Home » » Kumpulan Kode error Printer Canon MP 258 Dan Solusinya

Kumpulan Kode error Printer Canon MP 258 Dan Solusinya

Ada berbagai macam masalah yang bisa saja kita temukan ketika kita menggunakan Printer Bermerek Canon. SEbagaimana yang telah kita tahu sebelumnya setiap masalah yang muncul pada printer akan menampilkan sebuah isyarat berupa kode, kode tersebut mengindikasikan problem telah terjadi pada printer andaMacam-Macam Printer, Jenis - jenis Printer ,canon printer ,printer laser, printer sablon, gambar printer, fungsi printer, printer terbaik,harga printer, tinta printer,head printer,canon printer,canon printer,printer murah,harga printer, printer canon, gambar printer,sharing printer. printer canon,driver printer canon ip2770,harga printer,canon ip 2770,daftar harga printer,driver canon,printer laser,harga printer epson
hususnya pada printer canon Mp258, disini telah kami rangkum berbagai macam Kode Error serta solusi yang harus kita ambil ketika error tersebut muncul. nah apa saja kah itu

Jangan Lupa Baca :



JEnis error bisa kita bagi dan disebabkan oleh beberapa kategori diantaranya adalah
  • KEtidak tepatan saat kita menggunakan printer,sebagai contoh kasus pada printer Canon mp258 kita menggunakan kertas dengan rangkap 3, dengan menggunakansystem rangkap seperti itu maka besar kemungkinan terjadinya error paper jam, selain itu juga menggunakan kertas yang sudah tidak layak pakai bisa menyebabkan paperjam, Misalnya kusut dan sebagainya.
  • Anda Kurang merawat printer anda tak perlu terlalu jauh mengambil contoh, misalnya saja masalah kebersihan, debu dan sebagainya lama kelamaan dengan semakin banyaknya debu maka akan beresiko mengotori sensor serta beberapa part penting yang lainnya, olehnya itu untuk menghindari resiko tersebut sebaiknya anda perhatikan kebersihan printer anda.
  • Usia Printer, Printer yang masih baru jika kita bandingkan dengan Printer yang sudah berumr tua sudah sangat jelas memiliki performa yang berbeda, Printer tua lebih rentang terkena error karena memang komponen-komponen pada printer sudah mulai aus dan rusak
  • Penggunaan yang sudah di batas maksimal, maksudnya ada error yang memang kerapkali muncul ketika mencapai ambang atau batas maksimalnya misalnya Waste Ink pad error dan harus kita lakukan reset ulang agar printer bisa kita operasikan sebagaimana mestinya.
  • Penyebab lainnya adalah printer sangat jarang kita gunakan,Printer tipe ini akan lebih berpotensi terkena beberapa masalah berbeda dengan printer yang aktiv melakukan proses pencetakan,contohnya saja mempatnya head sangat kecil kita temui pada printer yang aktiv 
SEperti yang telah dijelaskan tadi di atas bahwa setiap kerusakan yang muncul pada printer pasti akan menunjukkan kode error, dan setiap masalah memiliki error yang berbeda beda dengan merek dan tipe printer yang anda gunakan.

Untuk itu kita langsung saja apa sajakah Kode error yang muncul ketika kita menggunakan PRinter Canon MP 258 ?



Berikut adala Kode Error Pada Printer Canon Mp 258 serta Solusinya 

Dalam Error yang terjadi pada printer tesebut terdiri dari 2 jenis Kode diantaranya adalah :
  • Kode Error yang diawali dengan Huruf P Contohnya Kode P07
  • Yang Kedua adalah Kode Error yang diawali dengan Huruf E, Contohnya Kodee05
Berikut Kode Error yang di awali dengan Huruf P
Error P02 
Umumnya Kode error ini terjadi disebabkan karena adanya gangguan pada carriage,adanya gangguan pada Proses masuknya kertas ke dalamprinter, bisa juga terjadi disebabkan karenakotornya Encoder yang di sebabkan karena grease atau kotor karena tinta. untuk itu berikut cara mengatasinya atau perbaikannya :

Cara Mengatasi :
  • Lihat dan perhatikan dengan seksama utamanya pada bagian daerah masuknya kertas. pastikan kalaupada bagian tersebut tidak ada benda- benda asing atau kertas yang menyangkut atau keselip, kalau memang ada pastikan anda telah membersihkannya 
  • Error seperti ini juga disebabkan karena cartridge printer anda sedang terganggu, bisa saja di sebabkan karena ada sesuaatu yang mengganjal, akibatnya saat cartridge ingin bergerak kepinggir jadi terhalang oleh benda asing tersebut, biasanya hal seperti ini di sebabkan karena adanya sobekan kertas yang terselip.
  • Umumnya tipe error seperti ini di temukan pada printer yang telah kita pasangi dengan system infus, biasanya hal ini di sebabkan karena kurang tepatnya pemasangan system selang infus sehingga saat cartridge bergerak selang menghalangi pergerakan cartridge printer anda, solusinya adalah harus kita benahi lagi system pemasangan infusnya sampai benar penempatannya.
  • Selanjutnya adalah error yang disebabkan karena kotornya encoder karena kena percikan tinta, solusinya adalah menghilangkan kotoran tersebut, dan kalau memang sudah terlanjur menempel ada baiknya jika kita mengganti Encoder tadi dengan yang baru.
Error Code P03 (Line Feed Error)
Biasnya error ini disebabkan karena adanya kotoran yang menempel pada PF Encoder atau timing Discnya Kotor atau bisa saja karena rusak

Cara Mengatasinya :
  • Pertama-tama yang perlu anda lakukan adalah Silahkan anda Buka Cassing Printer
  • Ambil lap kering dan bersih lalu bersikan Timing Disk atau PF Encoder
  • Bersihkan juga sensor Encoder, sensor yang letaknya pada bagian timing Disk
  • Lakukan pengecekan pada bagian Perhatikan dengan seksama dan pastikan bahwa tidak ada kotoran yang kemungkinan bisa menghambat gerakan gerakan gear
Error P05 (ASF Sensot Error)
pada Error ini mengindikasikan bahwa adanya permasalahan pada sensor yang mendeteksi kertas

Cara Mengatasinya :
Terlebih dahulu lakukan pembersihan pada Sensor Pembersih kertasnya,jika langkah tersebut telah anda lakukan tapi belum memberikan hasil sama sekali dalam hal ini masih error maka coba ganti komponen motor selain itu ganti juga boardnya beserta ASF sensor.

