Featured Post

Cara Mengatasi Cartridge tidak Terdeteksi Not Recognized Pada Printer Canon

 Salam Sejahtera untuk para pembaca setia blog ini, Seperti Biasanya Kali ini kita Coba Berusaha untuk mengatasi salah satu masalah error ya...

Home » » Mengatasi Cartridge Printer Canon Ip dan Mp Tidak Terdeteksi

Mengatasi Cartridge Printer Canon Ip dan Mp Tidak Terdeteksi

Posted by Pusat Tutorial on Sabtu

Mungkin anda pernah mencari sebuah informasi mengenai Jenis-Jenis printer Khususnya Printer Canon dimana yang muncul dibenak anda adalah mencari printer terbaik menurut anda dan yang aman untuk digunakan dan terhindar dari yang namanya Printer Error, saya rasa itu tidak lah mungkin karena yang namanya printer, apapun printer itu baik itu Printer Epson, Printer Canon dan masih banyak jenis printer yang lainnya, pasti akan mengalami hal yang demikian dalam hal ini adalah Error dan sebagainya. Karena printer Terbaik adalah printer yang sesuai dengan kebutuhan.


Seperti yang pernah kita bahas di beberapa artikel terdahulu, salah satu kendala yang kita temukan saat kita menggunakan printer, terlebih lagi pada Printer Canon,  apakah adalah kadang Cartridge tidak terdeteksi sama sekali, dan ironisnya lagi ada beberapa kasus yang pernah saya temui dimana cartridge yang memang masih baru di beli, namun tidak terdeteksi juga Sebenarnya, sejauh ini yang menjadi masalah terhadap Cartridge tidak terdeteksi seperti ini, bukan berarti bahwa cartridge tersebut mengalami kerusakan, harus dibuang dan menggantinya dengan cartridge yang baru lagi, bukan seperti itu, jadi jika anda menemukan kendala seperti yang saya jelaskan seperti di atas, sebaiknya anda membaca sedikit uraian yang akan saya berikan pada tulisan ini.

Jangan Lupa Untuk Membaca :



Jika kita berbicara mengenai Cartridge yang tidak terdeteksi, ada beberapa penyebab yang bisa saja menjadi penyebab utama terjadinya kendala tersebut. Antara lain
  1. Chip Head Printer Kotor
  2. Cartridge Mau di Reset
  3. Cartridge Rusak.
Berdasarkan Beberapa point di atas ada 4 penyebab atau factor utama terjadinya Cartridge Error, Nah, Untuk lebih jelasnya dibawah ini akan saya coba untuk mengurainya secara satu persatu.

Chip Head Kotor.
Chip yang ada pada bagian Head Printer adalah satu komponen Printer yang mempuyai peranan utama untuk mendeteksi Kondisi Cartridge yang terpasang pada printer, Chip Yang kotor biasanya terjadi ketika kita Mengisi Tinta Printer, yang mana pada saat proses tersebut berlangsung, secara  tidak  sengaja mengotori bagian Chip.  Sehingga Chips menjadi error. Oleh karena itu, sebaiknya setelah anda mengisi tinta, saya harapkan kepada anda untuk mengecek kembali, apakah Chip sudah aman untuk dipasang atau tidak.

Mengatasi Cartridge Printer Canon Ip dan Mp Tidak Terdeteksi
Contoh Cartridge Printer Canon

Cartridge Mau di reset
Salah satu penyebab utama tidak terdeteksinya cartridge adalah printer sudah tidak bisa lagi mendeteksi Indikator Tinta pada printer, dalam hal ini bisa kita artikan bahwa secara tidak langsung printer tidak bisa melakukan aktifitas cetak-mencetak karena printer mendeteksi bahwa Tinta yang ada pada Cartridge sudah habis.

Ciri-Ciri umum sebelum hal semacam ini terjadi, biasanya akan ada peringatan yang diberikan pada printer yaitu pada tampilan layar monitor, disitu menunjukkan tanda seru tepat di atas Cartridge.yang biasanya kita kenal dengan istilah Low Ink, jadi jika kendala yang anda alami seperti yang saya jelaskan disini, itu berarti cartridge anda masih baik-baik saja, dan belum bisa kita katakan Rusak.
Untuk mengatasi hal demikian bisa anda baca di sini Cara Mereset Cartridge Printer Canon Manual

Head Mampet/Buntu
Dalam beberapa kasus, Head yang mampet atau buntu bisa juga menjadi kendala utama terhadap tidak terdeteksinya Cartridge, yang mana Pada Cartridge yang buntu biasnya disebabkan karena adanya endapan Tinta yang mengering pada bagian permukaan Memperbaiki Printer Canon Yang Tersumbat. Hal ini terjadi biasanya karena Printer yang sudah lama tidak kita pakai. Mengenai printer yang mampet atau Buntu, sebenarnya sudah saya bahas secara detil di Cara Mengatasi Head Yang Buntu.

