Featured Post

Cara Mengatasi Cartridge tidak Terdeteksi Not Recognized Pada Printer Canon

 Salam Sejahtera untuk para pembaca setia blog ini, Seperti Biasanya Kali ini kita Coba Berusaha untuk mengatasi salah satu masalah error ya...

Home » » Solusi Printer Epson L Series Tinta Tidak Keluar Setelah Head Cleaning

Solusi Printer Epson L Series Tinta Tidak Keluar Setelah Head Cleaning

Posted by Pusat Tutorial on Minggu

Di dalam dunia printer, ada banyak sekali kendala yang mungkin saja bisa kita temui, Mulai dari beragam macam error baik itu Error pada printer Epson atau Printer Canon, Namun khusus pada pembahasan kali ini, tidak akan membahas tentang error seperti yang pernah di bahas di beberapa pertemuan sebelumnya, melainkan Seperti yang anda lihat pada judul diatas, kita akan coba kupas lebih dalam tentang bagaimana mengatasi tinta printer yang tidak keluar setelah kita melakukan head cleaning..


Sebenarnya tulisan ini sengaja saya tulis, untuk memperjelas salah satu jawaban dari teman kita, Pertanyaannya itu seperti ini, Gan, printer L800 kalau Hasil cleaning nya pas diprint hasilnya masih tetep gak normal, Apanya Gan? (Dari Aby Suhaidi).  nah Berdasarkan pertanyaan tersebut, Bang Admin Berinisiatif mencoba untuk menjelaskan secara rinci, Bagaimana solusi mengatasi masalah seperti ini, Dan jika anda juga memiliki kendala yang sama, tentunya bang admin sendiri sangat berharap, agar tulisan ini bisa memberikan jawaban yang tepat dan bisa menyelesaikan permasalahan anda di rumah


Sebenarnya kalau kita pikir-pikir kendala yang satu ini menurut saya sangat lucu, Mengapa saya mengatakan demikian?, Bagaimana tidak, kita akan tahu bahwa umumnya head cleaning merupakan satu fasilitas yang ada, yang mana gunanya untuk mengatasi printer yang hasil cetaknya putus putus, namun yang aneh, eh malah hasil cetaknya bisa kita kan jauh dari sempurna bahkan printer tidak mengeluarkan tinta sama sekali, namun Menurut saya itu bukanlah suatu hal yang perlu kita perdebatkan yang terpenting di sini adalah, bagaimana caranya agar masalah tersebut bisa kita antisipasi.

Terkait dalam hal ini, bang admin ketahui bahwa kendala seperti ini memang kerap kali timbul, nah pertanyaannya, Apa yang menyebabkan sehingga tinta tidak bisa keluar setelah di head cleaning? , berdasarkan dari pengalaman saya sendiri, sebenarnya Hal ini disebabkan karena minimnya Tinta yang ada didalam Cartridge dan bahkan Kosong,  sehingga pada saat printer melakukan head cleaning, yang dihisap itu bukan Tinta, melainkan udara yang ada di dalam cartridge, biasanya hal ini terjadi disebabkan karena kita telat mengisi tinta dan printer masih melakukan proses pencetakan, hingga saat proses itu berlangsung,  maka mau atau tidak mau secara otomatis tinta yang dikonsumsi oleh printer, langsung dari cartridge, dan tidak ada suplai tinta dari tabung sehingga jika hal itu terus terjadi Maka tinta yang ada di dalam cartridge, lama kelamaan akan menipis dan habis..

Jadi singkatnya seperti itu, nah dari uraian diatas Saya rasa Sudah Cukup jelas Apa penyebab sehingga masalah ini muncul,selanjutnya, kita akan masuk bagian inti yaitu bagaimana cara mengatasinya agar printer bisa kita gunakan lagi seperti sedia kala..

Caranya sangatlah mudah, disini kita dituntut untuk melakukan penyedotan secara manual,atau langsung dari cartridgen, dan unik nya, cara ini bebas Anda terapkan, apapun jenis printer anda, dalam hal ini adalah printer Epson,  Jadi bebas Apakah anda menggunakan L110, L120, L200, l210, L350, l355 dan masih banyak lagi EPSON Lseries lainnya..

Nah di bawah ini sebagai contoh saja, saya menggunakan printer Epson L110, Jadi anda sesuaikan saja sesuai dengan apa printer yang Anda gunakan

Jangan Lupa Baca:

Solusi Printer Epson L Series Menarik Kertas Banyak (Part 1)
Trik Atasi Printer Epson L Series Menarik Kertas Banyak (Part 2)

Alat dan bahan
Obeng, Dan Suntikan bekas.

Pertama tama yang perlu Anda lakukan adalah lepas seluruh casing printer anda, Kalau sudah silahkan anda geser head printer menuju ke tengah tengah, Perhatikan gambar di bawah

MEmperbaiki Printer Tidak bisa Mengeluarkan Tinta


Lepaskan pelindung cartridge, caranya sangatlah mudah, anda cukup melepas Screwnya, dan cungkil Sisi atas kepala cartridge, disitu Anda akan melihat sebuah pengait kecil, cungkil perlahan dengan menggunakan obeng. kemudian angkat cartridge perlahan-lahan dari dudukannya..

