mas ini aku mau tanya tolong abang2 di bantu,aku punya epson L565 aku pakeprint foto mgkin karna kertas nya sdh pendek kertas fotonya tapi masih saya pake akhirnya nyangkut dan setelah saya keluarkan kertas nya manual malah muncul tulisan "kesalahan printer OxEA MOHON SULUSINYA

    BalasHapus
  19. Kalau printer L360 tidak bisa cetak/print banyak, haris bagaimana ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak bisa print karena apa gan, karena error atau bagaimana? bisa di perjelas dulu ?

      Hapus
  20. Tanya gan.. ..
    Saat print pake l310..yg muncul bukan tulisan tp semacem simbol simbol gak jelas dan g beraturan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya kurang paham atas pertanyaannya gan, karena printer kalau nemu error pasti ada notifikasi terkait masalah yang muncul

      Hapus
  21. Printer L3110 baru 2 bln,skarang kalau mau fotokopi lambat sekali, 3 lembar fc saja nunggunya lama, knp y ka?

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu bukan printernya yang bermasalah mbak, terkadang yang tidak kita perhatikan adalah berkas yang di jadikan copyan biasanya memiliki dpi tinggi contohnya yang berupa gambar akan lebih lama dibanding copyan yang hanya teks saja

      Hapus
  22. Saya baru pakai printer epson l565, tadinya kupakai untuk cetak foto, ngeprin data, dan fotokopi nggak masalah, trus berhenti sekitar 30 menit, prin kuhidupkan lagi untuk fotokopi baru 2 lembar lampu power mati dengan sendirinya, yang hidup malah lampu yang ada kacanya yang untuk meletakan lembaran untuk difotokopi disebelah kiri, dan saya baru pakai 3 hari dari buka bungkus, kira2 penyebabnya apa, kami minta solusinya. Sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih

    BalasHapus
  23. Status printernya fatal eror, itu maksudnya bgmn ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk fatal error jarang saya temui, namun memang ada, sepengetahuan saya fatal error bisa saja di sebabkan adanya kerusakan pada bagian board printer, tapi sebelum mengindikas penyebabnya adalah mother board lakukan pengecekan dulu pada bagian sensor, atau bisa juga roll yang tertahan hingga tidak berputar saat printer di hidupkan, penyebabnya bisa saja ada benda asing yang mengganjal, atau ada part yang patah atau rusak hingga mempengaruh pergerakan roll tadi

      Hapus
  24. epson l360 blink, lalu direset, stlh perintah OFF reboot ttep blink, status: Fatal Error. mohon pencerahan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Printernya direstart dulu gan setelah tahap reset dilakukan

      Hapus
  25. Lampu orent bergetak kiri kanan bgm solusinya mas, prit epson L300???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saran saya diperjelas dulu errornya apa cek dulu pada status monitornya dulu mas, lihat printer status disitu tertera errornya apa kemudian kami beri solusi

      Hapus
  26. klo tulisannya Fatal error code 000041, gimana tuh?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalu fatal error berarti ada masalh pada part nya gan, Saran ane cek pada bagian motherboard

      Hapus
  27. Anonim09:48

    mau tanya boleh mas?

    BalasHapus
  28. Printer saya epson L3110 jadi gini saya mau print eh malah macet tepatnya dibagian pencetakan nah saya tarik dh tu kertas dan cuman ke print setengahnya doank karena macet gamau print pas saya coba matiin tombol powernya gamau mati alhasil saya cabut deh kabelnya baru mati pas saya nyalain lagi dan mau coba print ulang eh malah gabisa ngeprint sama sekali lampu notifikasinya yg lambang tetesan air sama kertas nyala dua2nya kira2 itu kenapa ya mas?

    BalasHapus
  29. SAYA ADA SEDIKIT KENDALA DI PRINTER CANON L 1110 GAN, KALAU BUAT NGEPRINT SELURUH HALAMAN ( MISALNYA SELURUHNYA ADA 30 HALAMAN), MAKA YANG KELUAR HANYA 3 HALAMAN TERAKHIR, MHN BANTUANNYA, TKS

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saat mencetak pastikan pada kolom page kosong. Atau Print To All.
      Untuk kasus ngeprint dari belakang kemungkinan besar bagian settingannya ke centang mas @kardiman. Yang bagian "Print From Last Page"

      Hapus
    2. Kak,kok printer epson sya cuma bisa print paling banyak 3 lembar aja ya,gk bsa skaligus gtu..
      Apa emg itu udh stelan dri sna nya

      Hapus
  30. Pak saya mau tanya kenapa ya printer sy epson L3150 , ada lampu indikator warna merah susah bner balik normal ke kertas A4

    BalasHapus
  31. Mas maaf nih printer epson saya tidak bisa print dokumen word excel tapi pdf bisa itu juga dengan pengaturan antrian cetaknya harus manual bagaimna solusinya

    BalasHapus
  32. Kak,kok printer epson sya cuma bsa print paling bnyak 3 lembar aja,gk bsa langsung skaligus gtu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada kesalahan pada system komputernya mas, gak ada printer yang membatasi jumlah print, semua bebas selama gak ada masalah pada printermya.

      Disarankan coba reinstal dulu drivernya mas.

      Hapus
  33. Gan mohon bantuannya....printer epson L455 saya ga bisa nyala/hidup,,mati total gan.....gimana solusinya ganπŸ™πŸ™πŸ™

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada tutorialnya bang andhy silahkan ke link berikut

      JSolusi Printer Mati Total

      Semoga Bermanfaat

      Hapus
  34. Siang mas..
    Printer say Epson L3110, lampu indikator tinta dan kertas hidup bersamaan, trs muncul kode error' 034004. Saya sudah cek semua, tp ga da benda apapun di dalam..gmn solusinya ya mas..

    BalasHapus
  35. Liat notifikasi peringatannya apa gan jangan bergantung ke blinknya. Coba di cek dulu nanti kami bantu

    BalasHapus
  36. mas..printer epson m200 tidak bisa ngeprint..kasusnya kluar inpo printer eror..see your dukumentation ..

    BalasHapus
  37. Bro kalau Epson L3110.. error' code 031006..itu apanya yg rusak..cara mengatasinya gmna.. dia;nya z Uda bongkar penarik kertas.smpai gear2nya jg. Tp TDK ada benda2 asing

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak perlu di bongkar sampai girnya gan, kalau gak bisa narik kertas cukup gant roller bawahnya.

      Hapus
  38. Printwr epson sy L360 saat ini lg macet, dimana rumah catridge nya hanya bergerak sedikit sedikit Dan pelan, apa kira2 yg rusak

    BalasHapus
  39. Mau nanya gan :Kesalahan pemindai. untuk rinciannya, baca dokumentasi. 100077. . . printer epson l5190. . Itu solusinya apa ya gan?

    BalasHapus
  40. gan mau nanya printer epson l120 tidak melakukan spooling saat dihidupkan tetapi daya dan tombol peringatan berkedip ketika disambungkan kelaptop muncul peringatan communication error
    gimana kah memperbaikinya gan?

    BalasHapus
  41. Printer saya L1800, saya pasangi riecat facum lalu muncul masalah. Cartridge sering berbunyi keras seperti kanda. Mohon solusinya masa...

    BalasHapus

Malu Bertanya Sesat Dijalan, Jika Ada yang Kurang Jelas, Silahkan Meninggalkan Komentar..
Komentar Anda Akan di Moderasi terlebih dahulu dan Ditampilkan setelah Disetujui Oleh admin..