Cartridge Rusak
Jika Ketiga langkah diatas telah anda terapkan pada printer anda, lantas tidak memberikan pemecahan itu berarti Cartridge memang sudah tidak bisa kita selamatkan sama sekali, dan harus anda ganti dengan yang baru. Head Printer sudah Aus adalah salah satu alasan mengapa Cartridge menjadi rusak. Umumnya ini disebabkan karena memang Cartridge sudah Lama terpakai atau mungkin saja anda mencetak  dokumen yang jumlahnya terlalu besar hanya dalam satu kali cetak.

Masalah Cartridge Yang tidak terdeteksi mungkin sampai disini dulu,, jika ada yang dirasa kurang jelas, jangan sungkan untuk melontarkan pertanyaan melalui Kotak Komentar yang telah disediakan di bawah ini, dengan demikian saya akan mencoba menjawabnya sesuai dengan kemampuan dan pengalaman.
Untuk itu, sekian dulu pertemuan kali ini, salam sukses selalu!!!

Jangan Lupa Untuk Membaca :





Related Posts

57 komentar:

  1. Gimana dengan printer yg gak bs detect catrige yg black and color, dengan perintah d'lyar monitor catridge the following . . .
    Tlg kejelasan'y.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masalah yang satu itu Sudah saya tuliskan artikelnya mas, Ke sini saja mas http://printerarea.blogspot.com/2014/05/trik-mengatasi-cartridge-not-recognized.html..

      Hapus
  2. Anonim09:58

    kalau canon i320, cara mengatasi catridge yang tidak terdeteksi gimana ???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba Aja dulu cara Di atas Gan, Umumnya kalau masalah cartridge tidak terdeteksi, bisa kita atasi seperti yang di jelaskan di atas dengan catatan cartridge masih layak untuk digunakan...

      Hapus
  3. sip, makasih atas apresiasinya, senang bisa membantu..

    BalasHapus
  4. gan, printer ane kok tinta hitamnya ga keluar sesuai yg mau di print ya?

    misalnya ane mau nge print tulisan, hasil printnya malah kosong, dan tintanya malah keluar di bagian paling bawah kertas, jadi ngumpul gitu tintanya.

    padahal yg warna normal2 aja gan

    mohon pencerahan ya gan, thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu artinya, TInta dalam Cartridge agan terlalu banyak, kalau diisi jangan berlebihan gan, solusinya lepas cartridgenya, kemudian sedot tintanya menggunakan suntikan,

      Atau Kalau mau lebih jelas agan bisa kunjungi link ini gan,

      http://printerarea.blogspot.com/2013/11/cara-mengisi-tinta-printer-canon-yang.html

      Semoga membantu :)

      Hapus
  5. printer canon saya tdk mengenali catridge yg hitam meskipun diganti yg baru. gmn gan ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga pernah mengalami hal yang demikian gan, saran dari ane, coba agan matikan printernya, kemudian geser Carriage/Dudukan Cartridge menggunakan tangan, kemudian lepaskan kedua Cartridgenya, Black and Colour, sesudah itu geser kembali carriage ke posisi semula,.

      Hidupkan Printer, Nah kan dalam situasi seperti ini, printer otomatis tidak mendeteksi kedua cartridge, coba agan angkat cover printernya (Jika agan menggunakan canon MP) lalu pasang kedua cartridge yang telah agan lepas tadi.

