Featured Post

Cara Mengatasi Cartridge tidak Terdeteksi Not Recognized Pada Printer Canon

 Salam Sejahtera untuk para pembaca setia blog ini, Seperti Biasanya Kali ini kita Coba Berusaha untuk mengatasi salah satu masalah error ya...

Home » » Cara Mengetahui Cartridge Yang Error

Cara Mengetahui Cartridge Yang Error

Posted by Pusat Tutorial on Sabtu

Kita kembali ke Canon, Kita tahu bahwa menggunakan printer Canon, ada-ada saja masalah yang harus kita hadapi, dan sebagian besar yang menjadi pokok permasalahan adalah pada bagian Cartridge-nya, ada yang Mengeluh Cartridge Mampet, Ada yang tidak Terdeteksi, pokoknya bisa kita katakan yang menjadi dominant permasalahan ada pada bagian Cartridge.

Nah. ditulisan ini, Kita akan mencoba untuk Mencari, atau Menemukan cartridge mana yang Error, Umumnya, untuk mengetahui cartridge yang error bisa kita lihat langsung pada Status Monitor di komputer, namun yang kita bahas disini tidak semudah itu.  artikel ini sengaja saya tulis berdasarkan pertanyaan salah satu teman. anda bisa lihat di bawah

jangan Lupa Baca Mungkin Bermanfaat




Jadi Kronologisnya Seperti itu. intinya Cartridge Bisa Terdeteksi Oleh printer Jika kita hanya Memasang satu Cartridge Saja, tapi Kembali Not Detect jika keduanya kita pasang.. dan Memang benar Masalah Seperti Ini pernah juga admin temui, tapi udah lama sekali,  Nah Jika anda juga Menemukan kodisi Cartridge Seperti ini, berdasarkan Pengalaman, Yang menjadi pokok permasalahan itu adalah pada Cartridgenya, ada salah satu Cartridge yang Error, Entah itu pengaruh usia atau apalah, sejauh ini saya juga kurang tahu, solusinya yaitu, mau tidak mau kita harus mengganti Cartridge yang error tersebut , akan tetapi yang menjadi masalah disini adalah, kita tidak tahu Cartridge yang mana yang Error Disini. Karena saat Cartridge Dipasang bersamaan Eh Keduanya Tidak terdeteksi. Aneh Banget Kan?

Disini saya akan mencoba memberikan cara yang menurut saya cukup Simple terkait mengatasi masalah ini, Caranya :

Pertama-tama Anda Harus Mempersiapkan Cartridge Bekas yang masih terdeteksi, tidak peduli apakah cartridge tersebut Sudah mampet, initinya masih bisa ke detect oleh Printer. sebaiknya gunakan Cartridge Hitam saja, Kenapa?, Ya Tidak ada alasan yang kuat, Kita cuman berharap-harap saja kalau yang jadi masalah itu yang hitamnya bukan pada Cartridge Warnanya, Kita kan tahu perbandingan Harga antara Cartridge Hitam dan Warna itu Berapa woy, Lumayan Merogoh Koceng hehe,, jadi Sambil Lakuin Langkah ini, Berdoa juga semoga Yang rusak Itu Bukan Cartridge Warnanya :D.

Nah Kalau Saudara  Telah Memiliki Cartridge yang di recomendasikan tadi di atas, selanjutnya Silahkan anda Nyalakan printernya, sebagai tahap awal, Untuk memastikan Cartridge Bekas tersebut masih bisa di deteksi Printer, Lepaskan kedua cartridge lalu pasang cartridge Hitamnya saja, Kemudian Lihat pada Monitor komputer anda, Kalau Memang Work dan masih kedetect, Kita masuk Ke tahap selanjutnya..

Silahkan langsng saja pasang Cartridge Warna yang telah di cabut tadi. Nah kalau sampai disini Kedua Cartridge, Sudah bisa terdeteksi Oleh printer, Maka pastikan saja bahwa yang Cartridge yang Bermasalah ( error ) adalah Cartridge warnanya. seperti yang di katakan tadi di atas Solusinya adalah Ganti Cartridge tersebut dengan cartridge yang baru. di kasus yang pernah saya alami Kedua Cartridge Langsung terdeteksi, jadi Saya langsung Beli aja yang baru.

