Featured Post

Cara Mengatasi Cartridge tidak Terdeteksi Not Recognized Pada Printer Canon

 Salam Sejahtera untuk para pembaca setia blog ini, Seperti Biasanya Kali ini kita Coba Berusaha untuk mengatasi salah satu masalah error ya...

Home » » Memperbaiki Printer Tidak Bisa Nyala Mati Total Epson ( L110,L300,L350,L355,L800)

Memperbaiki Printer Tidak Bisa Nyala Mati Total Epson ( L110,L300,L350,L355,L800)

Posted by Pusat Tutorial on Sabtu

Ada banyak sekali keluhan Konsumen terkait dengan permasalahan yang akan kita bahas kali ini, dalam hal ini adalah Printer L Series Yang Mati Total, tidak bisa nyala. yaa Kemungkinan besar hal ini bisa kita katakan salah satu kelemahan Printer L series Ini, Apalagi kita tahu bahwa jenis produk yang satu ini adalah buatan dalam negri.

Baiklah, Mengatasi Printer Epson L110,L350,L355 Mati Total atau tidak bisa nyala alias sama sekali tidak ada respon saat saat kita menekan Tombol On, sebenarnya bisa kita perbaiki, olehnya itu jika anda menemukan kendala yang demikian, semoga saja tutorial ini bisa memberikan sebuah solusi, Nah, terkait dalam hal ini, pada dasarnya yang perlu anda perhatikan adalah ada beberpa Unit atau Komponen dasar yang perlu anda Cek terlebih dahulu, apa sajakah ini?? Antara lain adalah Kabel Power, Adaptor dan mainboard.

Ketiga Komponen yang disebutkan di atas saling berkaitan.

Kabel Power
Dalam hal ini, hal paling awal yang perlu anda check adalah Kabel Powernya, kemungkinan besar terjadi kerusakan pada kabel tersebut, coba anda lakukan pengetesan dengan menggunakan kabel Power yang lain, Nah jika memang sama sekali tidak ada respon, tahap selanjutnya kita lakukan pengecekan pada Adaptor.

Adaptor
Jika memang anda sudah yakin, bahwa pasokan listrik sudah sempurna dalam hal ini adalah Kabel dalam kondisi baik-baik saja. pastikan bahwa bagian out put adaptor sekitar 42 volt, jika tidak kemungkinan besar yang menjadi kendala penyebab printer tidak bisa menyala adalah adaptornya, ganti dengan adaptor yang baik.

Main Board
Jika kedua cara di atas telah anda lakukan lantas tidak ada hasil sama sekali, sudah bisa kita pastikan bahwa yang menjadi pokok permasalahan disini adalah Mainboardnya, mengapa? perlu anda ketahui bahwa Mainboard adalah komponen yang bekerja atau tugas utama yang mengontrol seluruh kinerja Printer, baik itu Kartridge, dan beberapa komponen lainnya, dalam hal permasalah disini yang perlu anda perhatikan adalah disitu anda akan menemukan 2 buah Transistor yang memiliki arus rating yang lumayan tinggi, yaitu A2222 dan C6144,










nah inilah yang menjadi penyebabnya, jika komponen ini sudah rusak , maka sudah bisa kita pastikan printer sudah tidak bisa nyala atau mati total, silahkan anda lakukan pengecekan, dengan menggunakan tester melalui kaki-kakinya, jika memang bermasalah, maka tidak ada jalan yang lain selain anda harus menggantinya dengan Transistor yang baru.

Baiklah saya rasa cukup sekian artikel tutorial untuk kali ini, semoga bisa membantu anda menyelesaikan masalah anda. jika ada yang kurang jelas, silahkan anda bertanya melalui kotak komentar di bawah ini. sekian,, wassalam

Related Posts

55 komentar:

  1. Bos transistor l800 pakai 5 kaki solusinya g mana?sulit nyariny?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus Kita ganti yang sama gan kalau pakai yang 5 kaki mau tidak mau harus ganti yang 5 kaki, emang agak sulit menemukan, tergantung lokasi juga sih.. tapi kalau tidak salah, kita juga bisa pake resistor dari printer l110, itu sih kalau agan punya..

