Home » » Mengganti Tinta Epson Seri L dengan Tinta Biasa

Mengganti Tinta Epson Seri L dengan Tinta Biasa

Jangan Lupa Baca

Salah satu kelebihan Menggunakan Printer Seri L adalah sudah dilengkapinya dengan faasilitas infus dari pabrikannya. yang menjadi kelemahan disini adalah kita diwajib kan untuk menggunakan tinta printer asli sebenarnya itu bukan suatu kendala, namun yang menjadi pertanyaan adalah apakah kita bisa menggunakan tinta non Original ?. jawabannya adalah Bisa..


saya berani mengatakan demikian karena  saat ini saya juga menggunakan Epson Seri L tepatnya  Epson L 210 dan menggunakan tinta yang biasa saja alias non Original dan sejauh ini saya perhatikan tidak ada dampak buruk terhadap kinerja Printer saat melakukan proses cetak Mencetaknya. hanya saja kualitas pencetakaannya tidak setinggi kualitaas jika menggunakan Original Ink. Jadi kesimpulannya adalah Penggunaan Tinta asli pada Printer Epson L Series hanya mengacu pada Kualitas hasil Pencetakan saja.


Nah Singkat Cerita, Untuk menggantinya langkah-langkah nya sangatlah mudah,

  • Pertama-tama Silahkan anda Kuras terlebih dahulu semua tinta yang ada di dalam tabung printer anda, Untuk Mengurasnya, anda bisa menggunakan Suntik bekas. Sedot semua isi di dalam tabung hingga bersih.

  • Ambil Tinta Non Ori, (Mereknya Bebas) Isi seluruh tabung tinta sesuai dengan warna masing-masing..

  • Lakukan Head Cleaning atau power ink Flushing, Gunanya agar sisa-sisa tinta yang sebelumnya bisa terganti dengan tinta yang telah anda isi tadi. Dan Kalau memungkinkan anda bisa Melepas dulu cartridge kemudian melakukan Penyedotan secara manual Dengan menggunakan Suntikann Bekas, agar seluruh tinta yang ada di cartridge bisa terganti secara keseluruhan

  • Selesai, Printer siap melakukan Pencetakan
Saya rasa itu sudah cukup jelas jika ada yang kurang anda mengerti anda bisa bertanya melalui kotak komentar yang telah si sediakan di bawah


Jangan Lupa Baca


39 komentar:

  1. apakah itu tidak pengaruh pada Cartridgenya (rusak)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sejauh ini berdasarkan pengalaman pribadisih, tidak ngerusak mbak.. Cuman Pengaruhnya itu hanya pada kualitas cetaknya saja.. kualitas cetak jadi menurun berbeda jika kita menggunakan tinta ori

      Delete
    2. Anonymous07:32

      sy mempunyai 3 unit L series, dr baru beli smuanya menggunakan tinta non ori merk *pr*nt (hrg jauh lbh murah) alhamdulillah tdk ada kendala & printer msh ttp ok.. :)

      Delete
  2. Sy baru saja beli Epson L800 yang sudah ada paket tinta orinya. mengingat mahalnya agar tinta ori epson dan setelah tinta bawaan habis saya bermaksud menggantinya dengan tinta pigment.
    1. Bagaimana cara menggantinya, apakah tinta orinya harus dikuras habis dan
    bagaimana cara mengurasnya.
    2. Apakah seri L800 kompatibel dengan tinta Pigmen seperti halnya yg sdh saya
    gunakan di Epson R230.
    Mohon pencerahannya, terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Berdasarkan Pengalaman Pribadi, Untuk Mengganti tinta ori dengan tinta biasa, kita cukup menguras seluruh tinta yang ada di tabung saja, yang dicartrdige itu tidak perlu, Untuk mengurasnya anda bisa menyedot tinta dengan menggunakan, Suntikan Bekas, kalau sudah bersih silahkan anda isi dengan tinta biasa yang sudah anda beli sesuai dengan warna masing masing..

      2. Untuk Masalah yang satu itu, belum berani saya simpulkan mas, bisa atau tidaknya pasalnya sejauh ini saya belum pernah mengganti Jenis tinta dengan menggunakan tinta Pigment pada Epson L Series.. Yang saya gunakan disini hanya tinta yang biasa saja..

      Delete
  3. Oooh Bisa Diganti Ya Gan? baru tahu, selama ini saya Pake yang ori, yang dari Epson Itu,, agak Mahal sih, Tapi apa gak Ngaruh Tuh ama Headnya? Mampet atau Apalah kalau kita ganti sama tinta yang Biasa aja?.

    ReplyDelete
    Replies
    1. selama ini gak apa-apa mas, malahan semenjak Printer Lepas dari Packing ane langsung Pake yang biasa aja, dan gak pernah nemuin kendala pada Headnya..

      Delete
  4. Anonymous12:15

    gan mau nanya kalo tinta epson seri L diganti dengan tinta pigmen apakah aman atau enggak di printhea nya
    Ane pake epson l360

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa kok Gan, Ane Juga pernah Pake Tinta pigment Di L 210 ane, tapi cuman beberpa kali, dan semenjak pake gak pernah ada kendala, Malahan sebenarnya Tinta Pigment itu Lebih bagus lagi Justru bisa menghindari Head Mampet, karena bahan dasarnya terbuat dari Oil jadi, bisa meminimalisir berkaratnya NOzzle Head..

