Home » » Memahami Error Pada Printer Epson Dan Solusinya

Memahami Error Pada Printer Epson Dan Solusinya

Jangan Lupa Baca

Salam Epsoner, Kita tahu bahwa Epson adalah salah satu Merk printer yang cukup banyak digunakan di indonesia, Kualitas cetak yang sudah tidak di ragukan lagi menjadi alasan utama, mengapa konsumen banyak yang beralih untuk memilih menggunakan printer Epson ketimbang menggunakan merek yang lainnya. Namun disisi lain meskipun pihak epson sendiri sudah berusaha memberi kenyamanan bagi penggunanya, dan  dari fakta yang saya temukan ternyata masih banyak keluhan-keluhan, ada yang mengatakan Epson itu sering Mampet lah, ada yang inilah ada yang itulah, Pokoknya ada banyak sekali. Rekaman World Trade Center,Pijat sekolah Dallas Texas,Psikis untuk gratis,Menyumbangkan mobil tua untuk amal,Rendah batas kredit kartu kredit,Dallas pengacara, Mesothelioma,Asuransi mobil kutipan MN,Menyumbangkan mobil Anda untuk uang,Bertemu Auto,Kecelakaan mobil pengacara,Auto kecelakaan pengacara,Mobil kecelakaan pengacara,Data Recovery Raid,Pengacara kriminal Miami,Harga asuransi motor,Cedera pribadi pengacara,Asuransi mobil kutipan,Kanker paru-paru asbes,Pengacara cedera ,Firma hukum cedera pribadi.

tentunya hal itu tidak bisa kita anggap seblah mata saja, tergantung dari pengalaman masing-masing pengguna. tapi, perlu juga saya luruskan, bahwa di balik itu semua, ternyata dari yang saya lihat, masih banyak di antara pengguna yang belum memahami setiap masalah yang ada pada Printer, Khususnya lagi ketika kita menemukan Error, nah dari itulah, melalui tulisan ini, saya coba tuangkan berdasarkan pengalaman pribadi selama mendalami dunia Service.

Sebagian besar yang menjadi masalah terbesar kita ketika menggunakan printer adalah Error, dan itu tidak bisa kita pungkiri karena seperti yang saya katakan tadi di atas bahwa apapun printer anda, pasti anda akan menemukan kendala error, yang menjadi masalah disini adalah apakah anda mengerti apa maksud dari error tersebut? nah olehnya itu ditulisan ini, saya akan mencoba menjelaskan dan mengarahkan agar anda  nantinya tidak akan di bingungkan lagi jika anda menemukan kondisi printer seperti ini.

Jika kita lihat judul di atas, sudah sangat jelas bahwa disini kita akan membahas secara rinci tentang Memahami Error pada printer Epson, jadi perlu anda ketahui bahwa secara Umum yang paling sering kita temui ada 4 macam error ketika kita menggunakan Printer bermerek Epson. Nah Error Apakah Itu??

  1. Ink Run Out Error
  2. End Of Services Life atau Ink Absorber Is Full
  3. General Error
Ke 3 jenis error inilah yang paling banyak atau kerap kali muncul, dan yang paling ironis lagi ternyata banyak di antara pengguna yang salah menanggapi atau salah kaprah terhadap ketiga error tersebut, jadi kita bahas satu persatu biar lebih jelas.

Jangan Lupa Baca :


  1. Ink Run Out Error
    Yang pertama adalah Ink run Out Error,  saya sangat yakin anda pasti pernah menemukan error ini, apapun printer epson yang anda gunakan, maka pasti error ini akan anda temukan, apalagi jika anda menggunakan epson L series, itu saya katakan error yang lumrah, nah Error ini juga banyak mengundang kesalah pahaman, mengapa? perlu saya jelaskan dulu, Jika Anda menemukan error Ink Run Out, itu tandanya bahwa printer tidak bisa mendeteksi tinta di dalam Cartridge, fakta itu bisa kita lihat melalui tampilan pada Monitor anda, jika error ini muncul umumnya anda akan melihat sebuah gambar peringatan

    Sebenarnya perlu saya perjelas, bahwa Apa yang anda lihat itu tidak sesuai dengan fakta, Lho!!! Kok Bisa, kalau tidak percaya, coba saja anda cek dan lihat, apakah ada tinta di dalam cartridge atau tidak, ada Bukan??, jadi singkatnya bahwa, pada intinya Printer itu tidak mendeteksi Banyak atau sedikitnya tinta yang ada di dalam cartridge berdasarkan kuantity tinta yang ada.