      Coba aja gan, kalau di ane sih berhasil, saya harap bisa membantu, makasih atas kunjungannya :)

      Hapus
  6. salam.. Printer saya Canon MP 237 modifikasi dengan tinta fullmark

    pertama print ada error 1682 (black ink no recognized) lalu saya hubungi tukang service printer, singkat kata dia bilang catridge saya rusak (sebelum libur sekolah saya pernah ganti baru black & color tapi gak pernah dipakai nge print kira2 2 bulan-an)
    oke saya ganti, setelah beres dan nge-print kira2 40 lembar besok nya muncul lagi not recognized.. saya panggil ulang dan dia bersihin chip nya pakai penghapus staedler.. setelah bisa nge-print lagi besok nya (hari ini) muncul lagi "not recognized" black ink.. saya coba gesek pakai penghapus karet, tetap gak bisa..

    ada solusi kah.. selain mengganti printer baru..? thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga pernah Nemuin Kendala seperti ini, Coba Lakukan Cara Ini
      Lepas Dulu Selang Infus yang Terpasang Di Cartridge,Kalau udah, Coba Bersihkan Cartridge, Seperti yang anda lakukan, Menggunakan Penghapus Karet, Coba nyalakan Printer, dalam Kondisi seperti ini kan, secara otomatis, Kedua Cartridge Tidak Terdeteksi, Coba Matikan Printer Dengan Langsung Mencabut Kabel Powernya, Saat Printer dalam Kondisi OFFline Coba Pasang Lagi Kedua Cartridge, lalu Geser Head Ke Kanan.

      Coba Nyalakan Printer, semoga Membantu :)

      Hapus
  7. Salam
    Printer ku canon ip 2770 ada masalah pada cetridge nya, jika saya pasang catriedge warna (catriedge hitam tidak di pasang),maka di layar muncul gambar catridge warna tertancap & catriedge hitap TIDAK tertancap. begitu juga sebaliknya
    jika saya pasang catriedge hitam (catriedge warna tidak di pasang),maka di layar muncul gambar catridge hitam tertancap & catriedge warna TIDAK tertancap
    Tapi jika di pasang catriedge warna & hitam bersamaan dilayar muncul gambar kedua catriedge TIDAK terpasang.
    Kalau begitu apa masalahnya ya ?
    Thank's untuk penjelasan nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang Betul mas, Error seperti itu memang ada, saya juga pernah mengalami kondisi yang demikian, solusinya kita harus ganti salah satu cartridge, yang jadi masalah kan kita tidak tahu cartridge mana yang error, nah untuk mengetahuinya, kiita haru punya cartridge bekas, gak papa kalau cartridge tersebut sudah mampet, yang jelas masih bisa terdeteksi, harus bisa kita pastikan bahwa cartridge rusak tersebut masih terdeteksi oleh printer.

      nah langkah-langkahnya sangat mudah, coba mas lepas dulu cartridge Umpama Hitam trus kita ganti cartridge tersebut dengan Cartridge bekas tadi, nah, kalau memang kedua cartridge sudah terdeteksi maka sudah bisa kita pastika bahwa yang error atau yang rusak adalah Cartridge yang warna HITAM-nnya, kalau memang belum terdeteksi juga, itu artinya bahwa sebagian besar yang menyebabkan error adalah cartridge warnanya.

      Coba dulu mas, saya harap bisa membantu..

      Hapus
  8. gan, printer saya canon mp237. kendalanya lampu alarm nyala terus sedangkan black sama colornya ga nyala. disitu keterangannya kode error 1687 padahal cartridge nya udah terkunci. itu gimana ya gan? ditunggu jawabannya ya gan makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau gak salah ada tulisan Cartridge Not Installed Properly, kalau seperti itu, artinya cartridge tidak terdeteksi karena masalah pemasangan, namun kadang juga meskipun sudah terpasang dengan benar tapi masalah tetap saja muncul, solusinya coba mbak bersihkan dulu bagian depan cartridge (Chipnya) Saran ane coba pakai penghapus lalu pasang lagi di printer..

      Hapus
  9. Terimakasih.. berkat tulisan di blog ini mslh saya teratasi.. terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-Sama mas Nur rahman, Senang Bisa membantu :)

      Hapus
  10. printer saya mengeluarkan error 1682 xg artinya cartridge rusak dan harus diganti dengan yang baru. tapi setelah saya ganti dengan cartridge xg baru namun pesan xg sama masih muncul.
    mohon bantuan nya mas untuk printer saya ini.

    BalasHapus
  11. udah di coba gan, printernya bis beroprasi lagi, ternyata cartridgenya gak ke detect itu karena cuman mau di reset,, makasih gan atas bantuannya

    BalasHapus
  12. cartridge saya tidak bisa kebaca. katanya tidak terdeteksi dan lampu orange nya berkedip terus. bagaimana solusinya.
    saya sudah riset tapi tidak mau juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebenarnya ada banyak sekali jenis error cartridge, kalau anda menemukan error cartridge not recognized, artinya cartridge tidak di kenali solusinya ya harus kita ganti cartridgenya, tidak ada perbaikan untuk error itu.. berbeda kalau cartridge nya baru kita lakukan isi ulang, itu masih bisa kita perbaiki dengan cara meresetnya..