      Hapus
  2. Ane Punya 2 Printer, L120 dengan L210, Yang Bermaslah itu yang L120 Udah Sebulan Gak Bisa Nyala, Apa cara Ini Juga Berlaku ?

    BalasHapus
  3. Anonim02:48

    Thanks bro good and Imp Info.

    BalasHapus
  4. Udah saya ganti dan udah nyala. Tp beberapa menit setelah proses cleaning langsung mati total lagi. Dan sy cek transistor tsb jebol lg. Mohon pencerahan nya min...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Punya ane juga sama kaya gtu gan

      Hapus
    2. check tegangan adaptor nya, kemungkinan masalah di adaptor.

      Hapus
  5. siiiiiiiip makasih gan, printer ane idup lagi. tadi udah sempet deg degan printer ane matot...

    BalasHapus
  6. gimana nih gan, adiaptor punya l350, tidak ada arus masuk, apanya yaa....gan?

    BalasHapus
  7. Siip.. Mnyala.. Tp kok ctrig jln tp g ngeluarin tinta gan.. 😵😵😵😵

    BalasHapus
    Balasan
    1. COba lakukan penyedotan manual mas beberapa kasus berhasil, jangan di head Cleaning, untuk penyedotan manual bisa anda lihat di tutorial ini
      Memperbaiki Tinta Tidak bisa Keluar
      Good Luck

      Hapus
    2. Boss mohon pencerahan printer ane epson l550 tiba2 mati terus nyala tapi cm keluar tulisan printer mode ga bisa buat apa2,,,,

      Hapus
    3. kalau minta service mode, artinya butuh di reset mas dengan bantuan tool resetter, coba di cek disini :

      - Cara Reset Epson L550-

      Semooga membantu good luck

      Hapus
  8. Gan ada nomor wahtsapp,, mau minta pencerahan

    BalasHapus
    Balasan
    1. masalahnya seperti apa mas, nanti kita coba bantu carikan solusinya

      Hapus
  9. kalo untuk L360 gmn caranya? kadang mati total, besoknya nyala lagi. gt terus. ga nentu

    BalasHapus
  10. tolong Mas PrinterKu Epson L 350 matol, tapi kadang bisa nyala klau berulang kali saya pencet tombol On/Off nya? mohon solussolu Gan.... terimakasih, mudah"an Ilmunya Berkah... Aamiin

    BalasHapus
  11. Epson l220 sudh saya ganti TR sama ic6 tp blm mau nyala kira2 apaNya bos

    BalasHapus
  12. Printer saya Epson L350 Mati total,setelah membaca artikel ini segera saya coba. Terima kasih, semoga kebaikan senantiasa menyertai Kita, amin...

    BalasHapus
    Balasan
    1. amin, makasih doanya mas bastari, salam sukses selalu

      Hapus
  13. printer T1100 mati total . apa ada kemungkinan penyakit yang sama?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa jadi mas, silahkan di coba dulu

      Hapus
  14. Mas.. punya saya L220 konslet mati total gara2 head mampet direndem blm kering bener, sdh sy ganti A2222 dan C6144, setelah di ganti bisa hidup, tapi lampu indikator tinta dan kertas blinking terus, tidak ada yg mengganjal head atau kertas,dan sdh sy reset ga bisa juga ? Ada solusi lain mas?

    BalasHapus
  15. Gan saya punya Epson kalau di colok ke listrik, listriknya mati kenapa ya kira-kira?

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu berarti ada yang koslet mas, cek pada board.

      Hapus
    2. Biasanya di adaptornya korslet. Langsung listrik mati.