    Artinya, walaupun cartridge penuh tinta, jika sudah waktunya, maka error itu pun pasti akan muncul, Nah pertanyaannya adalah, kapan Error ini muncul? Perlu anda ketahui bahwa Printer itu sudah di program dari pabrikannya dan bekerja berdasarkan Hitungan, atau besaran pencetakan yang telah di lakukannya selama ini, jadi setiap pencetakan akan tersimpan dan di sesuaikan dengan berapa jumlah tinta yang harus di keluarkan dalam hal ini adalah terpakai, nah berdasarkan hal inilah, printer, membuat hitungan sendiri berapa kuantity tinta yang tersisa. dan hal itulah yang ditampilkan pada Monitor Komputer anda.

    Lantas Bagaimana Mengatasi Error ini? Error ini bisa kita atasi dengan Mengambil langkah yang biasa kita kenal dengan istilah Mereset nya, tapi harus anda pahami juga, bahwa mereset itu ada dua macam, ada yang menggunakan Tool Resetter dan ada yang menggunakan cara yang manual, atau Menekan Serangkaian Tombol-Tombol Pada Printer. dan Penerapannya itu juga berbeda, jadi harus di ketahui juga, kapan kita menggunakan Tool resetter dan kapan Pula kita harus Menggunakan Cara yang manual.

    Terkait dengan Error ini, Jika suatu saat nanti, anda menemukan Error seperti ini, anda hanya cukup Meresetnya secara manual, Namun Karena Disini yang kita bahas secara Umum maka saya tidak bisa menjelaskannya satu persatu, karena setiap printer itu memiliki Tahap-Tahap mereset yang berbeda-beda tergantung apa Tipe Printer yang anda gunakan. Sebagai Contoh saja Biar Lebih Jelas, Anda bisa Lihat Disini

    Jadi Sampai disini, Saya rasa Sudah Cukup Jelas Kita masuk Ke jenis Error yang Lainnya.
  2. End Of Services Life atau Ink Absorber Is Full
    Error yang ke 2 adalah End Of Services Life atau Ink Absorber Is Full, nah kalau yang ini lain lagi, berbeda dengan yang telah dijelaskan sebelumnya di atas, Umumnya setiap printer itu mempunyai sebuah wadah atau tempat penampungan pembuangan tinta, yang terbuat dari semacam Spon Berdaya resap tinggi,Di tempat tersebut lah seluruh tinta yang terbuang akan di tampung. dan umumnya tinta yang terbuang ke tempat penampungan tersebut di dominasi akibat Head Cleaning

    Dan tentunya, lambat laun penampungan tersebut mau tidak mau akan dipenuhi oleh tinta, Nah, jika kita pahami dengan sekilas saja, Ink Absorber Is Full, Jika Kita Artikan Ke Indonesia, kurang lebih artinya Penyerap Tinta Telah Penuh, Masalah yang satu ini juga banyak yang kurang memahaminya, banyak yang beranggapan bahwa saat Error ini muncul, yang menjadi penyebab utama, adalah tempat penampungan tinta tersebut Sudah PEnuh, dan untuk mengatasinya, Kita hanya Mengganti Penampungan itu dengan yang baru, Jika hanya sampai disitu pemahaman anda, Itu artinya anda belum paham Betul tentang Munculnya Error Di atas,

    Mengapa Dikatakan Demikian? Coba anda Fikirkan Baik-Baik, anda kan tahu sendiri bahwa sekarang ini sudah tidak asing lagi jika kita menggunakan Eksternal Waste Ink, atau Pemasangan Pembuangan Tinta yang letaknya di luar body printer, Nah itu artinya maka secara tidak langsung, Pembuangan Pada Bagian dalam Printer tidak akan pernah Penuh lagi, Lantas Mengapa Error Ini Masih Kerap Kali Muncul? Seperti yang telah dijelaskan tadi di atas, Hal ini juga tidak jauh berbeda dengan apa yang telah di jelaskan tadi di atas, bahwa Printer Tidak MEndeteksi, Penuh atau tidaknya Waste Ink secara langsung, Melainkan Berdasarkan Hitungan Pencetakan, Yang Mana Printer memang  sudah di program untuk mengukur seberapa Besar tinta yang terbuang dengan Daya tampung Pada Waste Ink Tersebut.

    Olehnya itu, jangan salah kaprah lagi, bahwa dengan mengganti Waste Inknya saja, maka anda bisa menuntaskan masalah ini, Lalu bagaimana Solusinya? jawabannya adalah dengan cara Mereset Printer dengan Bantuan Tool Resetter,  Tool inilah yang nantinya akan anda gunakan ketika anda dihadapkan dengan masalah seperti yang di jelaskan disini.

