Featured Post

Cara Mengatasi Cartridge tidak Terdeteksi Not Recognized Pada Printer Canon

 Salam Sejahtera untuk para pembaca setia blog ini, Seperti Biasanya Kali ini kita Coba Berusaha untuk mengatasi salah satu masalah error ya...

Home » » Solusi Hasil Cetak Printer Tidak Lurus

Solusi Hasil Cetak Printer Tidak Lurus

Posted by Pusat Tutorial on Selasa

Dalam beberapa kasus yang pernah saya temui, Ketika kita menggunakan Printer, faktanya Masalah yang muncul, tidak sebatas hanya di error saja, masih ada Masalah Lain, Hasil Cetak yang Tidak Lurus Misalnya, Nah, Apabila saudara menjumpai  hasil cetak anda mulai tidak beraturan terkadang berbelok-belok tidak beraturan, sebaiknya Anda jangan dulu terburu-buru Membawa Printer anda ke tempat Service.


Apalagi Berfikiran untuk langsung Mengganti cartridgenya/Headnya. Mekipun Cartridge/Head juga sangat besar kaitannya dengan hasil cetak, namun Perlu juga anda ketahui bahwa masih ada beberapa komponen atau part yang saling berkaitan Untuk menciptakan suatu gambar yang baik. Jadi Bukan sebatas di cartridge saja. Dalam kasus yang kita bahas kali ini jika anda menemukan kendala yang demikian, Coba anda lihat pada bagian Plastik yang Memanjang pada Printer anda atau biasa kita kenal dengan istilah Encoder.


Encoder ini Memiliki Fungsi yang sangat Penting, Kotor saja bisa menyebabkan hasil cetak yang buruk, terkena tinta misalnya. Coba anda cek bagian encoder tersebut. Untuk lebih jelasnya silahkan anda lihat gambar di bawah. canon printer,canon printer,printer murah,harga printer, printer canon, gambar printer,sharing printer





Encoder ini merupakan Plastik yang terbentang memanjang di sepanjang Ukuran Body Printer anda, dan fungsi Utamanya adalah Membuat sebuah hasil cetakan Vertical (garis Lurus) Jika part ini yang bermasalah maka bisa kita pastikan Hasil cetak anda sudah tidak sesempurna biasanya. printer canon,driver printer canon
Baca Juga :
- Mengatasi Cartridge Canon tidak mengeluarkan Tinta
.
- Tanda Seru Di Cartridge

Selain Encoder, Di dalam dunia printer kita juga mengenal yang namanya Decoder Nah, decoder ini sebenarnya fungsinya tidak lah jauh berbeda dengan Encoder yang telah kita bahas tadi di atas, Betul Part Ini  juga Berfungsi untuk mengontrol Pencetakan anda atau Memiliki fungsi utama sebagai Pembuat Garis Horizontal atau Lurus Ke bawah. Untuk Lebih Jelasnya Silahkan anda Lihat Gambar Decoder Di bawah Ini.




Dalam Beberapa kasus yang pernah saya temui, Sebagian besar Encoder hanya Kotor, dan umumnya disbabkan karena Terkena cipratan tinta. Tugas anda cukup membersihkan kedua part Printer tersebut, caranya sangatlah Mudah, Cukup sediakan Tissue Kemudian Silahkan anda bersihkan dengan air, Namun jika Tinta sudah terlanjur sudah mengering, Sudah menempel dengan kuat, Anda bisa menggunakan Head Cleaner kemudian di Gosokkan ke bagian Encoder atau Decoder yang kotor tadi.

Namun yang perlu anda ingat disini , adalah Jangan terlalu keras menggosok, jangan sampai garis-garis yang ada pada Encoder dan decoder, terhapus, jadi lakukan dengan hati-hati.
Jika semua telah anda lakukan, silahkan anda Coba Lakukan uji cetak, Berdasarkan Pengalaman admin sendiri selama di dunia printer, Kasus Hasil cetak yang tidak lurus, Sebagian besarnya tuntas dengan cara ini,Kecuali jika memang cartridge anda yang bermasalah, Itu masalah lain, Untuk yang satu itu, anda wajib melakukan Pengecekan Cartridge Lanjutan, namun kita tidak bahas dengan gamblang disini, Khusus masalah Cartridge Bisa anda Cek Di Link Ini Mengatasi Cartridge Printer Canon yang TersumbatNah, saya rasa Untuk Tutorial Mengatasi Hasil Cetak Printer Tidak lurus, sudah Cukup jelas, Semoga berhasil menerapkan tutorial di atas, jika Memang masih ada yang belum jelas terkait Tutorial ini, anda bisa bertanya melalui kotak komentar yang telah di sediakan di bawah. Sekian dan wassalam..

Related Posts

9 komentar:

  1. Mnt foto full dong, ane bingung itu posisinya ada dmn?

    BalasHapus
    Balasan
    1. mudah kok posisinya ada pada bagian kiri printer

      Hapus
  2. Cara melepas encoder nya gmn ya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. cari per yang mnempel pada encoder, tarik pada bagian yang gak ada pernya gan, sangat mudah kok mas

      Hapus
  3. Anonim17:27

    mantappp bosss, hasilnya jossss...

    BalasHapus
  4. Anonim17:28

    mantap boss, hasilnya josss...

    BalasHapus
  5. Maaf..
    Saya saya sudah mencoba membersihkan encoder dan decoder, tapi hasil cetak tetap tidak bisa lurus. Pada garis vertikal.
    Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau proses pembersihan gagal, berarti harus kita ganti mas THANO.

      Hapus

Malu Bertanya Sesat Dijalan, Jika Ada yang Kurang Jelas, Silahkan Meninggalkan Komentar..
Komentar Anda Akan di Moderasi terlebih dahulu dan Ditampilkan setelah Disetujui Oleh admin..