      Hapus
  16. L605 PRINTER EPSON SAYA MATI TOTAL SUDAH DITEST PAKAI KABEL LAIN MASIH GAK HIDUP.MOHON BANTUANNYA KAK MAKASIH

    BalasHapus
  17. printer saya L210, waktu sy perbaiki head pada katrignya setelah itu pas di on sdh nggak mau on kenapa ya?

    BalasHapus
  18. BG, setelah saya ikuti caranya printer saya udah hidup, tapi setelah di cleaning mati total lagi, gimana tuh caranya BG??

    BalasHapus
    Balasan
    1. lakukan lagi pengecekan terhadap stransistor yyang di ganti tadi, kalau memang ternyata rusak lagi, berarti ada penyebab yang membuat rangkaian tersebut jadi rusak / koslet , untuk masalah ini harus kita lakukan pengecekan pada part yang lain sebelum mengganti lagi transistor tersebut untuk mengetahui inti masalahnya.

      selain itu pastkan juga kalau switch dalam mash bisa berfungsi

      Hapus
  19. Hasil garis kadang goyang ada kemungkinan dri mainboar gk gan

    BalasHapus
  20. saya punya print epson L350.. waktu saya print tiba-tiba mati.. saya tindis powernya gak nyala-nyala. knp ya??
    mohon pencerahannya.
    terimah kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. tahap awal cek dulu tombol powernya gan kalau udah jebol switchnya bisa di ganti dengan yang baru

      Hapus
  21. bosa , saya baru beli L405 epson ,setelah 2 hari matot,saya ganti transistor hidup lagi , tapi gak mau keluar tinta , jadi ngeprint normal tapi ketasnya blank , udah saya flushing , cleaning berkali-kali tetap gak bisa , apa faktor ganti transistor tadi ya , mohon pencerahan gan , makasih

    BalasHapus
  22. printer saya susah di hidupinyya , tapi kadang kadang kalau di pencet power onnya terus terusan nyala juga , tapi setelah di matiin nyalanya susah lagi , apanya ya

    BalasHapus
  23. Gan. Epson L550 saya tadi y lancar.namun mendadak ketika MCB pln trun karena adk ngidupin TV. Kn Listrik mati. Shingga Printer mati. Nah. Setelah MCB dihidupin lagi kok printer y gk mau hdup sma sekali y. Mohon bantuan y

    BalasHapus
  24. Kalo printernya terlalu lama dibiarin nyala gitu bisa jadi penyebab kerusakannya gak? Soalnya aq pernah gak sengaja sekali lupa dimatiin, dan besoknya gak mau nyala sama sekali ;(;(. Pliss solusinyaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. jelas ada efeknya gan, sebaiknya kalauprinter tidak dipakai matikan saja.
      Cek pakai cara yang teala di jelasin di atas gan

      Hapus
  25. Printer Epson matot knpa ya?pdh p udh dicba ulang2

    BalasHapus
  26. Bang printer saya epson L110 mati total, saya coba ganti adaptor nya tetap tidak mau nyala, kalau saya cek kaki switch power nya pakai test pen, lampu test pen menyala....kira2 apa yg harus aku cek yaa

    BalasHapus
  27. Anonim16:50

    Bos mau tanya, saya punya printer l210, sdh ganti main board 2 kali, trus penyakitnya sama, setiap ganti printernya mau nyala, trus habis itu mati lagi, n endak mau nyala alias mati total, kira2 apanya ya bos

    BalasHapus
  28. L360 di pencet on kadang mau hidup kadang gak mau,kira2 penyebabnya apa ya kang?

    BalasHapus
  29. Anonim22:09

    Transisyor nya yang di mainbot sudah di cek hasil ok.kenapa kok masi belom nyala.bos.mintak solusi

    BalasHapus

Malu Bertanya Sesat Dijalan, Jika Ada yang Kurang Jelas, Silahkan Meninggalkan Komentar..
Komentar Anda Akan di Moderasi terlebih dahulu dan Ditampilkan setelah Disetujui Oleh admin..