      Delete
  5. Kalau di campur gmn gan ?
    masalahnya mau nguras sisa orinya nanti takut kehabisan yg di cartidge na , pencerahanya kang ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak usah takut gan, kuras aja yang ada di tabung, kalau bercampur juga gak apa-apa cukup di head cleaning sebanyak 2 kali printer sudah siap pakai lagi, ane juga sering pake cara ini. dan alhamdulillah gak pernah nemu kendala sama sekali. jadi coba aja

      Delete
  6. kalau epson l800 kira2 bisa gak ya bos?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa gan,cara di atas berlaku untuk semua epson L Series..

      Delete
  7. Apakah boleh menambahkan tinta ori dengan tinta non ori langsung kedalam tabung tinta?

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh-boleh aja mas, tapi ada baiknya kalau kita kuras dulu tinta orinya, biar gak ngaruh terhadap hasil cetakan. dan kalau memungkinkan kuras juga Tinta yang ada di dalam cartridgenya

      Delete
  8. Mau nanya gan kalau printer epson l210 di isi tintanya epson L800 original bisa gk?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setahu Saya bisa mas, karena tinta ori L series itu bersifat General, artinya cocok untuk semua tipe Printer L Series

      Delete
  9. MAU NANYA BANG ,,GINI SAYA PUNYA EPSON L800 SAYA GANTI TINTA BIASA KENDALA NYA PAS DEP KLINING MNTAK ID ,,,GMNA TU

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh, Itu mau di reset Pakai WIC REsetter Gan, Di jamin 100% Work

      Delete
  10. Gan, saya baru beli printer epson L310, rencananya tinta ori gak saya pakek, langsung saya ganti pakek pigment, apa bisa gan??

    ReplyDelete
  11. mas printer saya L120 klo ngereset pake apa ya? saya dah download reseternya tp kok gk bisa ya? malah ada tulisan err.. tolong pencerahannya.. trims.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang klo L120 gak bisa di reset mas, Resetternya emang gak work, Solusinya harus diganti Counternya

      Delete
  12. yang cocok untuk printer L110 apa ya, yang non ori gan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau menurut ane sih, ada beberapa merek yang bisa kita pake, tapi kalau ane pribadi lebih sering pake yang merek Blue Print,,

      Delete
  13. gan ane pake epson l120 beli blm ada sebulan.rencana mau tak ganti tinta pigmen/sublime,apakah tidak apa2?terus cara gantinya gimana?mohon pencerahannya

    ReplyDelete
  14. Gan kalo tinggal dikit lgsg dicampur g usah di keras dulu gmn gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya rasa gak masalah kita campur dan gak ngaruh ke fisik printer, cuman masalahnya di hasil pencetakannya doang, jadi kalau mau lebih maksimal sih mending kita kuras dulu..

      Delete
  15. Anonymous19:58

    gan mo tanya.. klo epson L1800 bagusnya pake apa ya.. kan 6 warna.. bisa ga pake blue print yang 4 warna trus ditambah yang lm lc

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya rasa bisa gan, asal mereknya di samain, karena sepengetahuan ane tiap merek tinta memiliki karakter berbeda, baik dari segi kekentalan, kualitas warna dan sebagainya, cuman bedanya kalau pake yang asli dari vendor epson, kualitas dari hasil pencetakan lebih unggul..

      Delete
  16. Gan saya pakai printer epson L220 tintanya masih pakai yg ori, tinta hitamnya mau habis sedangkan tinta yg warna masih banyak, rencananya saya mau isi tinta hitamnya aja dengan tinta pigmen dan yg tinta warna masih tetap pake ori, gimana Gan nanti hasil cetakannya bermasalah nggak,,? mohon pencerahannya terima kasih,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau untuk warna hitamnya sih menurut ane pribadi gak masalah, dan gak akan besar pengaruhnya ke hasil pencetakan nantinya, tapi kalau kalau tinta yang warnanya (Cyan,Yellow,Magenta) disarankan untuk mengganti secara meneluruh,

      Delete
  17. Min mau tanya kalau pakai tinta non original, bagaimana dengan kode nya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk masalah Id Tinta, Kita bisa atasi dengan menggunakan wic reset tool sesuai dengan seri printer yang kita gunakan. biar lebih jelas contohnya silahkan lihat disini - Cara reset repson L series Tanpa Id Tinta -

      Delete
  18. min misal tinta ori epson belom habis tinggal sedikit semua terus di tambahin dengan tinta blueprint bisa gak ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa saja kok mas, dan tidak merusak printer, tapi di sarankan sebaiknya kuras habis mas budi, kemudian kita ganti dengan tinta printer yang non ori

      Delete
  19. Mas mau nanya printer l210 saya kok sering error ya pada saat mau ngeprint ada tulisan error gtu dilayar..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Errornya kyk gimana ya mas? di perjellas dulu nanti kita bantu

      Delete

Malu Bertanya Sesat Dijalan, Jika Ada yang Kurang Jelas, Silahkan Meninggalkan Komentar..
Komentar Anda Akan di Moderasi terlebih dahulu dan Ditampilkan setelah Disetujui Oleh admin..