MEmperbaiki Printer Tidak bisa Mengeluarkan Tinta


MEmperbaiki Printer Tidak bisa Mengeluarkan Tinta


MEmperbaiki Printer Tidak bisa Mengeluarkan Tinta


Setelah ketrik terlepas dari printer, selanjutnya di situ anda melihat Tinta yang ada di dalam cartridge mulai menipis, Coba anda perhatikan ada banyak rongga udaranya Bukan?, Nah kalau itu yang terjadi, maka sangat wajar, jika Printer anda sama sekali tidak bisa mengeluarkan tinta, saat proses pencetakan sedang berlangsung.

MEmperbaiki Printer Tidak bisa Mengeluarkan Tinta

Selanjutnya Ambil suntikan bekas yang telah Anda persiapkan sebelumnya kemudian masukkan Ujung Suntikan pada bagian bawah cartridge printer, kemudian sedot dengan perlahan , Lakukan penyedotan kepada seluruh catering sedot dengan perlahan hingga tidak ada lagi rongga yang tersisa di dalam


MEmperbaiki Printer Tidak bisa Mengeluarkan Tinta


MEmperbaiki Printer Tidak bisa Mengeluarkan Tinta

Tahap akhir, silahkan anda pasang Cartridge kembali ke posisi semula, pasang casing nya certa seluruh komponen yang ada

MEmperbaiki Printer Tidak bisa Mengeluarkan Tinta


MEmperbaiki Printer Tidak bisa Mengeluarkan Tinta


MEmperbaiki Printer Tidak bisa Mengeluarkan Tinta


Sekarang Coba Anda menyalakan printer anda, kemudian masuk ke Printer Setting dan lakukan head cleaning, Lanjutkan Ke uji coba pencetakan. Finish,,

Nah, secara umum, jika kondisi Printer Head, masih dalam keadaan norma,l atau tidak ada kerusakan pada bagian head nya, printer anda akan kembali mencetak dengan normal, dan siap lagi melakukan aktivitasnya seperti sedia kala, namun jika cara ini sama sekali belum membuahkan hasil, itu artinya head printer anda dalam masalah atau dalam hal ini head printer mampet untuk masalah yang satu itu sudah saya tulis di pertemuan sebelumnya Anda bisa membacanya Disini, Karena terlalu panjang jika kita ulas secara keseluruhan di satu Thread saja.

Baiklah untuk tutorial kali ini Saya rasa cukup sampai disini dulu, dan jika ada yang kurang jelas anda bisa meninggalkan pertanyaan melalui kotak komentar dibawah, atau ke halaman kontak kami untuk itu semoga tulisan ini bisa membantu berikan jawaban kepada anda Akhir kata dari saya semoga sukses dan Wassalam :)


Related Posts

50 komentar:

  1. Pas Banget Ama yang ane alamin, Saya Coba dulu mas, makasih infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cba aja mbak, Kalau mampet Emang karena tintanya, Dijamin Work

      Hapus
  2. makasih gan its work

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama gan, senang bisa membantu :)

      Hapus
  3. gan kalo L210 ga kluar tnta hitam sdangkn yg warna mh kluar phal tnta banyk? mohon slusinya..thanks gan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. caranya sama seperti yang dijelaskan di atas gan, baik warna ataupun hitam, umumnya sih terjadi karena tinta di dalam cartridge kosong, jadi solusinya harus di sedot udaranya, kalau udah di coba belum ada hasilnya coba bersihkan headnya dengan head cleaner..
      Semoga Membantu

      Hapus
  4. Punya temen L210 tinta tidak keluar, dan di head sudah dicoba bersihkan, tetapi tidak keluar juga..
    Bilamana tdk keluar juga katanya ada ​Ɣαƞg putus fus di motherboard,, yang saya tanyakan bagaimana memperbaiki fus di motherboard..
    Mohon arahannya,, makasih..

    BalasHapus
  5. gan
    ane ada printer L1300

    nah jika langsung ngeprint 2x (1 doc diprint jadi 2) yang terakhir tidak keluar tinta hitamnya

    jika begitu apakah headnya buntu dan harus ganti atau ada cara memperbaikinya

    thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksudnya mas sekali cetak, Tapi kertas yang tertari ke printer ada 2??? Kalau itu sih masalahnya ada di Roller mas

      Hapus
  6. selamat pagi
    mau nanya..
    priter saya L100, saya head cleaning tinta bisa keluar sampai pembuangan. tetapi di buat nozlle check atau cetak biasa tidak ada tinta yang keluar sama sekali.
    terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di coba dulu cara di atas, kalau memang sama sekali gak ada tinta sedikit pun yang keluar berarti ada yang bermasalah pada bagian Partnya Khususnya pada Head..

      Hapus
  7. gan, suntiknya itu yg ada jarumnya atau jarumnya dilepas dlu gan pas mao nyedot tintanya? mohon infonya gan

    BalasHapus
  8. tkyu banget bg broo...printer ane uda bisa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Youre well mas , senang bisa membantu

      Hapus
  9. Waktu sedot tinta posisi tutup tabung dibuka apa nggak..? Trus posisi cetak apa transforting..mksh om

    BalasHapus
    Balasan
    1. waktu di sedot, tabung harus kita buka gan..