      Hapus
  13. Dewi Nur12:44

    kak,printer canon mg2570 ku kok lampu peringatan yg black inknya kok kedip2 terus ya kak? padahal baru diisi tintanya tuh .. tolong dong kak ._.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebaiknya dek Dewi cek dulu apa Peringatan yang muncul disitu, soalnya ada banyak sekali jenis error, dan mengatasinya itu juga berbeda-beda.

      Akan tetapi kalau cartridge baru pertama kali kita isi tinta trus Printernya Blinking (Kedip-Kedip) itu hal yang wajar, printernya baik-baik saja, biasanya dalam kondisi seperti itu printer masih bisa kita pakai meskipun kedip-kedip, agan tidak perlu khawatir, printer cartridge minta reset caranya sangat mudah, Coba tekan dan tahan Tombol resumenya selama 5 detik.

      Silahkan di coba

      Hapus
  14. Error 1486, 1487 Canon MP 237 : sudah coba ganti dengan cartridge baru tetap muncul tulisan eror 1487 untuk canon MP 237
    Harus bagaimana lagi supaya hilang erornya
    Mohon bantuannya

    BalasHapus
  15. Printer saya Canon mp237 pada saat catridge di lepas dan di lap pakai tisu itu tinta warnanya ada semua tapi kalau di print warnanya tidak ada, malah yang keluar itu warnanya hijau. Tolong pencerahanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba Kompa Cartridgenya mas, caranya isi cartridge dengan tinta sampai penuh, kemudian Ambil Suntik, Kemudian Letakkan Ujung Suntik di Lubang cartridge lalu kompa terus sampai tinta keluar melalui mulut cartridge, lakukan pada semua warna..

      lakukan uji cetak. Tapi kalau masih gak work juga artinya Nozzle udah gak bisa bekerja lagi. satusatunya jalan ya harus kita ganti cartridgenya. Semoga memabantu

      Hapus
  16. Terima kasih, anda telah membantu saya dengan sempurna, epson saya jadi tidak blinking lagi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama kang, senang bisa membantu

      Hapus
  17. Anonim03:48

    kalau saya pake MP 237 mas. ketika pasang cartridge baru pas printernya diidupin Cartridgenya ngebanting dg cepat kiri kanan mas, lalu indikator hijau kuning berkedip2 secara bergantian. sekarang pasang cartridge manapun hasilnya tetap sama. mohon solusinya

    BalasHapus
  18. req solusi
    kan sy pasang catridge baru , trus catrigdenya not recognize .mhon soulusinya .printernya canon ip2770

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cartridge Not Recognized, Coba pakai cara ini mas,Lepaskan cartridgenya Trus Lap bagian Depan Cartridge (Chip Kuningannya) pastikan Tidak kena tinta, Lap dengan menggunakan Tissue Kering, biasanya kalau cartridge masih baru, langsung kedetect kok, Kalau masih gak kedetect,, artinya harus kita ganti cartridgenya dengan yang baru.. karena yang menjadi masalah itu ada pada bagian Chipnya

      Hapus
  19. Gan mau tanya . Apakah catridge warna bisa disuntikkan pakai warna hitam.?

    BalasHapus
  20. Bagaimana solusinya jika catridgenya tidak mau terbaca...??

    BalasHapus
  21. mau nanya, kalo di MG2570 gimana ya? nggak ada tombol resume

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau Untuk canon MG 2570 Mbak Bisa lihat caranya Di Sini

      Cara Reset Canon Mg 2570

      Semoga Membantu

      Hapus
  22. Gan... printerq kl buat ngeprint sama ftocopy warna kq hsilx bergaris... kira2 itu knpa y ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada dua kemungkinan gan, yang pertama sangat minimnya tinta di dalam cartrdge, cek tinta di dalam cartridge kalau menggunakan infus, di deep Cleaning Aja..