    Sekilas mengenai resetter, Resetter juga memiliki versi yang berbeda-beda tergantung dengan apa jenis printer Epson yang anda gunakan, jadi jika anda menemukan permasalahan printer seperti ini, saya harap anda tidak akan bingung lagi,. Disini tidak dijelaskan secara mendetil langkah-langkah untuk mereset printer, jadi silahkan anda cari tahu sendiri, langkah-langkahnya sesuai dengan apa tipe printer yang anda gunakan, Sebagai Contoh Anda bisa Lihat Disini 
  3. General Error
    Yang terakhir adalah General Error, Error ini juga kadang kita temukan ketika kita menggunakan Printer Bermerek Epson, Namun Meskipun Error ini termasuk Jenis Error yang jarang di temui, Berdasarkan Pengalaman, bisa kita katakan inilah jenis error yang paling berat untuk menanganinya, Mengapa Saya katakan Demikian? baiklah saya perjelas lagi.

    Jika anda menemukan Printer Error seperti ini, artinya ada yang bermasalah dengan Printer anda, baik itu kerusakan pada mother board, Sensor dan sebagainya, Ada banyak kemungkinan penyebab jika error seperti ini sudah muncul,  jadi anda jangan heran kalau anda menemukan Sebuah Printer yang sama, Error nya juga sama, tapi Solusi untuk mengatasinya itu berbeda dengan printer yang satunya.

    Ada banyak kasus kerusakan pada Printer Epson, yang saya temui dengan error seperti ini, tapi solusinya itu berbeda, Sebaiknya Jika anda menemukan General Error, disarankan untuk langsung saja ke Tempat Service Printer Terdekat.
Okelah, Saya rasa Ke 3 jenis Error Di atas sudah anda pahami betul, jadi jika anda termasuk pengguna Printer Epson, saya harap dengan adanya tulisan sederhana ini, bisa memberikan sedikit manfaat, olehnya itu, kalau ada yang kurang di pahami, Anda bisa meninggalkan pertanyaan melalui kotak komentar yang telah di siapkan di bawah ini. kami akan berusaha menjawab semampu kami..

Jangan Lupa Baca


12 komentar:

  1. Artikelnya Padat dan mencerahkan, Makasih Atas Infonya gan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama, senang bisa membantu

      Delete
  2. Anonymous3:08 PM

    Untuk general error apa pasti kerusakan pada head printer, karena saya bawa ke servisan keduanya menyatkan sama.
    Padahal terakhir dipakai untuk ngeprint hasilnya oke, tapi tiba-tiba muncul peringatan General Error dengan lampu merah yang menyala terus. Ada solusi lain ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa jadi juga mas, HEad juga bisa jadi penybab general Error, kalau mau lebih jelas lagi, mas bisa cek koneksi antara Head dnggan Printer dengan menggunakan Tool resetter, disitu kita bisa lihat Head IDnya, kalau head masih ke detect artinya bukan head yang bermasalah

      Delete
  3. bagaimana cara mengatasi printer epson yg meminta TURN THE POWER OFF AND ON AGAIN pada seri L55... mohon bantuan solusinya...

    ReplyDelete
  4. Thanks Sharingnya sangat membantu

    ReplyDelete
  5. mas bagaimana solusi mengatasi hasil cetak printer epson L100 hanya berupa garis-garis warna-warni saja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. pertama-tama coba di nozzle cek mas, kemudian perhatikan tinta yang mana yang tidaknerluarin tinta dengan baik, kalau udah ketahuan, lepaskan cartridge dari tinta tersebut, lakukan peyedotan manual, sedot sampai udara yang ada di dalam cartridge terkuras habis, kalau mau lebih jelas silahkan ke link ini

      mengatasi tinta tidak keluar pada Printer Epson

      Semoga membantu..

      Delete
  6. Tinta printer L200 tidak keluar,padahal tinta masih ada.

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba lakukan penyedotan manual mbak wiwin, gak sulit kok

      - Mengatasi Tinta Tidak Keluar Printer Epson -

      Delete
  7. sangat bermanfaat gan....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sip, Makasih Apresiasinya mas

      Delete

Malu Bertanya Sesat Dijalan, Jika Ada yang Kurang Jelas, Silahkan Meninggalkan Komentar..
Komentar Anda Akan di Moderasi terlebih dahulu dan Ditampilkan setelah Disetujui Oleh admin..