Error P06 ( Internal temperature Error )
Untuk masalah yang satu ini di sebabkan karena overhead atau Mother board kelebihan panas untuk mengatasi masalah seperti ini harus kita lakukan perbaikan dan kalau memang sudah dilakukan perbaikan dan tidak memungkinkan lagi maka tidak ada jalan lain selain menggantinya.

Error P07 (Ink Absorber Is Full)
Error ini biasa kita kenal dengan istlah error musiman, karena memang ada masa error tersebut harus muncul, munculnya ketika counter pada printer sudah berada diatas ambang dan untuk mengaktifkannya kembali harus kita lakukan tahap reset. untuk mengatasi masalah seperti ini tentunya kita harus memiliki resetternya terlebih dahulu kemudian melakukan tahap reset.

Error P08 ( Print Head Temprature Rise Error )
Masalah Yang satu ini terkait dengan Head atau lebih jelasnya karena disebabkan karena suhu head berlebihan dalam hal ini terlalu panas, sehingga menimbulkan kerusakan pada printer, biasanya disebabkan karena printer telah mencetak terlalu banyak sehingga jadiOver Head, sebaiknya untuk mencetak dalam skala yang besar cobalah untuk mematikan dulu printer sebelum melanjutkan pencetakan. Solusinya ya harus kita ganti cartridge dengan yang baru, biasnya yang rusak itu adalah cartridge warnanya.

Error P09 (EEPROM Error )adanya Kerusakan parah pada EEPROM Printer atau corupt, untuk mengatasi masalah semacam ini yaitu dengan mengganti IC EEPROM yang bermasalah tadi atau kelau memungkinkan mengganti satu unit Mother boardnya.

Jangan Lupa Baca :




Error P10 (Logic board / carriage unit / kedua cartridge rusak )
SEperti yang tertera pada masalah yang satu ini di sebabkan karena kerusakan terjadi pada cartridge Printer, umumnya disebabkan karena printer dibiarkan melakukan pencetakan dengan keadaan cartridge kosong sehingga cartridge memanas dan berakhir dengan rusaknya komponen priter, diantaranya adalah Logic Board, Carriage Unit, Cartridge, untuk solusi nya harus kita lakukan penggantian pada bagian yang bermasalah tadi, gantilah dengan urutan yang paling murah terlebih dahulu.

Error P15 (USB Vbus Over Curent)
Error ini terjadi karena kabel Usb printer kelebihan Arus, untuk mengatasi masalah semacam ini bisa kita lakukan penggantian pada Kabel USB, dan kalau masih bermasalah lakukan penggantian padaMother Board.

Error P20 (Other Hardware error)
Kalau yang satu ini bisa kita katakan bersifat umum atau bersifat general, artinya ada salah satu atau lebih kmponen printer yang bermasalah,Solusinya yaitu harus kita lakukan pengecekan dengan seksama kemudian melakukan perbaikan ataupun penggantian pada part yang bermasalah tersebut.

Error P22 (Scanner Error)
Artinya ada yang bermasalah pada bagian scanner ataupun bisa kita katakan Scanner tidak berfungsi secara maksimal,Solusinya lakukan pemeriksaan atau pengecekan pada bagian scanner, pastikan bahwa Kabel Fleksibelnya dalam keadaan baik-baik saja, selain itu perhatikan juga bagian Komponen Motor Scanner, jika belum ada perubahan sama sekali lakukan satu set penggantian lampu Scanner tadi.


Berikut Kode Yang diawali dengan Huruf E
Error E04Jika error ini terjadi berarti yang bermasalah itu ada pada Cartridge. Untuk solusinya coba lepaskan cartridge kemudian bersihkan Chip lalu pasang kembali cartridge ke printer

Error E05, E14,E15
Tak jauh berbeda dengan error di atas error ini di sebabkan karena adanya masalah pada cartridge solusinya coba anda lepaskan cartridge lalu bersihakan cip atau pin-pin kuningan kalau memungkinkan anda bisa menggunakan penghapus pinsil. lalu pasang kembali Cartridge ke printer.

Error E13 dan E 16
Untuk error ini permasalahannya ada pada cartridge namun yang membedakan dengan beberapa error diatas, Disini kita diwajibkan untuk melakukan reset pada Cartridge, Untuk cara Mengatasinya tekan dan tahan Tombol Reset Atau Stop sampai anda melihat Led Display berkedip untuk beberapa kali.

Saya rasa cukup sekian dulu pembahasan tentang Kumpulan Kode error yang terjadi pada printer canon MP 258 sekian , jika ada yang ingin dipertanyakan terkait tulisan ini silahkan meninggalkan pertanyaan melalui halaman kontak kami atau melalui kolom komentar yang telah disediakan di bawah..

Thanks for reading & sharing Pusat Tutorial

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Malu Bertanya Sesat Dijalan, Jika Ada yang Kurang Jelas, Silahkan Meninggalkan Komentar..
Komentar Anda Akan di Moderasi terlebih dahulu dan Ditampilkan setelah Disetujui Oleh admin..