      Hapus
    2. Epson L210. Tinta d tabung masihada head nya bagus,
      Tapi waktu ngeprint ga keluar sama sekali,

      Hapus
    3. silahkan di coba dulu cara di atas mas,, biasanya kalau head gak bermasalah meskipun tintanya gak bisa keluar, setidaknya masih ada guratan tinta di salah satuu warna yang lain, dan cara ini saya jamin bisa bekerja dengan baik, kecuali jika memang hasl cetakannya polos sama sekali tidak ada guratan sedikitpun di setiap warna, itu berarti ada yang bermasalah di bagian partnya..

      Hapus
  10. sudah saya sedot , cuma masih putus2 nih. apanya lagi ya kira2 gan

    BalasHapus
  11. om admin kalo tinta masih banyak di tabung tapi tintanya g kluar karena printer lama g di pakai tu solusinya gmana. printer epson L120

    BalasHapus
  12. Makasih gan infonya , trouble nya beres 😁😁😁

    BalasHapus
  13. min itu maksudnya yang disedot tuh apanya?
    tintanya dimasukin ke Cartridgenya atau kita nyedot udaranya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tinta tidak kita suntikan masuk , tapi Kita sedot udara yang ada didalam cartridge mbak, otomatis tinta di tabung tersedot masuk ke dalam cartridge

      Hapus
  14. Anonim13:01

    oalah jadi tau masalahnya, thxs om.

    BalasHapus
  15. saya sdah coba smwa cara dari sedot tinta dsb. tidak bisa gan sy tes headya d printer yg normal headya msh bsa berfungsi kira2 masalahnya pada apa ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. BErarti Kemungkinan besar ada masalah pada Bagian Kabel Head Mas, Coba cek dulu bagian tersebut, Utamanya bagian ujung Kabel Head tersebut

      Hapus
  16. Printer saya L800, siap di klening malah hasil polos
    Sudah di coba cara di atas
    Tolong dong

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau sudah di lakukan penyedotan manual lantas tak ada perubahan coba bersihkan headnya pakai head cleaner

      Hapus
  17. mas printer saya l120 saya sudah ganti head tp tinta tetap ngak kluar, hasil polos, trm kasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anonim22:12

      Coba dichek fuse dimainboard.

      Hapus
  18. printer saya L120 mas, sy sudah ganti head tp hasilnya tetap polos

    BalasHapus
  19. mau bongkar catridgenya tp susah...posisi cstridge di pinggir...ditarik k tengah ga bisa...gmn y

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tekan kail penguncinya gan terlebih dahulu lalu gessr carriage ke tengah.

      Hapus
  20. gan...mw tanya nie

    BalasHapus
  21. Kenapa yah setelah aku isi tinta dan mau head cleaning malah gk ada fitur head cleaning. Itu kenapa yah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau sepert itu berarti yang bermasalah itu bukan pada printernya mas, melainkan ada masalah pada Driver nya, bisa saja kena virus, solusinya Pastikan Printer Steril dari Virus, lalu Reinstal Driver.
      Semoga membantu

      Hapus
  22. Kenapa yah setelah aku isi tinta dan mau head cleaning malah gk ada fitur head cleaning. Itu kenapa yah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. masuk ke settingan gan, kalau gak ada berarti ada masalah pada system komputernya, saran reinstal drivernya

      Hapus
  23. misi admin printer saya l110 abis disuntikan head cleaner kok jadi malah tidak keluar tintanya udah dihead cleaning, apakah headnya udah bocor?? mwarna merahnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. pastikan Hubungan Kabel Head ke Head itu berfungsi caranya bisa kita pakai resetter untuk mendeteksi head idnya, biasanya di sebabkan karena head udah di bongkar

      Hapus
    2. Cara reseternya gimana bang ??

      Hapus
    3. Resetnya itu tergantung tipe printr yg dipakai resetternya juga beda beda

      Hapus
  24. mas mau ty printr saya epsn l550,sydah sy head clening,msh aj hslny print kosong,,trus sy msuk powerink flusing mash aj ttp gak mau ,, solusi mas

    BalasHapus
  25. Printer saya epson l120 stiap ngeprint berwarna kluar nanya warna merah doang jd stu gambar warna merah d cob head cleaning warna merah nya ilang trus balik lgi tp klau ngeprint warna hitam normal

    BalasHapus
  26. Gan mau tanya dong. Printer saya epson l1300, udah disedot dibagian ciss nya, tiba2 warna birunya ga keluar, yg keluar malah warna hitam juga. Itu kira2 kenapa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau Di cis dijamin ada tinta tidak kosong, cleaning Aja terus gan. Biasanya 2 kali cleaning bisa normal kembali

      Hapus

Malu Bertanya Sesat Dijalan, Jika Ada yang Kurang Jelas, Silahkan Meninggalkan Komentar..
Komentar Anda Akan di Moderasi terlebih dahulu dan Ditampilkan setelah Disetujui Oleh admin..