Namun jika yang terjadi Justru sebaliknya (Kedua Cartridge Masih Tidak Terdeteksi), maka sebagian Besar yang Yang error itu adalah Cartridge Warnanya, Namun akan tetapi sampai disini kita masih belum yakin karena kita belum tahu pasti bahwa Cartridge Tersebut betul-betul sudah rusak atau belum, kalau itu yang terjadi pada anda, untuk Menghindari kerugian, Sebaiknya anda cari dulu Atau pinjam Ke kerabat yang Punya Printer Yang cartridge nya cocok dengan Cartridge anda, Lalu pinjam Cartridge Warnanya, lakukan Uji tes yang serupa Seperti di atas, dan Kalau memang masih Belum Ke detek Juga, Itu artinya Ada yang bermasalah Pada Printer anda, bukan pada Cartridgenya.

Untuk masalah Yang seperti ini, Ada banyak Kemungkinan, Kemungkinan Besar ada pada Carriagenya, dan masih banyak kemungkinan lainnya. Jadi kita tidak bisa Bahas di Satu Thread Saja, Baiklah Silahkan anda Coba dulu langkah di atas, Semoga Tulisan ini bisa memberikan sedikit manfaat, Akhir kata Semoga Sukses Dan Wassalam :)

Related Posts

11 komentar:

  1. Mau tanya min.. kalau tombol resume'nya nyala trus tiap kali baru dinyalain apa itu tandanya catridge'nya udah rusak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. belum tentu mbak yuli, karena setiap printer menunjukkan gejala yang berbeda, tergantung apa seri printernya mbak, langkah pertama kita harus tahu dulu apa tipe error yang muncul, caranya kita bisa lihat di printer status..jadi sebelum saya kasi solusinya coba cek dulu apa peringatan yang muncul disitu. baru bisa kita selesaikan bersama

      Hapus
  2. Mas admin, printer saya canon ip 19800, karena bbrp kali saya print malah hasilnya bergaris2 padahal udh noozle check dan udh saya isi tinta lagi sebelumnya (yg hitam). Trus baru sebentar bisa, malah muncul notice begini:replace the ink cartridge and close the cover. if printing is in progress and you want to continue printing, press the printer's resume button for at least 5 seconds with the ink cartridge installed. when printing can continue under the ink out condition. the function for detecting the remaining ink level will be disabled. replace the empty ink catridge immediately after the printing. the resulting print quality is not satisfactory, if printing is continued under the ink out condition. Padahal kan baru saya isi. Udah saya pasang ulang catridgenya tapi tetep aja. Solusinya gimana ya? Saya kurang paham sama masalah printer. Makasih sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu artinya Cartridgenya Mau di reset mbak Caranya Tekan Tombol Resume selama 5 Detik. udah di jelasin Kok Di tutorial sebelumnya. Kalau mau Lebih Jelas Lagi, terkait Masalah yang mbak alami, Silahkan Berkunjung Di Link Di Bawah INi

      http://printerarea.blogspot.com/2013/11/cara-reset-manual-cartridge-printer.html

      Silahkan Ikuti Langkah-langkahnya. Semoga Membantu

      Hapus
    2. Anonim19:21

      saya juga pernah mengalami hal serupa...sdh sy reset...normal warna hijau tapi mau di print keluar lagi tulisan seperti itu.......dan warna berubah jadi kuning.....canon ip 1989...solusinya gimana ya..

      Hapus
  3. Mass,, aqu lagi ngeprint corel draw,, dari kmaren pakai warna item normal bisa keluar,,,

    Tiba-tiba kokk jadi warna hijau,,

    Kira kira apanya min ???

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau penyebab tinta tidak bisa kluar bukan di sebabkan karena head mampet, coba lakukan Deep Cleaning, Biasanya langsung Clear. Silahkan Mbak coba, semoga berhasil

      Hapus
  4. mo nanya min, mending suntik atau ganti catrid klo hbis tintanya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau cartridge masih bagus mending kita suntik dulu, refil pake tinta, lebih irit mas bagus

      Hapus
  5. Printer sy Canon iP2770 tinta sudah sy isi penuh.Tapi hasil cetakan tebalnya tidak sama.Apakah harus ganti catridge?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk mengetahui kondisi cartridge di cek di nozzle check. Klo hasilnya Gak bergaris artinya Cartridge gak perlu di ganti. Semoga membantu

      Hapus

Malu Bertanya Sesat Dijalan, Jika Ada yang Kurang Jelas, Silahkan Meninggalkan Komentar..
Komentar Anda Akan di Moderasi terlebih dahulu dan Ditampilkan setelah Disetujui Oleh admin..