      Trus yang 2 ada kemungkinan besar Cartridge mampet akibat gumpalan tinta atau apalah,, Solusinya harus kita bersihkan headnya dengan manual, Caranya bisa anda baca di sini :

      Memperbaiki Cartridge printer canon Tersumbat


      Semoga Membantu

      Hapus
  23. kak apa benar printer canon ada batasan untuk lepas pasang cartridge? punya saya ip 2770. blink 4 kali terus2an. saya sudah coba membersihkan cartrid tapi masih saja ada tulisan an ink cartridge not instal properly.. mohon pencerahannya kak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. menurut ane sih gak ada yang namanya begituan, kalau memang ada sudah pasti printer yang pake infus udah gak cartridge error lagi, Penyakitnya cartridge emang kayak gitu mbak, kalau error yang mbak nemuin emang gak bisa di reset, solusinya harus bersihin chip cartridge, kalau gak bisa juga gak ada solusi lain selain harus di ganti mbak cartridgenya

      Hapus
  24. Misi gan ane mau nanyatype printer ane ip1980 ada notif catridge is not installed property itu kenapa ya? Terus lampu orenya kedip2 mulu gan, mohon pencerahanya gan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. artinya printer mendeteksi kalau cartridge tidak terpasang dengan baik, solusinya coba dibersihkan bagian chipnya, saran ane coba pakai penghapus/rubber. lalu coba di pasang lagi, kalau maasih gak gak ngaruh, ya gak ada jalan lain selain harus di ganti dengan cartridge yang work..

      Hapus
  25. makasi gan sangat membantu !!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. SEnang bisa membantu mas,, Makasih juga atas kunjungannya

      Hapus
  26. tqs broo, atas ilmu anda printer saya kembali normal, & bisa kerja kembali... sekali terima kasih semoga anda sehat selalu dan tambah rejeki

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah mbak, mkasih banyak atas doanya.. Semoga dilimpahkan Banyak Rejeki

      Hapus
  27. Min mau nanya bingung udh seminggu printer canon mp280 saya habis tinta warna trus di isi,habis itu pas di masukin catridgenya tetep warna kuning dan di layar pun tetep menunjukan tanda seru tinta warna habis
    Saya udh coba beberapa tips masih tetep aja gtu
    Padahal ini printer belum sebulan kok udh gini
    Mohon solusinya min

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi Terkait masalah Tanda seru di indikator Cartridge, Sebenarnya Bukan Suatu masalah mas, Tanda seru Mengindikasikan bahwa Printer sudah mendeteksi bahwa Tinta di dalam Cartridge Mulai menipis, dan harus Kita isi ulang lagi, Untuk Masalah Itu Pernah di bahas Di Artikel Ini Mas
      - Tanda Seru Di Cartridge -

      Jadi Kalau mau lebih jelas mas, silahkan anda Kunjugi Link Tersebut.. Semoga Dipahami Makasih Kunjungannya Good Luck

      Hapus
  28. Mas bro Prnterku berkedp terus dan Cartrdenya gak bergerak gemana tuh ......? ohon bantuanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau Printer Ngeblink , Cartridge Gak bergerak, itu artinya Printer anda Butuh di reset mas, sesuai dengan Tipe Printer yang mas punya

      Hapus
  29. cartridge bila di tes dengan tisu keluar tapi waktu buat print dia tidak keluar apa itu masih bisa diperbaiki?

    BalasHapus
  30. gan saya baru beli catrick dan udh pakai 3 minggu, tapi pas terkahir gunakan ink catrick hitam dan warna tidak terdeteksi,, saya gx pake infus.. dan semua cara diinternet saya ikuti, namaun tetap gx terdeteksi... apa mungkin catrick saya yg baru itu rusak.. atau ada masalah lain?? mohon solusinya gan, udh 2 minggu gx bisa digunakan.. 😢😭😭

    BalasHapus
  31. Kalau cartridge mp237 kok gak bisa gan.. padahal sudah saya bersikan

    BalasHapus
  32. Gan, printer saya merk cannon mg2570s kenapa pas dicetak tulisannya mereng2 ga karuan 😓 bagaimana cara memperbaikinya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. cek pita encodernya biasanya kotor solusinya harus kita bersihkan, kalau cartridge nya normal dalam hal ini tidak cacar fisik, utamanya pada bagian nossle, biasanya hasil cetak kembali bagus

      Hapus

Malu Bertanya Sesat Dijalan, Jika Ada yang Kurang Jelas, Silahkan Meninggalkan Komentar..
Komentar Anda Akan di Moderasi terlebih dahulu dan Ditampilkan setelah Disetujui Oleh admin..